Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah Akuntansi Syariah I

Makalah Akuntansi Syariah I

Ratings: (0)|Views: 122 |Likes:
Published by Firman_Changea_4098
makalah
makalah

More info:

Categories:Types, Reviews
Published by: Firman_Changea_4098 on Mar 20, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/08/2013

pdf

text

original

 
BAB I PENDAHULUANA.Latar Belakang
Sejarah perkembangan akuntansi yaitu bagian dari ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan masalah hukum alam dan perhitungan yang bersifatmemiliki kebenaran yang absolut. Namun untuk sejauh ini masyarakat di sekita belum sepenuhnya memahami akan pengaplikasian akuntansi di lingkungan daricara penempatannya.Pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun 2011 yang relatif cukup tinggiserta stabilitas nilai tukar rupiah dan inflasi yang terkendali memberikan kondisiyang kondusif bagi dunia usaha. Hal ini memberikan dampak kepada peningkatan aset, simpanan dan penyaluran dana sehingga fungsi intermediary perbankan syariah yang tercermin dari Financing to Deposit Ratio (FDR) masihterjaga dengan baik, selain permodalan dan profitabilitas industri perbankansyariah juga tetap terpelihara dengan cukup baik. Kualitas pembiayaan jugarelatif lebih baik , walaupun nominal pembiayaan bermasalah sempat meningkatnamun akselerasi pembiayaan dan penyisihan aktiva pembiayaan yang cukup besar mampu menekan dan mengendalikan rasio Non Performing Financing(NPF). Selain itu, aktifitas inovasi produk dan layanan perbankan Syariah terus berlangsung. Bank Indonesia selama tahun 2011 telah memberikan penegasankepada 26 laporan produk baru. Hal ini akan semakin meningkatkan akselerasidan penerimaan masyarakat terhadap bank syariah.Akunntansi merupakan salah satu pokok materi kehidupan keseharian kita.Berkenaan dengan prospek ekonomi ke depan, diharapkan kondisi perekonomianglobal yang masih belum pulih tidak akan begitu berpengaruh terhadap perekonomian domestic seiring dengan perbaikan produktifitas dan efisiensi perekonomian domestik. Bagi perbankan syariah, prospek ekonomi tersebut akansemakin mendorong pertumbuhan industri ke depan khususnya melalui: (i)
 
 potensi pasar yang masih besar yang belum tergarap sepenuhnya seiring denganmembaiknya pendapatan perkapita masyarakat , (ii) ekspektasi investasi asingsetelah tercapainya peringkat investment grade bagi Indonesia sekaligusmenurunkan risk premium Indonesia dalam industri keuangannya di matainternasional; (iii) kuatnya sektor konsumsi domestik, kinerja investasi dan (iv)keberhasilan program promosi dan edukasi publik tentang perbankan syariah.
B.Rumusan Masalah
Berdasarkan pada uraian latar belakang di atas, penulis dapat mengangkat permasalahan dalam makalah ini yaitu “bagaimana perkembangan akuntansisyariah hingga sekarang?”
C.Tujuan Penulisan
Berdasarkan permasalahan di atas, maka penulis merasa perlumencantumkan tujuan dalam penulisannya agar penulisan makalah ini lebihterarah pada sasaran yang akan dicapai. Tujuan penulisan tersebut yakni untuk mendapatkan gambaran yang pasti tentang perkembangan akuntansi syariahhingga sekarang.
D. Manfaat Penulisan
Ada beberapa manfaat yang penulis harapkan dalam penulisan makalah iniyaitu sebagai berikut.1.Meningkatkan wawasan dan pengetahuan tentang perkembanganakuntansi syariah.2.Sebagai bahan bacaan dan acuan bagi diri sendiri, rekan-rekan, sertagenerasi yang akan datang.2
 
BAB II PEMBAHASANA.Perkembangan Akuntansi Syariah
Pada awalnya akuntansi merupakan bagian dari ilmu pasti yaitu bagiandari ilmu pengetahuan yang berhubunggan dengan masalah hokum alam dan perhitungan yang bersifat kebenaran absolute. Penemuan metode baru dalamakuntansi selalu mengalami penyesuaian dengan kondisi tertentu sehingga dalam perkembanggan selanjutnya ilmu akuntansi lebih cenderung dengan ilmu social.Islam juga memandang akuntansi tidak hanya sekedar ilmu yang bebas menilaiuntuk melakukan pencatatan dan pelaporan saja, akan tetapi sebagai alat untuk menjalankan nilai-nilai islam sesuai ketentuan syariah. Negara madinah merupakan letak awal perkembangan islam yaitu padatahun 622 m atau tahun 1 H. Hal ini didasari oleh konsep bahwa seluruh muslimadalah bersaudara tanpa memandang ras, suku, warna kulit, dan golongan lainnya,sehingga kegiatan kenegaraan dilakukan secara gotong royong atau kerja samakarnanya Negara tersebut tidak memiliki pemasukan dan pengeluaran.Bentuk sekertariat didirikan akhir tahun 6 H Nabi Muhammad SAW bertindak sebagai kepala Negara dan juga sebagai ketua Mahkama Agung. Mufti besar dan panglima perang tertinggi bertindak sebagai penanggung jawabadministrasi Negara.Pada abad 7 rasul mendirikan baitul maal. Fungsinya sebagai penyimpanan ketika adanya pembayaran wajib zakat dan usur (pajak pertaniandari muslim) dan adanya perluasan wilayah atau jizia yaitu pajak perlindungandari non muslim, dan juga adanya kharaj yaitu pajak pertanian, non muslim. Nabitelah menunjukan petugas qadi (banyak) yaitu sejumlah 42 orang di bagi menjadilima bagian yaitu :
Sekretaris pernyataan3

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->