Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
TUGAS PROYEK

TUGAS PROYEK

Ratings: (0)|Views: 101 |Likes:
Published by Gita Nurul Puspita

More info:

Published by: Gita Nurul Puspita on Mar 18, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/16/2013

pdf

text

original

 
1
PENGEMBANGAN KECAKAPAN WIRAUSAHA SISWAMELALUI PROYEK PEMBUATAN DAN PEMASARAN PRODUK BIOTEKNOLOGI
PENDAHULUAN
Bioteknologi adalah pemanfaatan prinsip-prinsip ilmiah yang menggunakan makhluk hidupuntuk menghasilkan produk dan jasa guna kepentingan manusia. Dalam bioteknologibiasanya digunakan mikroorganisme atau bagian-bagiannya untuk meningkatkan nilaitambah suatu bahan. Proses yang dibantu mikroorganisme, misalnya dengan fermentasi,hasilnya antara lain tempe, tape, yoghurt, roti, kombucha tea (cider tea), nata de coco.Beberapa produk ini bahkan berperan penting bagi pemeliharaan kesehatan. Sayangnya,tidak setiap orang mengetahui kelebihan dari produk-produk ini.Oleh karena itu, melalui pembelajaran bioteknologi siswa ditantang untuk dapatmenyelesaikan proyek pembuatan dan pemasaran produk bioteknologi bersama timkerjanya. Diharapkan dengan proyek ini, kemampuan berwirausaha siswa menjadi terasahsehingga siswa memiliki bekal untuk menjalani kehidupan selepas bersekolah. Siswapunmempunyai pengalaman lebih sehingga merasakan bagaimana rasanya mencari nafkah danmenghargai jerih payah orang tuanya.
TUJUAN PROYEK
Setelah melakukan kegiatan praktikum siswa dapat membuat produk bioteknologi yangberkualitas dan memasarkannya.
FOKUS KETERAMPILAN
1.
 
Dapat bekerja sama,2.
 
Membuat rencana bisnis
(business plan),
 3.
 
Mencari sumber informasi,4.
 
Mengajukan ide/pendapat,5.
 
Terbuka menerima pendapat orang lain,6.
 
Berpikir kreatif,7.
 
Bertindak hati-hati,
Kisah Nyata Walaupun sudah memiliki pekerjaan tetap namun bila tidak memiliki kecakapan wirausaha, maka resiko PHK akan sangat menakutkan. Ini kisah nyata dari saudara EHF, seorang sarjana nuklir lulusan dari sebuah perguruan tinggi terkemuka. Ia bekerja di PT Dirgantara Indonesia sebagai programmer dan pendesain, namun pada tahun 2003 ia terkena PHK bersama 6550 karyawan lain. Ia melakukan berbagai wirausaha untuk dapat mempertahankan kelangsungan hidup dirinya dan keluarganya. Ia pernah beternak ayam, kelinci, dan itik. Ia juga pernah berjualan keripik singkong, namun semuanya gagal atau tidak memuaskan, sehingga akhirnya ia berjualan es krim di Ramayana, Cimahi.Menjadi wirausahawan kerap menjadi jalan keluar yang paling terbuka dan paling sering dicari pada masa setelah PHK, namun sayang banyak yang gagal. Seandainya saudara EHF belajar tentang kewirausahaan ketika mereka di bangku sekolah, kondisinya akan lebih baik daripada sekarang.Sumber Informasi: Harian Kompas (28 April 2007) 
 
2
8.
 
Bertindak teliti,9.
 
Bertindak jujur,10.
 
Menggunakan alat dan bahan,11.
 
Mengkomunikasikan produk (memasarkan),12.
 
Menghitung untung dan rugi,13.
 
Melaporkan proyek.
LANGKAH KERJA
1.
 
Untuk menjalankan suatu proyek, diperlukan tim yang diketuai seorang manajer.Pilihlah seorang manajer yang dipercayai oleh semua staf dapat memimpin,mengatur dan memotivasi tim untuk sukses. Manajer juga menilai kerja dari staf,karena itu pilihlah manajer yang bersikap adil dan jujur.2.
 
Setiap tim membuat susunan organisasi (pembagian kerja) tim.3.
 
Setiap tim membuat rencana bisnis
(business plan),
meliputi:a.
 
Menentukan produk bioteknologi apa yang diperlukan oleh masyarakat. Sebelummenentukan produk yang akan dibuat, lebih baik Anda mencari informasi yanglengkap mengenai keunggulan produk bioteknologi yang ada disesuaikan dengankebutuhan masyarakat terhadap produk ini. Pilihlah produk yang banyakdibutuhkan oleh masyarakat sekolah sebagai lingkungan pemasaran produkAnda. Agar produk Anda lebih memikat dan digemari, tambahkan ide-ide baru(ide-ide kreatif) terhadap produk tersebut, misalnya dengan menambahkanmayonaise, kemasan yang menarik, dll. Tapi, perlu dicamkan bahwa produk Andaharus halal, sehat, dan aman dikonsumsi.b.
 
Menentukan berapa banyak produk yang dihasilkan.c.
 
Menentukan modal. Setelah Anda menentukan produk yang akan dibuat, rincialat dan bahan yang diperlukan serta berapa modal yang dibutuhkan.d.
 
Menentukan bagaimana cara memperoleh modal. Diskusikan dengan seluruhrekan setim, bagaimana cara anda memperoleh modal? Apakah modal diperolehdari tabungan semua anggota tim? Apakah ada pihak lain yang menanamkanmodal?e.
 
Menentukan target pemasaran. Anda akan menjual produk Anda di lingkungansekolah. Siapakah target pemasaran Anda? Guru, siswa, karyawan sekolah?Tentukanlah target pemasaran agar kerja Anda menjadi lebih terarah!f.
 
Menentukan berapa lama waktu pemasaran.g.
 
Menentukan harga produk yang terjangkau oleh pasar. Tentukanlah hargaproduk yang tidak terlalu mahal tapi juga tidak membuat Anda merugi.h.
 
Merancang strategi promosi dengan cara halal dan baik. Meskipun produk yangAnda hasilkan berkualitas, tidak menjamin produk Anda akan laris. Karena itulahrancang strategi promosi yang efektif dengan cara halal dan baik.4.
 
Melaksanakan kegiatan produksi, yaitu membuat produk bioteknologi yang telahdipilih. Anda boleh melibatkan pihak lain dalam proses pembuatan (produksi).Namun akan lebih baik jika Anda (setim) melakukannya sendiri. Jaga kualitas produk.Produk Anda harus tetap halal, sehat, dan aman dikonsumsi. Oleh karena itusebelum dipasarkan, produk tersebut harus Anda ujicobakan dulu.5.
 
Memasarkan produk di lingkungan sekolah sesuai dengan waktu yang telahdirencanakan.6.
 
Menghitung untung/rugi.7.
 
Menyusun laporan hasil kegiatan dalam bentuk FILE .doc, dengan urutan sebagaiberikut:a.
 
Judul ProyekMisalnya, PRODUKSI DAN PEMASARAN YOGHURT ASAM-MANIS.b.
 
Susunan OrganisasiBuatlah struktur organisasi (pembagian kerja) tim.
 
3
c.
 
Rencana bisnis
(business plan)
 Jelaskan rencana bisnis yang telah Anda buat mulai dari langkah 2.a sampaidengan 2.h. Sertakan foto (dokumentasi) Anda setim ketika melaksanakan rapatperencanaan (cantumkan hari, tanggal, waktu pelaksanaan) serta daftarkehadiran setiap tim Anda melakukan rapat.d.
 
Kegiatan ProduksiJelaskan peralatan dan bahan yang diperlukan serta cara kerja pembuatanproduk bioteknologi (cantumkan resep/langkah kerja yang Anda lakukan berasaldari sumber siapa? Apakah dari guru, orang tua, internet?). Sertakan foto(dokumentasi) Anda setim ketika membuat produk tersebut dan foto produkyang dihasilkan serta tanggal produksi.e.
 
Kegiatan PemasaranJelaskan kegiatan pemasaran yang dilakukan berdasarkan urutan waktu (haripertama, hari kedua, hari ketiga, dst.) dengan disertai foto kegiatan.f.
 
Laporan KeuanganCantumkan jumlah modal awal. Cantumkan pula pendapatan yang diperolehselama pemasaran berdasarkan urutan waktu (hari pertama, hari kedua, hariketiga, dst.). Jelaskan bagaimana pembagian keuntungan/kerugian bagi setiapanggota tim?g.
 
Diskusi Teori BioteknologiDari setiap langkah kerja pembuatan produk bioteknologi (tempe, tape, yoghurt,cider tea, roti) di bawahnya ada beberapa pertanyaan. Jawablah pertanyaantersebut!h.
 
KesimpulanBuatlah kesimpulan, Anda mengalami keuntungan/kerugian? Apakah pelajaranmoral (hikmah) yang Anda peroleh setelah melaksanakan proyek ini?8.
 
File Laporan Kegiatan tersebut Anda simpan dalam sebuah CD
(compact disc).
Kumpulkan CD tersebut kepada guru Anda sebagai Direktur Proyek.9.
 
Setiap manajer tim mengumpulkan formulir penilaian kerja yang berisi nilai-nilaisetiap staf kepada guru serta daftar kehadiran (yang berisi tanda tangan kehadiransetiap tim melakukan rapat)
CATATAN
-
 
Anda dapat melakukan konsultasi (berdiskusi atau meminta saran langsung) kepadaguru mengenai proyek Anda. Anda dapat menghubungi guru langsung ke nomor08122447207/02293431522, e-mail/ facebook:syaira_nadya@yahoo.com.Selamatbekerja dan berkreasi. Semangat!-
 
File tugas proyek ini dan file format penilaian kerja tim akan ibu upload kehttp://elektro.upi.edu/stranas/digitallearning.Anda klik forum ipa, klik tugas proyekbioteknologi, lalu langsung download file bernama TUGAS_PROYEK.pdf danPENILAIAN_TIM.pdf. Lihat informasi terbaru di situs ini.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->