Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
1Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Hukum Dan HAM Dalam Islam

Hukum Dan HAM Dalam Islam

Ratings: (0)|Views: 131|Likes:
Published by Nanda Khalisa
Nanda Khalisa
Nanda Khalisa

More info:

categoriesTypes, School Work
Published by: Nanda Khalisa on Mar 20, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

02/14/2014

pdf

text

original

 
Hukum dan HAM Dalam IslamA.
 
Hukum islam merupakan bagian dari agama Islam.
Hukum islam adalah hukum yang bersumber dan menjadi bagian dari agama islam. Dasar dan kerangka hukum islam ditetapkan oleh Allah.Hukum islam mengatur hubungan manusia dengan Allah, hubungan manusia dengandirinya sendiri, hubungan manusia dengan manusia yang lain serta hubungan manusiadengan lingkungannya.Hukum islam dikatakan sebagai bagian dari agama islam karena hukum islam ditetapkanol
eh Allah melalui wahyu nya dalam Al Qur’an dan dijelaskan dalam sunah rasul.
 Dengan mengikuti sistematik iman, islam, dan ikhsan yang berasal dari hadis Nabi MuhammadSAW, kerangka dasar agama islam terdiri atas akidah, syariah, dan akhlak.1.
 
AkidahAkidah adalah iman, keyakinan yang menjadi pegangan hidup setiap pemeluk agamaislam. Pembahasan tentang akidah dilakukan oleh ilmu tersendiri yang disebut ilmukalam yakni ilmu yang membahas tentang akidah atau ilmu tauhid yang membahastentang keesaan Allah. Akidah islam sebagaimana yang tercantum dalam Al quran dan AlHadis yang memuat sunnah Nabi Muhammad perlu dirinci lebih lanjut oleh orang yangmemenuhi syarat agar dapat dijadikan pegangan oleh umat islam.2.
 
SyariahSyariah adalah seperangkat norma ilahi yang mengatur hubungan manusia dengan Allah,hubungan manusia dengan manusia lain, serta hubungan manusia dengan alam. Normailahi yang mengatur hubungan itu berupa kaidah ibadah dan kaidah muamalah. Kaidahibadah adalah norma yang mengatur cara dan tata cara manusia berhubungan langsungdengan tuhan. Pembahasan mengenai kaidah ibadah antara lain thaharah, shalat, zakat, puasa, dan haji. Sedangkan kaidah muamalah adalah norma yang mengatur hubunganmanusia dengan manusia lain serta hubungan manusia dengan alamnya. Pada kaidahmuamalah hanya pokok-pokok nya saja ditentukan dalam Al quran dan sunnah Nabi
 
Muhammad, sedangkan perinciannya dapat diatur oleh akal manusia sesuai dengankondisi tertentu. Sebagai contoh dapat dikemukakan misalnya mengenai laranganmembunuh, merampok, dan mencuri sealain diatur dalam Al quran, larangan tersebut juga diatur dalam undang-undang.3.
 
Akhlak Akhlak berasal dari kata khuluk yang berart perangai, sikap, tingkah laku, watak, atau budi pekerti manusia terhadap penciptanya dan sesama manusia. Mengenai sikap
terhadap Allah ilmu yang mempelajarinya disebut ‘ilmu tasawuf’
. mengenai ilmu yangmempelajari tentang sikap manusia terhadap makhluk yang sesama manusia disebut ilmuakhlak. Sedangkan akhlak terhadap bukan manusia misalnya lingkungan dapat dilakukandengan menyadari bahwa semua yang terdapat di langit dan di bumi beserta seluruhisinya adalah anugrah Allah kepada manusia yang harus dijaga kelestariannya.B.
 
Ruang Lingkup Hukum IslamHukum islam tidak membedakan (dengan tajam) antara hukum perdata dengan hukum publik. Ini disebabkaan karena menurut sistem hukum islam pada hukum perdata terdapatsegi-segi publik dan pada hukum publik ada segi perdatanya.Hukum perdata islam adalah:1.
 
MunakahatYaitu mengatur tentang perkawinan, perceraian serta akibat-akibatnya.2.
 
WirasahYaitu yang mengatur segala masalah yang berhubungan dengan pewaris, ahli waris,harta peninggalan serta pembagian waarisan.3.
 
MuamalatYaitu yang mengatur masalah kebendaan dan hak-hak atas benda, tata hubunganmanusia dalam soal jual-beli, sewa-menyewa, pinjam-meminjam, dan sebagainya.Hukum publik islam adalah:1.
 
Jinayat
 
Yaitu yang memuat aturan-aturan mengenai perbuatan-perbuatan yang diancam
dengan hukuman baik dalam jarimah hudud maupun dalam jarimah ta’zir.
 2.
 
Ah-ahkam as-sulthaniyahYaitu yang membicarakan persoalan yang berhubungan dengan kepala Negara, pemerintahan, baik pemerintah pusat maupun daerah, tentara, pajak, dan sebagainya.3.
 
Siyar Yaitu mengatur urusan perang dan damai, tata hubungan dengan pemeluk agama dan Negara lain4.
 
MukhasamatYaitu mengatur soal peradilan, kehakiman, dan hukum acara.C.
 
Tujuan Hukum IslamSecara umum tujuan hukum islam adalah kebahagiaan hidup manusia didunia dan diakhirat kelak. Tujuan hukum islam dapat dilihat dari dua segi yakni:1.
 
Segi pembuat hukum islam yaitu Allah dan Rasul-Nya.Tujuan hukum islam adalah:a.
 
Untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia yang bersifat primer, sekunder, dantersier. Dalam hukum islam masing-masing disebut dengan istilah
daruriyyat,hajjiyat, tahsiniyyat.
  b.
 
Untuk ditaati dan dilaksanakan oleh manusia dalam kehidupan sehari-hari.c.
 
Supaya dapat ditaati dan dilaksanakan dengan baik dan benar.2.
 
Segi manusia yang menjadi pelaku dan pelaksanaan hukum islam.Tujuan hukum islam adalah untuk mencapai kehidupan yang bahagia dan sejahteradengan cara melaksanakan sesuatu yang bermanfaat dan menjauhi perbuatan yangdapat menimbulkan dosa. Namun tujuan utama hukum islam adalah:1.
 
Pemeliharaan AgamaHal tersebut merupakan tujuan utama dalam hukum Islam sebab agamamerupakan pedoman hidup manusia yang memiliki komponen akidah, sariah dan

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->