Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Surat Buat Kelompok dakwah

Surat Buat Kelompok dakwah

Ratings: (0)|Views: 63 |Likes:
Published by 4buHamzah

More info:

Published by: 4buHamzah on Mar 07, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/16/2009

pdf

text

original

 
SURAT BUAT KELOMPOK-KELOMPOK DAKWAHDitulis pada Maret 4, 2009 oleh ibnuramadanOleh : Syaikh Muhammad bin Jamil ZainuAgama Adalah NasehatRasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Agama adalah nasehat, kami (parasahabat) bertanya : Untuk siapa wahai Rasulullah ? Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam menjawab : Untuk Allah, Kitab-Naya, Rasul-Nya, dan untuk para pemimpin kaummuslimin dan orang-orang muslim”. (HR.Muslim).Sabagai aplikasi sabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam di atas, maka saya inginmenyampaikan nasehat kepada seluruh kelompok dakwah islam, agar senantiasa berpegang teguh dengan al-Qur’an dan hadits-hadits yang shahih berdasarkan pemahaman para ulama salaf, seperti : para sahabat, tabi’in, para imam mujtahidin danorang-orang yang senantiasa meniti jejak mereka.Kepada Kelompok Sufi1. Nasehat saya kepada mereka agar mengesakan Allah dalam berdoa dan isti’anah(minta pertolongan), sebagai bentuk perwujudan dari firman Allah : “Hanya engkaulahyang kami sembah, dan hanya kepada Engkaulah kami meminta pertolongan.” (QS. Al-Fatihah : 5). Dan Sabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam : “Doa adalah ibadah”.(HR.Tirmidzi dan beliau berkata : Hadits hasan shahih).Wajib bagi mereka untuk meyakini bahwa Allah ada di atas langit, sebagaimana firman- Nya : “Apakah kamu merasa aman terhadap Allah yang (berkuasa) dilangit bahwa Diaakan menjungkir balikan bumi bersama kamu, sehingga dengan tiba-tiba bumi itu bergoncang?” (QS. Al-Mulk : 16)Ibnu Abbas berkata : Dia adalah Allah (sebagaimana tersebutkan Ibnul Jauzi dalamtafsirnya).Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Tidaklah kalian percaya kepadaku, padahal saya adalah kepercayaan Dzat yang di langit.” (HR. Bukhari danMuslim).2. Hendaklah mereka senantiasa mendasari dzikir-dzikir mereka dengan apa yang adadalam al-Qur’an dan sunnah (yang sholih –ed) serta amalan para sahabat.3. Jangan sekali-kali mendahulukan ucapan syaikh-syaikh melebihi firman Allah dansabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Allah ta’ala berfirman : “Hai orang-orangyang beriman, janganlah kamu mendahului Allah dan Rasul-Nya dan bertawakalahkepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.” (QS. Al-Hujurat:1).
 
Yakni, jangan sekali-kali kalian mendahulukan ucapan atau perbuatan siapapun melebihifirman Allah dan sabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam (tafsir Ibnu Katsir).4. Hendaklah mereka beribadah dan berdo’a kepada Allah dengan rasa takut dari siksaneraka-Nya dan berharap akan surga-Nya. Firman Allah ta’ala :“Dan berdoalah kepada- Nya dengan rasa takut (tidak akan diterima) dan harapan (akan dikabulkan).” (QS. Al-A’raf : 56).Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Saya meminta kepada Allah surgadan berlindung dengan-Nyadari neraka.” (HR. Abu Dawud dengan sanad shahih).5. Mereka harus meyakini, bahwa makhluk pertama dari kalangan manusia adalah NabiAdam ‘alaihi wa sallam, dan Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam termasuk keturunannya, dan semua manusia adalah adalah anak keturunannya, yang Allah ciptakandari tanah. Allah ta’ala berfirman : “Dia-lah yang menciptakan kamu dari tanah kemudiandari setetes mani.” (QS. Hgafir : 67).Tidak ada satu dalilpun yang menunjukan bahwa Allah menciptakan Nabi MuhammadShallallahu ‘alaihi wa sallam dari nur (cahaya-Nya), bahkan yang masyhur bagi semua, bahwa Allah menciptakannya dari kedua orang tuanya.Kepada Jama’ah Tabligh1. Nasehat saya kepada mereka, agar perpegang teguh dalam dakwahnya dengan al-Qur’an dan sunnah yang shahih, dan hendaklah mereka belajar al-Qur’an, tafsir, danhadits. Sehingga dakwah mereka benar-benar berdasarkan ilmu, sebagaimana firmanAllah ta’ala : “Katakanlah : “Inilah jalan (agama) ku, aku dan orang-orang yangmengikutiku mengajak (kamu) kepada Allah dengan hujjah yang nyata.” (QS.Yusuf :108).Dan sabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam : “Sesungguhnya ilmu (bisadiperoleh) hanya dengan belajar.” (Hadits hasan, lihat shahihul jami)2. Mereka harus berpegang teguh dengan hadits-hadits yang shahih dan menjauhi hadits-kadits yang dhaif (lemah) dan maudu’ (palsu), sehingga mereka tidak masuk pada yangdisinyalir Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam : ”Cukup seseorang dikatakan berdusta jika menceritakan semua apa yang didengarnya.” (HR.Muslim).3. Kepada al-Ahbab (orang-orang yang saya cintai) agar tidak memisahkan antara amar ma’ruf dan nahi munkar, karena Allah banyak menyebutkan secara bersamaan dalamayat-ayat al-Qur’an, seperti firman Allah ta’ala : “Dan hendaklah ada di antara kamusegolongan umat yang menyeru kepadayang ma’ ruf dan mencegah dari yang munkar,merekalah orang-orang yang beruntung.” (QS. Ali Imran : 104).
 
Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam juga punya perhatian serius dan memerintahkankamum muslimin untuk merubah kemungkaran, sebagaimana sabdanya Shallallahu‘alaihi wa sallam : “Barang siapa di antara kalian yang melihat kemungkaran hendaklahmerubah dengan lisannya, dan apabila tidak mampu, maka hendaklah merubah denganlisannya, dan apabila tidak mampu, maka dengan hatinya, dan itu adalah selemah-lemahiman.” (HR.Muslim)4. Hendaklah mereka memperhatikan dakwah kepada tauhid dengan serius, danmendahulukannya atas yang lainnya, demi mengamalkan sabda Rasulullah Shallallahu‘alaihi wa sallam : “Jadikanlah per tama kali yang kalian dakwahkan kepada merekaadalah syahadat (kalimat tauhid) la ilaha illallah.” (HR.Bukhari dan Muslim). Dalamriwayat lainnya, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Sampai mereka(benar-benar) mentauhidkan Allah.” (HR.Bukhari).“Mentauhidkan Allah”, maksudnya adalah : mengesakan Allah dalam semua jenis ibada,lebih-lebih dalam hal Do’a, karena Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :“Do’a adalah Ibadah,” (HR.Tirmidzi. Beliau berkata : Hadits ini hasan shahih).Kepada Kelompok Ikhwanul Muslimin1. Hendaklah mereka mengajarkan kepada anggota kelompoknya tauhid dan macam-macamnya, yakni : tauhid rububiyah, tauhid uluhiyah dan tauhid asma dan sifa, karena ituadalah masalah yang sangat urgent yang berpengaruh pada terwujudnya kebahagiaanindividu maupun masyarakat, dari pada sibuk dalam politik praktis dan yang merekasangka seperti fiqih waki’ (realita –ed). Ini bukan berarti buta dengan keadaan dunia danmanusia, tapi tidak berlebi-lebihan dengannya dan tidak pula menyepelekannya.2. Hendaklah mereka menjauhi pemikiran-pemikiran Sufi yang menyelisihi akidah islam,karene banyak kita jumpai dalam kitab-kitab mereka akida-akidah sufi yang batil :a. Lihatlah pimpinan mereka di Mesir, yaitu Umar Tilmisani yang banyak menyebutkandalam bukunya “Syahidul Mihrab” akidah-akidah Sufi yang sangat membahayakan. Disamping membolehkan belajar musik. b. Inilah Sayyid Quthub, menyebutkan dalam kitabnya zilalul Qur’an” akidah Sufiwihdatul wujud pada awal surat al-Hadid, dan lain sebagainya dari takwil-takwil yang batil. Sungguh saya telah menyampaikannya kepada saudaranya sendiri, yaituMuhammad Qutub agar mengomentari kesalahan-kesalahan aqidah, karena ia adalah penanggung jawab penerbitan “as-Syuruq”, akan tetapi dia menolaknya dan mengatakan :Saudara saya sendiri yang akan menanggungnya. Dan saikh Abdul Latif Badr, penanggung jawab majalah at-Tau’iyah di Mekah menyarankan kepadaku agar sayamendatanginya lagi.c. Lihatlah Said Hawa, beliau menyebutkan dalam kitabnya “Tarbiyahtuna ar-Ruhiyat”akidah-akidah Sufi, sebagaimana sudah disebutkan diawal kitab2.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->