Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
316Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Sosiologi Politik

Sosiologi Politik

Ratings:

4.67

(12)
|Views: 37,842 |Likes:
Published by jonrach223

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: jonrach223 on Mar 10, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/11/2013

pdf

text

original

 
 
Oleh :DRS. MARJONI RACHMAN, M.Si
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945
S A M A R I N D A
 
 1
BAB IPENDAHULUANA. Latar Belakang
Jika kita mempelajari ilmu-ilmu sosial, maka kita akan mempunyaikesimpulan yang sama tentang obyek dari ilmu-ilmu sosial tersebut, yaitubahwa semua ilmu sosial pada hakikatnya mempunyai obyek yang samayakni masyarakat. Masyarakat merupakan sekumpulan individu yangtinggal dalam suatu wilayah yang membentuk suatu komunitas di dalamkehidupan sosial. Kumpulan individu yang membentuk komunitastersebut mempunyai karakteristik tersendiri yang membedakan antaramasyarakat yang satu dengan masyarakat lainnya.Ilmu-ilmu sosial mencoba memahami, menelaah, meneliti, mencaripersamaan dan perbedaan antara masyarakat yang satu dengan yanglain. Ilmu sosial mencoba memahami perilaku individu dalam masyarakatdan sebaliknya perilaku masyarakat sebagai kumpulan individu dengankelompok masyarakat lainnya. Ilmu sosial mencoba memahami, menelitidan menemukan perbedaan serta persamaan interaksi individu dalammasyarakat dan interaksi masyarakat dengan kelompok masyarakatlainnya.Dari uraian di atas, maka akan timbul pertanyaan : dimana letakperbedaan antara ilmu sosial yang satu dengan ilmu sosial lainnya ?
 
 2Perbedaannya adalah terletak pada dimensi atau sudut pandang yangdigunakan oleh masing-masing ilmu sosial untuk memahami, menelaahdan mencermati masyarakat itu secara khusus. Ilmu Ekonomi mencobamemahami kehidupan individu dan masyarakat dalam usahanyamemenuhi kebutuhan hidup mereka. Usaha-usaha tersebut merupakanusaha manusia dalam memproduksi, mendistribusikan dan mengkonsumsibarang dan jasa yang terbatas dalam masyarakat.Sementara itu Ilmu Politik memahami tentang hak dan wewenang,kekuasaan, proses pembuatan keputusan dalam masyarakat serta konflikyang terjadi sebagai akibat dari distribusi dan alokasi barang dan jasayang dianggap mempunyai nilai oleh masyarakat menjadi tidak seimbang.Sedangkan sosiologi mencoba memahami tentang struktur sosial,lembaga sosial, lapisan sosial, perubahan sosial, interaksi sosial, mobilitassosial dan modernisasi.Dari uraian tersebut di atas maka timbul pertanyaan baru apakahketiga disiplin ilmu tersebut, yaitu sosiologi, politik dan ekonomimempunyai hubungan satu sama lain ? Jika ada bagaimana bentukhubungan itu ? Apakah hubungan tersebut hanya sekedar kesamaanobyek yang diteliti ?Disiplin ilmu sosiologi, politik dan ekonomi mempunyai hubungansatu sama lain. Ketiga disiplin ilmu tersebut saling memberikan dukunganbail pada tingkat teoritis maupun pada tingkatan implementasinya.Hubungan ketiganya dapat dijelaskan sebagai berikut.

Activity (316)

You've already reviewed this. Edit your review.
Alif Arhohim liked this
Alif Arhohim liked this
idasiskandar liked this
Lia Jayanti liked this
Saean Hufron liked this
Misbah Jepot added this note
thanks to
Baguz Chareny Adzha added this note
thanks Sob.,,,
Herman CoOl liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->