P. 1
UU Perlindungan Dan Pengelolaan Lingkungan Hidup

UU Perlindungan Dan Pengelolaan Lingkungan Hidup

Ratings: (0)|Views: 5 |Likes:
Published by Mila Milvy

More info:

Published by: Mila Milvy on Mar 13, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/13/2013

pdf

text

original

 
1
UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIANOMOR 32 TAHUN 2009TENTANG
PERLINDUNGAN DAN PENGELOLAAN LINGKUNGAN HIDUP
DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESAPRESIDEN REPUBLIK INDONESIA,
Menimbang :
a.
 
Bahwa lingkungan hidup yang baik dan sehat merupakan hak asasisetiap warga negara Indonesia sebagaimana diamanatkan dalam Pasal28H Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945;b.
 
bahwa pembangunan ekonomi nasional sebagaimana diamanatkanoleh Undang- Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945diselenggarakan berdasarkan prinsip pembangunan berkelanjutan danberwawasan lingkungan;c.
 
bahwa semangat otonomi daerah dalam penyelenggaraanpemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia telah membawaperubahan hubungan dan kewenangan antara Pemerintah danpemerintah daerah, termasuk di bidang perlindungan dan pengelolaanlingkungan hidup;d.
 
bahwa kualitas lingkungan hidup yang semakin menurun telah
 
2
mengancam kelangsungan perikehidupan manusia dan makhluk hiduplainnya sehingga perlu dilakukan perlindungan dan pengelolaanlingkungan hidup yang sungguh-sungguh dan konsisten oleh semuapemangku kepentingan;e.
 
bahwa pemanasan global yang semakin meningkat mengakibatkanperubahan iklim sehingga memperparah penurunan kualitas lingkunganhidup karena itu perlu dilakukan perlindungan dan pengelolaanlingkungan hidup;f.
 
bahwa agar lebih menjamin kepastian hukum dan memberikanperlindungan terhadap hak setiap orang untuk mendapatkanlingkungan hidup yang baik dan sehat sebagai bagian dari perlindunganterhadap keseluruhan ekosistem, perlu dilakukan pembaruan terhadapUndang-Undang Nomor 23 Tahun 1997 tentang PengelolaanLingkungan Hidup;g.
 
bahwa berdasarkan pertimbangan sebagaimana dimaksud dalam hurufa, huruf b, huruf c, huruf d, huruf e, dan huruf f, perlu membentukUndang-Undang tentang Perlindungan dan Pengelolaan LingkunganHidup;
 
3
Mengingat
: Pasal 20, Pasal 21, Pasal 28H ayat (1), serta Pasal 33 ayat (3)dan ayat (4) Undang-Undang Dasar Negara RepublikIndonesia Tahun 1945;
Dengan Persetujuan BersamaDEWAN PERWAKILAN RAKYAT REPUBLIK INDONESIAdanPRESIDEN REPUBLIK INDONESIAMEMUTUSKAN:Menetapkan
: UNDANG-UNDANG TENTANG PERLINDUNGAN DANPENGELOLAAN LINGKUNGAN HIDUP.BAB I KETENTUAN UMUMI. UMUM1. Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 menyatakanbahwa lingkungan hidup yang baik dan sehat merupakan hak asasi dan hakkonstitusional bagi setiap warga negara Indonesia. Oleh karena itu, negara,pemerintah, dan seluruh pemangku kepentingan berkewajiban untukmelakukan perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup dalampelaksanaan pembangunan berkelanjutan agar lingkungan hidup Indonesiadapat tetap menjadi sumber dan penunjang hidup bagi rakyat Indonesiaserta makhluk hidup lain.2. Negara Kesatuan Republik Indonesia terletak pada posisi silang antara

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->