Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Selayang Pandang Madrasah

Selayang Pandang Madrasah

Ratings: (0)|Views: 7 |Likes:
Published by Opix Tikus

More info:

Published by: Opix Tikus on Mar 12, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/12/2014

pdf

text

original

 
1
GAMBARAN UMUM SEKOLAH
A.
 
Letak Geografis
Secara geografis MTs Negeri Kebonagung berlokasi dijalan rayaKebonagung Purwoasri Kebonagung Pacitan. MTs Negeri Kebonagungmerupakan sekolah yang berada di dataran rendah kurang lebih 3 Km dari pusat kota, dan terlatak di Desa Purwoasri Kecamatan Kebonagung KabupatenPacitan, dengan luas tanah pada lokasi sekolahan 5.175 m² sesuai surat ukur yang tertanggal 01-12-1998. Potensi daerah disekitar Madrasah sebelah timur  perkampungan atau perumahan penduduk, bagian utara jalur lintas selatan(JLS) dan persawahan, bagian barat yaitu perkampungan, persawahan danlembaga pendidikan yaitu SMP Negeri Kebonagung dan selatan selain persawahan hutan juga pegunungan yang tinggi.
B.
 
Sejarah Singkat
MTs Negeri Kebonagung berdiri pada tahun 1984 dengan status Madrasahswasta yang terletak di Desa Purwoasri Kecamatan Kebonagung KabupatenPacitan, yang merupakan wilayah Home industri Gerabah dan sentral pertanian. Selanjutnya pada tahun 1993 Madrasah mengalami perubahanmenjadi madrasah Negeri di bawah naungan Departemen Agama pada masaitu. Pada tahun 1999 karena adanya pelebaran jalan, MTs Negeri yang semulaterletak di Dusun Purwoasri berpindah ke Dusun Jati Desa PurwoasriKecamatan Kebonagung Kabupaten Pacitan dan saat ini MTs Negeri
 
2Kebonagung berada di jalur Lintas selatan pulau jawa yang sangat setrategisdalam bidang ekonomi dan pendidikan.MTs Negeri Kebonagung merupakn lembaga pendidikan yang memiliki tujuanmengembangkan kolaborasi pendidikan Agama dan pendidikan Umum sertamengembangkan ketrampilan (life skill) sesuai dengan potensi yang ada didaerah setempat yaitu ketrampilan bertani dan pembuatan gerabah.
C.
 
Setruktur Organisasi
Demi perkembangan dan kemajuan MTs Negeri Kebonagung, dibentuk sebuah setruktur organisasi dengan jabatan tertinggi Kepala Sekolah yang diUsulkan oleh KAKANKEMENAG Kab/Kota yang di TetapkanKAKANKEMENAG Kanwil provinsi Jawa Timur, yang dibantu Kepala TataUsaha,Wakil Kepala Madrasah, Tenaga pendidik, unsur staf, dan bekerja samadengan Komite sekolah yang masing-masing mempunyai tugas sesuai dengantupoksinya, adapun tugas-tugasnya tersebut adalah:
1.
 
Kepala Madrsah
Kepala Madrsah Bertugas Sebagai edukator, manajer, administrator dansupervisor.a.
 
Kepala Madrasah adalah penanggung jawab pelaksanaan pendidikan Madrasah, termasuk didalam adalah penanggung jawab pelaksanaan administrasi Madrasah. b.
 
Kepala Madrasah mempunyai tugas merencanakan,mengorganisasi, mengawasi dan mengevaluasi seluruh proses
 
3 pendidikan di Madrasah yang meliputi aspek educatif danadministratif.Aspek educatif meliputi hal-hal yang berhubungan dengan pelaksanaan kurikulum sedangkan aspek administratif meliputi pengaturan :1.
 
Administrasi Belajar mengajar 2.
 
Administrasi siswa3.
 
Administrasi kepegawaian4.
 
Administrasi Keuangan5.
 
Administrasi Perpustakaan6.
 
Administrasi Hubungan dengan masyarakatc.
 
Agar tugas dan fungsi Kepala Madrasah berjalan dengan baik dandapat mencapai sasaran perlu adanya jadwal kerja kepala Madrasahyang mencakup1.
 
Kegiatan harian;2.
 
Kegiatan mingguan;3.
 
Kegiatan bulanan;4.
 
Kegiatan catur wulan;5.
 
Kegiatan ahir tahun pelajaran; dan6.
 
Kegiatan awal tahun pelajaran.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->