Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Mengenal Intranet Dan Internet

Mengenal Intranet Dan Internet

Ratings: (0)|Views: 24 |Likes:
Published by Wulandari Nimas

More info:

Published by: Wulandari Nimas on Mar 18, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/04/2014

pdf

text

original

 
 
MENGENAL INTRANET DANINTERNET
OLEH
:
 
Dewi Pangestu
 
Wulandari
 
Muhammad Fadhli
 
Maya Andriani
 
Muh. Nur Ilman
 
Wahyudi
 
Ibnu Munzir 
 
Dwi Nur Puspita
 
Mirwan
Ptik
05
Kelompok 5
 
INTRANET
Intranet merupakan sebuah ungkapan yangsudah tidak asing bagi mereka yang berkecimpung didunia komputer dan telekomunikasi atau internet.Intranet merupakan sebuah jaringan internalperusahaan yang dibangun berdasarkan teknologiinternet yang didalamnya menggunakan arsitekturberupa aplikasi web dan teknologi komunikasi data.Melihat dari maksudnya, maka intranet sebenarnya adalah website yang tunggal. Dalamsegi penggunaan, secara geografis atau implementasi, intranet bekerja secara luas danmaksimal seperti dengan internet. Namun intranet terbatas dalam hal privilige dan hakakses pemakainya. Jelas bahwa intranet datang sesudah internet.
Fungsionalitas dan implementasi intranet
Dalam sebuah komunitas yang terbatas seperti perusahaan, banyak pegawai/user dapat bekerja bersama-sama secara mudah dan efektif. Dalam sistem dan pola kerja merekamenggunakan fasilitas atau pun teknologi yang mendukung infrastrukturnya. Salah satu alternatif teknologi yang dapat diimplementasikan adalah intranet. Fungsionalitas dan kinerjanya sangatmendukung pola/sistem kerja yang cepat.Informasi perusahaan yang mencakup berita, prosedur kerja setiap divisi, kumpulan data penyimpanan, dan lain-lain, dapat diintegrasikan dalam satu sistem pusat informasi yang berbasisikan HTML (HyperText Markup Language) atau yang lebih dikenal dengan istilahWWW.
 
Implementasi dan karakteristik intranet lainnya meliputi jadwal perorangan dankelompok (personal and group scheduling), pesan diterima ketika keluar (while were you outform), manajemen informasi bagi perorangan dan kelompok (personal/group informationmanagement), dan transfer dokumen secara langsung (straight document transfer).Sebetulnya teknologi intranet datang bersama dengan teknologi internet. Pada dasarnyaintranet menggunakan teknologi internet. Perbedaannya hanyalah penggunaan firewall bagi jaringan local yang terkoneksi ke internet, untuk melindungi asset sistem informasi dariserangan pihak luar. Hal ini menjadikan intranet benar-benar dapat berfungsi secara bebas.Dalam sebuah komunitas yang terbatas seperti perusahaan, banyak pegawai/ user dapat bekerja bersama-sama secara mudah dan efektif bila dalam system dan pola kerja merekamenggunakan fasilitas ataupun teknologi yang mendukung infrastrukturnya. Salah satualternatieknologi yang dapat diimplementasikan adalah intranet. Fungsional dan kinerjanyasangat mendukung pola/system kerja yang cepat dan kolektif.Hal yang mendorong penggunaan intranet adalah kebutuhan akan informasi. Berdasarkansurvai yang dilakukan terhadap 103 eksekutif system informasi yang memiliki 500 pegawai,mereka memprioritaskan penggunaan intranet untuk menyebarkan manual, catalog , daftar  barang, menyediakan human relation, dan informasi pekerjaan, menawarkan jasa e-mail, danmengadakan suatu revisi dokumen secara bersama-sama.Alasan tersebut ditambah beberapa alasan lagi, antara lain:1)
 
Komunikasi yang lebih baik antara pegawai.2)
 
Biaya pemgembangan dan perawatan yang lebih murah dibandingkan teknologi clientserver biasa.3)
 
Keinginan untuk menaikkan rasa kepemilikan data, dan tanggung jawab pengguna.4)
 
Keinginan untuk menggunakan protocol yang terbuka .5)
 
Mudah digunakan dan sederhana.6)
 
Mudah mendistribusikan program aplikasike user.7)
 
Menaikkan akses dan distribusi informasi ke pengguna.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->