Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Contoh Proposal PTK Matematika SMP

Contoh Proposal PTK Matematika SMP

Ratings: (0)|Views: 1,080 |Likes:
Published by Sandra Reynolds

More info:

Published by: Sandra Reynolds on Mar 14, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/10/2014

pdf

text

original

 
Contoh Proposal PTK Matematika SMP: MENINGKATKANMOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERIHIMPUNAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARANKOOPERATIF TIPE STAD SISWA KELAS VI
Posted by noerhaji ali khosim on 07.24 inPTKsmp|0 komentar
BAB I : PENDAHULUAN
 1.
 
A. Latar Belakang
 SMP Islam Al Hikmah Mayong Jepara merupakan salah satu SMP swasta di kabupatenJepara. Di SMP Islam Al Hikmah Mayong banyak masalah yang dihadapi siswa dalam prosespembelajaran diantaranya: kurangnya motivasi belajar siswa, siswa kurang aktif dalamkegiatan pembelajaran, siswa sulit menguasi materi, dan rendahnya kemampuan dasarsiswa tertutama tentang matematika, sehingga membuat hasil belajar siswa rendahterutama pelajaran matematika. Sebelum penelitian dilakukan diperoleh data-data hasilbelajar siswa SMP islam alhikmah Mayong kelas VIIA yang masih dibawah standar. Datatentang hasil belajar matematika yang rendah dapat dilihat dari berbagai hasil ulanganharian , ulangan mid semester dan ulangan semester. Hasil belajar matematika melaluiulangan harian dari tahun pelajaran 2007/2008 sampai tahun pelajaran 2009/2010 dirata-rata yaitu 60. Sedangkan hasil ulangan mid semester kemarin diperoleh rata-rata 53. Hasilini berada dibawah KKM mata pelajaran matematika di SMP islam alhikmah Mayong yaitu60. Hasil ulangan mid semester dari 44 siswa VIIA yang memperoleh nilai diatasKKM hanya 17 siswa dan 27 siswa yang lain mendapat nilai dibawah KKM. Sedangkan rata-rata hasil ulangan semester siswa kelas VIIA adalah 55, dari 44 siswa hanya ada 12 siswayang memperoleh nilai diatas KKM. Sisanya 32 anak mendapat nilai dibawah KKM.Dari hasil yang diperoleh dari nilai tes matematika kelas VII yang masih dibawah kreteriaketuntasan minimal yaitu 60, maka penelitian perlu dilakukan di kelas VIIA SMP Islam AlHikmah Mayong Jepara, dan dari hasil penelitian tersebut diharapkan hasil belajar siswadapat ditingkatkan.. Oleh karena itu motivasi siswa perlu ditingkatkan, karena denganmeningkatnnya motivasi siswa hasil belajar dapat lebih meningkat dan denganmeningkatnya hasil belajar siswa dapat mendorong siswa lebih bersemangat untuk belajarmatematika. Diharapkan setelah penelitian proses pembelajaran mengalami perubahan.Pemebelajaran tidak lagi bersifat satu arah tetapi terjadinya keseimbangan pembelajaranantara guru dan siswa. Guru bukanlah penguasa dikelas tetapi guru adalah pemberimotivasi siswa dalam pembelajaran .Kondisi pembelajaran dengan metode ceramah dan latihan yang menyebabkan siswamenjadi pasif dalam belajar atau dengan kata lain keaktifan siswa rendah yang didukungdengan rendahnya hasil belajar matematika pula membuat hal ini harus diperbaiki.Harapannya setelah penelitian dilakukan kondisi seperti semula yaitu rendahnya keaktifandan hasil belajar matematika siswa akan mengalami perubahan. Setelah penelitiandilakukan diharapkan keaktifan dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan.
 
Dari hasil nilai tes semester 1 yang masih rendah, masih dibawah KKM yaitu 60 inidisebabkan motivasi siswa dalam proses pembelajaran yang masih kurang, setelahdiadakan penelitian apakah motivasi siswa dan hasil belajar siswa dapat meningkat?.Motivasi siswa dan hasil belajar siswa yang masih rendah ini kemungkinan disebabkanpeneliti tidak menggunakan berbagai model pembelajaran dengan tepat. Kondisipembelajaran dengan metode ceramah dan latihan yang menyebabkan siswa menjadi pasif dalam belajar membuat siswa kurang termotivasi untuk belajar, yang didukung denganrendahnya hasil belajar matematika, membuat hal ini harus diperbaiki.. Setelah penelitiandilakukan diharapkan motivasi dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Terjadinyapeningkatan tersebut memperlihatkan pembelajaran matematika yang berhasil. Sebelummemanfaatka model pembelajaran kooperatif tipe STAD yaitu pembelajaran yangmenggunakan model ceramah dan latihan pembelajaran yang terjadi pembelajaran sifatnyahasyalah satu arah yaitu dari guru saja. Siswa kurang terlibat dalam pembelajaran yangada siswa hanyalah sebagai pendengar saja. Kekurangan yang terjadi dalam modelpembelajaran ceramah tersebut harus diperbaiki yaitu dengan memanfaatkan modelpembelaran kooperatif tipe STAD.1.
 
B. Rumusan Masalah
 1. Apakah melalui
 
model pembelajaran kooperatif tipe STAD.dapat meningkatkanmotivasi belajar matematika tentang himpunan siswa kelas VIIA SMP Islam Al HikmahMayong Jepara pada semester II tahun pelajaran 2009/2010?2. Apakah melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasilbelajar matematika tentang himpunan bagi siswa kelas VIIA SMP Islam Al Hikmah MayongJepara pada semester II tahun pelajaran 2009/2010?3. Apakah melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan motivasibelajar dan hasil belajar matematika tentang himpunan bagi siswa kelas VIIA SMP islam alhikmah mayong Jepara pada semester II tahun pelajaran 2009/2010?1.
 
C. Tujuan Penelitian
 2.
 
Tujuan umum1.
 
Untuk Meningkatkan motivasi belajar siswa bagi siswa kelas VIIA SMP islam alhikmah mayong Jepara pada semester II tahun pelajaran 2009/2010.2.
 
Untuk meningkatkan hasil belajar siswa bagi siswa kelas VIIA SMP islam al hikmahmayong Jepara pada semester II tahun pelajaran 2009/20103.
 
Untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa bagi siswa kelas VIIASMP islam al hikmah mayong Jepara pada semester II tahun pelajaran 2009/20102.Tujuan Khusus1.
 
Untuk Meningkatkan motivasi belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipeSTAD bagi siswa kelas VIIA SMP islam al hikmah mayong Jepara pada semester IItahun pelajaran 2009/2010.2.
 
Untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipeSTAD bagi siswa kelas VIIA SMP islam al hikmah mayong Jepara pada semester IItahun pelajaran 2009/2010
 
3.
 
Untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa melalui modelpembelajaran kooperatif tipe STAD bagi siswa kelas VIIA SMP islam al hikmah mayongJepara pada semester II tahun pelajaran 2009/20104.
 
D. Manfaat Penelitian
 1.
 
Bagi Siswa5.
 
Dapat meningkatnya motivasi siswa kelas VIIA SMP islam al hikmah mayong Jeparapada semester II tahun pelajaran 2009/2010.6.
 
Dapat meningkatnya hasil belajar siswa kelas VIIA SMP islam al hikmah mayongJepara pada semester II tahun pelajaran 2009/20107.
 
Dapat meningkatnya motivasi belajar dan hasil belajar siswa kelas VIIA SMP islam alhikmah mayong Jepara pada semester II tahun pelajaran 2009/20101.
 
Bagi Guru8.
 
Melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatnya motivasi belajarsiswa kelas VIIA SMP islam al hikmah mayong Jepara pada semester II tahunpelajaran 2009/2010.9.
 
Melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatnya hasil belajarsiswa kelas VIIA SMP islam al hikmah mayong Jepara pada semester II tahunpelajaran 2009/201010.
 
Melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatnya motivasi belajardan hasil belajar siswa kelas VIIA SMP Islam Al Hikmah Mayong Jepara pada semesterII tahun pelajaran 2009/2010
BAB II : KAJIAN PUSTAKA
 
A. Hakekat matematika
.Matematika timbul karena pikiran-pikiran manusia berhubungan dengan ide dan penalaran.Ide-ide yang dihasilkan oleh pikiran-pikiran manusia itu merupakan sistem-sistem yangbersifat untuk menggambarkan konsep-konsep abstrak, dimana masing-masing sistembersifat deduktif sehingga berlaku umum dalam menyelesaikan maslah.Sehubungan dengan hal di atas Hudoyo (1988:3) menyatakan matematika berkenaandengan ide-ide (gagasan-gagasan), struktur-struktur dan hubungan-hubungan yang diatursecara logik sehingga matematika itu berkaitan dengan konsep-konsep abstrak. Suatukebenaran matematika dikembangkan berdasarkan atas alasan logik yang menggunakanpembuktian deduktif 
B. Motivasi belajar
 Pada dasarnya motivasi adalah suatu usaha yang disadari untukmenggerakkan, menggarahkan dan menjaga tingkah laku seseorang agar ia terdoronguntuk bertindak melakukan sesuatu sehingga mencapai hasil atau tujuan tertentu.Motivasi belajar adalah suatu perubahan tenaga di dalam diri seseorang (pribadi) yangditandai dengan timbulnya perasaan dan reaksi untuk mencapai tujuan (Frederick J. McDonald dalam H. Nashar, 2004:39). Tetapi menurut Clayton Alderfer dalam H. Nashar(2004:42) Motivasi belajar adalah kecenderungan siswa dalam melakukan kegiatan belajaryang didorong oleh hasrat untuk mencapai prestasi atau hasil belajar sebaik mungkin
C. Hakekat belajar.
 

Activity (2)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->