Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
struktur benih tanaman monokotil

struktur benih tanaman monokotil

Ratings: (0)|Views: 121 |Likes:
Published by Zeni Marlina
struktur benih tanaman monokotil
struktur benih tanaman monokotil

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Zeni Marlina on Mar 16, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/11/2013

pdf

text

original

 
1
I.
 
PENDAHULUAN1.1
 
Latar Belakang
Untuk menghasilkan tanaman sehat yang mampu menghasilkan produktivitas tinggi haruslah memperhatikan beberapa aspek yaitu salahsatunya benih yang digunakan. Benih merupakan organ generatif atau bijiditujukan untuk perbanyakan tanaman (mengembang biakan tanaman).Sehingga benih merupakan salah satu sarana produksi yang sangat penting. Jikadilihat dari strukturnya benih sama dengan biji untuk keperluan konsumsimaupun yang lainnya, tetapi secara fungsional benih berbeda dengan biji. Benihadalah tanaman mini yang didalamnya mengandung bakal akar, bakal batangdan bakal daun. Dengan demikian benih yang ditanam menentukan hasil produksi yang akan diperoleh. Adapun pengertian benih adalah biji tanamanyang digunakan untuk mengembangbiakan tanaman. Berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia No.12 tahun 1992 tentang Sistem BudidayaPertanian Bab I ketentuan umum pasal 1 ayat 4 disebutkan bahwa benihtanaman yang selanjutnya disebut benih, adalah tanaman atau bagiannya yangdigunakan untuk memperbanyak dan atau mengembangbiakkan tanaman.Dalam buku lain tertulis benih disini dimaksudkan sebagai biji tanaman yangdipergunakan untuk tujuan pertanaman (Sutopo, 2004).Tumbuhan berkeping biji tunggal (atau monokotil) adalah salah satu daridua kelompok besar tumbuhan berbunga yang bijinya tidak membelah karenahanya memiliki satu daun lembaga. Kelompok ini diakui sebagai takson dalam berbagai sistem klasifikasi tumbuhan dan mendapat berbagai nama, sepertiMonocotyledoneae, Liliopsida, dan Liliidae.Kelompok tumbuhan ini mencakup berbagai tumbuhan paling berguna dalam kehidupan manusia. Sebagai sumber pangan, sumber energinabati, sumber bahan baku industri, perumahan, dekorasi, pakaian, media penulisan, zat pewarna, dan sebagainya.
1.2
 
Tujuan
Tujuan dari pembuatan makalah ini adalah, agar mahasiswa dapat memahamiserta mengetahui struktur benih tanaman monocotyl khususnya tanaman jadung(Zea mays).
 
2
II.
 
PEMBAHASAN2.1
 
Pengertian Benih dan Tanaman Monokotil
Benih adalah biji yang digunakan untuk tujuan penanaman (komersial)dan telah diseleksi dan dijamin kemurnian genetiknya (legitim) (Pahan.2006). benih juga dapat diartikan sebagai biji tanaman yang digunakan untuk keperluan dan perkembangan usaha tani memiliki fungsi atau merupakankomponen agronomi (Kartosapoetra, 1989). Serta benih merupakan bagiantanaman yang terpilih untuk membudidayakan atau memproduksi individu baru(Rubenstin, 1978).Tumbuhan monokotil adalah tumbuhan yang bijinya berkeping tunggal,tumbuhan ini merupakan salah satu kelompok tumbuhan berbunga selaintumbuhan dikotil. Salah satu contoh dari tumbuhan monokotil adalah Jagung.ciri pada tumbuhan monokotil :
 
Bentuk akar memiliki sistem akar serabut
 
Bentuk sumsum atau pola tulang daun melengkung atau sejajar 
 
Kaliptrogen / tudung akar ada tudung akar / kaliptra
 
Jumlah keping biji atau kotiledon satu buah keping biji saja
 
Kandungan akar dan batang tidak terdapat kambium
 
Jumlah kelopak bunga umumnya adalah kelipatan tiga
 
Pelindung akar dan batang lembaga ditemukan batang lembaga / koleoptildan akar lembaga /keleorhiza
 
Pertumbuhan akar dan batang tidak bisa tumbuh berkembang menjadimembesar 
2.2
 
Struktur Benih Secara Umum
Benih secara fungsional berada dalam konteks agronomi, yaitu berupa biji botanis yang dipergunakan sebagai bahan perbanyakan tanaman. Benihtersusun oleh beberapa struktur diantaranya : kulit biji (testa), embrio (plumula,radikula, hipokotil, epikotil) dan cadangan makanan (endosperm, perisperm,dan kotiledon).
 
3
o
 
EmbrioAdalah tanaman baru yang terjadi dari proses bersatunya gamet
 – 
gamet jantan dan betina pada suatu proses pembuahan. Embrio yang berkembangsempurna terdiri dari struktur berikut :epikotil, hipokotil, dan kotiledon.Pada tanaman kelas Angiospermae diklasifikasikan oleh banyaknya jumlah kotiledon. Tanaman monokotil memiliki satu kotiledon, sepertirerumputandan bawang, sedangkan pada tanaman dikotil memiliki duakotiledon, contoh nya kacang
 – 
kacangan. Sedangkan Gymnospermaeumumnya memiliki lebih dari dua kotiledon, misalnya pinus yang memiliki15 kotiledon.
o
 
Cadangan bijiAda beberapa struktur yang dapat berfungsi sebagai jaringan penyimpancadanganmakanan, yaitu : endosperm Cadangan makanan yang tersimpandalam biji umumnya terdiridari karbohidrat, lemak, protein dan mineral.Komposisi dan persentasenya berbeda
 – 
bedatergantung pada jenis biji.
o
 
Pelindung bijiPelindung biji dapat terdiri dari kulit biji, sisa
 – 
sisa nucleus dan endospermdan kadang
 – 
kadang bagian dari buah. Tetapi umumnya kulit biji ( testa ) berasal dariintegument ovule yangmengalami modifikasi selama proses pembentukan biji berlangsung. Biasanya kulit luar bijikeras dan kuat berwarna kecoklatansedangkan bagian dalamnya tipis dan berselaput. Kulit biji berfungsi untuk melindungi biji dari kekeringan, kerusakan mekanis atau serangancendawan, bakteri dan insekta.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->