Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Pengertian Pendapatan

Pengertian Pendapatan

Ratings: (0)|Views: 59 |Likes:
Published by akmalraihan
Pengertian Pendapatan
Pengertian Pendapatan

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: akmalraihan on Mar 18, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/20/2013

pdf

text

original

 
BAB IIKAJIAN PUSTAKA2.1.Review Hasil Penelitian Terdahulu
Berdasarkan hasil penelitia yang dilakukan penulis dari review terdahuluditemukan penelitian yang dilakukan oleh Lia Marisa mahasiswi STEI (2002) dimanatempat penelitian dilakukan pada perusahaan yang bergerak dibidang penjualan barang dan jasa berupa computer yaitu: PT. Accel Mitra Solusi. Hasil penelitian inimenjelaskan bahwa metode yang digunakan oleh perusahaan tersebut dalam hal pengakuan pendapatan dan bebabn menggunakan metode titik penjualan (point of sale), dimana konsumen memperoleh hak kepemilikkan atas barang tersebut pada saat barang diserahkan dan perusahaan memiliki tuntutan (klaim) berupa kas atau setarakas terhadap konsumen tersebut.
2.2.Pendapatan
Pada bab ini peneliti akan membahas mengenai metode pengakuan pendapatantetapi sebelumnya peneliti akan menguraikan pengertian pendapatan, sumber-sumber  pendapatan, proses-proses pendapatan, penilaian, pengakuan, dan pengukuran pendapatan, metode pengakan pendapatan, serta konsep penjualan jasa yag dilakukan.
2.2.1Pengertian Pendapatan
 
Pendapatan sangat berpengaruh bagi kelangsungan hidup perusahaab, semakin besar pendapatan yang diperoleh maka semakin besar kemampuan perusahaan untuk membiayai segala pengeluaran dan kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan oleh perusahaan.Selain itu pula pendapatan juga berpengaruh terhadap laba rugi perusahaanyang tersaji dalam laporan laba rugi. Dan yang perlu diingat lagi, pendapatan adalahdarah kehidupan dari suatu perusahaan. Tanpa pendapatan tidak ada laba, tanpa laba,maka tidaka ada perusahaan. Hal ini tentu saja tidak mungkin terlepas dari pengaruh pendapatan dari hasil operasi perusahaan.Pengertian tentang pendapatan itu sendiri ada beberapa macam, berikut ini ada beberapa pandangan yang menegaskan arrti konseptual dari pendapatan. Sebelum penulis lebih lanjut menelaah mengenai pengertian pendapatan, maka terlebih dahulu perlu diketahui mengenai konsep kesatuan usaha.Konsep kesatuan usaha menurut Zaki Baridwan (1992 : 8 ) adalah sebagai berikut:“Konsep ini menyatakan bahwa dalam akuntansi perusahaan dipandangsebagai suatu kesatuan usaha atau badan usaha yangberdiri sendiri, bertindak atas namanya sendiri da terpisah dari pemilik dan pihak lain yangmenanamkan dana dalam perusahaan”.
1
Berdasarkan konsep kesatuanusaha diatas, konsep tersebut mempunyaikoknsekuensi yaitu bahwa pendapatan dan laba harus dipandang sebagi kenaikankekayaan perusahaan, sedangkan biaya dan rugi sebagai pengurang kekayaan
1
Zaki Baridwan, (1997),
 Intermediate Accounting 
, BPFE Yogyakarta, Yogyakarta, hal 8
 
 perusahaan. Oleh karena itu, Standar Akuntansi harus menyelesaikan pengertian pendapatan dan biaya dengan memendangnya sebagai perubahan kekayaan, bukasebagai kenaikan atau penurunan kekayaan pemilik atau pemegang saham.Ikatan akuntan Indonesia dalam Pernyataan Standar Akuntansi KeuanganPSAK) No. 23 mendefinisikan pendapata sebagai berikut:“Pendapatan adalah arus masuk bruto dari manfaat ekonomi yang timbul dariaktivitas normal perusahaan selama suatu periode bila arus masuk itimengakibatkan kenaikan ekuitas yang tidak berasal dari kontribusi penanammodal.”
2
Disamping definisi yang dinyatakan oleh Ikatan Akuntansi Indonesia. Untuk menyatakan gambran yang lebih lengkap mengenai pengertian pendapatan, penulisakan mengutip pendapat-pendapat yang diambil dari berbagai macam bacaan.Menurut Zaki Baridwan dalam Buku Intermediate Accounting merumuskan pengertian pendapatan adalah:“Pendapatan adalah aliran masuk atau kenaikan lain aktiva suatu badn usahaatau pelunasan utang (atau kombinasi dari keduanya) selama suatu periodeyang berasal dari penyerahan atau pembuatan barang, penyerahan jasa, ataudari kegiatan lain yang merupakan kegiatan lain yang merupakan kegiatanutama adan usaha”
3
2
Ikatan Akuntan Indonesia, (2002),
Standar Akuntansi Keuangan
, Penerbit Salemba 4, Jakarta, hal. 23.
3
Zaki Baridwan,
Op.cit 
, Hal 30.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->