Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Perencanaan Dan Analisis System

Perencanaan Dan Analisis System

Ratings: (0)|Views: 15 |Likes:
Published by Zhenna Abha

More info:

Published by: Zhenna Abha on Mar 19, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/10/2013

pdf

text

original

 
1
Perencanaan Dan Analisis Sistem
Tinjauan Sekilas
Perencanaan sistem mencakup identifikasi subsistem dalam sistem informasi yang perludiperhatikan dalam pengembangan. Tujuan perencanaan sistem adalah mengidentifikasi masalahyang perlu diatasi segera ataupun untuk kepentingan masa datang.Analisis sistem dimulai setelah perencanaan sistem melakukan identifikasi atas subsistem atas pengembangan. Analisis sistem merupakan proses memahami sistem berjalan dan masalah-masalahnya, menguraikan kebutuhan-kebutuhan informasi, dan menetapkan prioritas-prioritasuntuk pekerjaan sistem selanjutnya. Analisis sistem berfokus pada pendefinisian kebutuhaninformasi dan kebutuhan sistem yang diperlukan oleh sistem untuk menjalankan tujuan-tujuanmanajemen. Analis sistem sangat perlu memahami masalah-masalah dan kebutuhan-kebutuhaninformasi manajemen. Karena kekeliruan-kekeliruan utama dalam tahap analisis sangat berdampak pada biaya siklus pengembangan berkaitan dengan tahap perancangan danimplementasi.
Perencanaan Sistem Dan Analisis Kelayakan.
Perencanaan keseluruhan dibuat untuk mencapai tujuan-tujuan sebagai berikut :
 
Sumberdaya akan ditargetkan untuk subsistem yang paling membutuhkan.
 
Duplikasi dan hasil yang sia-sia akan diminimalkan.
 
Pengembangan sistem dalam organisasi akan konsisten dengan perencanaan strategisorganisasi secara keseluruhan.Tahapan perencanaan sistem dan analisis kelayakan1.
 
Pembahasan dan perencanaan pada tingkat manajemen puncak 2.
 
Penetapan dewan pengarah perencanaan sistem3.
 
Penetapan tujuan dan batasan keseluruhan4.
 
Pengembangan perencanaan sistem informasi strategis5.
 
Identifikasi dan pemrioritasan area-area spesifik dalam organisasi sebagai fokus pengembangan sistem6.
 
Pembuatan proposal sistem untuk mendukung dasar analisis dan perancangan awal subsistemtertentu7.
 
Pembentukan tim untuk tujuan analisis dan perancangan awal sistem.Perencanaan diawali dari manajemen puncak dan berakhir pada pembentukan tim khusus yang bertugas melaksanakan analisis dan perancangan awal sistem.
 
2
Perencanaan Sistem Dan Manajemen Puncak 
Tugas utama pengembang sistem adalah mengkomunikasikan perencanaan strategis, faktor-faktor penentu kesuksesan dan tujuan-tujuan keseluruhan pada manajemen puncak.Pengembang sistem adalah profesional dan bertanggungjawab atas kesuksesan dan kegagalansistem. Pengembangan tidak dapat hanya dilakukan melalui komunikasi tertutup denganmanajemen puncak. Pengembang sistem harus menyelesaikan proyek melalui komunikasi berkelanjutan dengan manajemen selama proyek berlangsung.
Dewan Pengarah
Dewan pengarah mewakili manajemen puncak dan seluruh fungsi utama dalam organisasi.Tanggungjawab utamanya adalah memfokuskan kebutuhan perusahaan akan informasi sekarangdan masa mendatang. Dewan tersebut harus memiliki wakil dari manajemen puncak agar sistemcocok dengan perencanaan strategis perusahaan secara keseluruhan.Dewan pengarah bertanggungjawab terhadap perencanaan dan pengendalian pengembangansistem perusahaan secara keseluruhan. Dewan pengarah tidak harus terlibat dalam pelaksanaan proyek pengembangan sistem secara rinci. Proyek-proyek individual harus diawasi dan dikelolaoleh orang yang secara periodic memberikan laporan kepada dewan pengarah.
Pembuatan Tujuan-Tujuan Dan Batasan-Batasan Sistem
Perencanaan keseluruhan pembuatan tujuan-tujuan umum perusahaan dan tujuan-tujuan khusussubsistem dalam perusahaan haruslah efektif. Tujuan-tujuan umum meliputi tujuan-tujuanstrategis keseluruhan yang berkaitan dengan siklus perencanaan jangka panjang perusahaan.Rincian tujuan-tujuan strategisadalah tujuan-tujuan taktis.Pembuatan tujuan-tujuan khusus sistem sebelum pengembangan sangatlah penting. Karena tanpatujuan-tujuan tersebut sistem sulit dievaluasi secara lengkap serta analis dan perancang sistemsulit bekerja secara efisien.Selain itu, faktor-faktor penentu kesuksesan juga penting bagi perusahaan. Faktor-faktor iniadalah karakteristik-karakteristik yang membedakan perusahaan dari para pesaingnya danmerupakan kunci untuk mencapai kesuksesan.
Pembuatan Rencana Sistem Strategis
Rencana sistem strategis adalah dokumen tertulis yang berkaitan dengan sasaran jangka panjangdan jangka pendek pengembangan sistem perusahaan yang dihasilkan oleh dewan pengarah atauorang yang bertanggungjawab atas pengembangan sistem. Elemen kunci perencanaan harusmencakup :
 
3
 
Pernyataan menyeluruh berkaitan dengan faktor-faktor penentu kesuksesan perusahaan dantujuan-tujuan keseluruhan.
 
Deskripsi sistem di perusahaan yang membutuhkan pengembangan.
 
Pernyataan mengenai prioritas yang menunjukan area mana yang merupakan prioritastertinggi.
 
Garis besar sumber daya yang dibutuhkan, mencakup biaya, kepegawaian dan peralatan.
 
Kerangka waktu tentatif untuk pengembangan sistem khusus.
Identifikasi Proyek Individual Untuk Menentukan Prioritas
Penetapan prioritas merupakan hal yang penting, karena sumber daya keuangan sering kaliterbatas. Peringkat prioritas proyek harus dilakukan dengan cara yang sama dengan penganggaran modal. Manfaat khusus proyek harus didefinisikan dan biaya harus diestimasikanmendekati kenyataan dan dinyatakan dalam anggaran keuangan yang dibuat seakurat mungkin.
Pembuatan Proposal Proyek Sistem
Proposal proyek sistem harus dibuat sebagai anggaran proyek tentatif dan harus mencakupestimasi biaya pelaksanaan analisis dan perancangan awal sistem serta harus memuat tujuan-tujuan keseluruhan dan estimasi awal biaya, juga manfaat proyek.
Pelaksanaan Proyek Sistem
Dalam pelaksanaan proyek sistem, umumnya diperlukan manajemen, akuntan, pemakai sistem, pemrogram computer dan berbagai jenis keahlian teknis pendukung lainnya. Hal yang pentingdalam pelaksanaan proyek sistem adalah adanya komunikasi antar anggota tim pengembangansistem, pemakai sistem yang sedang dikembankan dan manajemen puncak atau dewan pengarahagar tidak ada hal yang mengejutkan pada saat proyek pengembangan diselesaikan.
Langkah-Langkah Analisis Sistem
Tahap 1: Survey Sistem Berjalan
Tujuan survey sistem, yaitu :1.
 
Memperoleh pemahaman mengenai aspek-aspek operasional sistem2.
 
Menetapkan hubungan kerja dengan pemakai sistem3.
 
Mengumpulkan data penting yang bermanfaat dalam pembuatan rancangan sistem4.
 
Mengidentifikasikan masalah-masalah spesifik yang membutuhkan perhatian pada saatdilakukan perancangan selanjutnyaKesuksesan atau kegagalan proyek pengembangan akan sangat bergantung pada kualitashubungan antara tim pengembangan dengan individu-individu yang bekerja di lingkungansistem.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->