Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
1Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Perdarahan pasca persalinan

Perdarahan pasca persalinan

Ratings: (0)|Views: 178|Likes:
Published by laeliyah

More info:

Published by: laeliyah on Mar 21, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

11/21/2013

pdf

text

original

 
1
BAB IPENDAHULUAN1.1
 
Latar BelakangHemoragia postpartum (perdarahan postpartum) adalah hilangnyadarah lebih dari 500 ml dalam 24 jam pertama setelah lahirnya bayi(William, 1981). Namun, menurut Dongoes (2001), perdarahanpostpartum adalah kehilangan darah lebih 500 ml selama atau setelahmelahirkan.Dengan pengukuran kuantitatif, ternyata batasan tersebut tidak terlalu tepat , karena terbukti bahwa darah yang keluar pada persalinanpervaginam umumnya lebih dari 500 ml, dan ini merupakan salah satupenyebab mortalitas pada ibu.Perdarahan postpartum dapat dibagi menjadi dua.1.
 
Perdarahan postpartum awal (sampai 24 jam setelah kelahiran)2.
 
Perdarahan postpartum lambat (sampai 28 jam setelah kelahiran)1.2
 
Rumusan Masalah1.
 
Apa saja penyebab perdarahan postpartum? Serta gejala yangmenyertainya?2.
 
Bagaimana penatalaksanaan perdarahan postpartum?3.
 
Bagaimana asuhan keperawatan pada ibu nifas dengan perdarahan?1.3
 
Tujuan1.
 
Mengetahui apa saja penyebab perdarahan postpartum serta gejalayang menyertainya.2.
 
Mengetahui dan dapat menerapkan penatalaksanaan perdarahanpostpartum.3.
 
Dapat menerapkan asuhan keperawatan pada ibu nifas denganperdarahan dalam pelaksanaan profesi keperawatan.
 
2
BAB IITINJAUAN TEORI2.1
 
Perdarahan PostpartumPerdarahan ini bisa terjadi segera begitu ibu melahirkan. Terutama di dua jam pertama yang kemungkinannya sangat tinggi. Itulah makanya, selama 2 jampertama setelah bersalin, ibu belum boleh keluar dari kamar bersalin dan masihdalam pengawasan. Yang diperhatikan adalah tinggi rahim, ada perdarahan atautidak, lalu tekanan darah dan nadinya. Kalau terjadi perdarahan, maka tinggirahim akan bertambah naik, tekanan darah menurun, dan denyut nadi ibu menjadicepat. Normalnya, tinggi rahim setelah melahirkan adalah sama dengan pusar atau1 sentimeter di atas pusar. Adakalanya perdarahan yang terjadi tidak terlihatkarena darah mengumpul di rahim, jadi begitu keluar akan keluar cukup deras. Inisangat berbahaya karena bisa mengakibatkan kematian.Ada pula perdarahan postpartum yang baru terjadi di hari kedua atauketiga. Gejalanya sama. Itulah mengapa, setelah melahirkan ibu perlu dirawatselama 2 hari untuk memantau ada tidaknya perdarahan, dengan menilai tensidarah dan nadinya. Perdarahan pascapersalinan adalah kehilangan darah lebih dari500ml melalui jalan lahir yang terjadi selama atau setelah persalinan kala III.Perkiraan kehilangan darah biasanya tidak sebanyak yang sebenarnya, kadang-kadang hanya setengah dari yang sebenarnya. Darah tersebut tercampur dengancairan amnion atau dengan urin. Volume darah yang hilang juga bervariasiakibatnya sesuai dengan kadar hemoglobin ibu. Seseorang ibu dengan kadarhemoglobin normal akan dapat menyesuaikan diri terhadap kehilangan darah yangakan berakibat fatal pada yang anemia.Perdarahan pascapersalinan adalah sebab penting kematian ibu;1/4kematian ibu yang disebabkan oleh perdarahan ( perdarahan pascapersalinan,placenta previa, solutio plasenta, kehamilan ektopik, abortus, dan ruptura uteri)disebabkan oleh perdarahan pascapersalinan. Selain itu, pada keadaan dimana
 
3
perdarahan pascapersalinan tidak mengakibatkan kematian, kejadian ini sangatmempengaruhi morbiditas nifas karena anemia dapat menurunkan daya tahantubuh. Perdarahan pascapersalinan lebih sering terjadi pada ibu-ibu di Indonesiadibandingkan dengan ibu-ibu di luar negeri.1.
 
Klasifikasi klinisPerdarahan pascapersalinan di bagi menjadi perdarahan pascapersalinanprimer dan sekunder.a.
 
Perdarahan pascapersalinan primer (
 Early Postpartum Haemorrhage
atauperdarahan pascapersalinan segera). Perdarahan pascapersalinan primerterjadi dalam 24 jam pertama. Penyebab utama perdarahan pascapersalinanprimer adalah atonia uteri, retensio plasenta, sisa plasenta, dan robekan jalan lahir. Terbanyak dalam 2 jam pertama.b.
 
Perdarahan pascapersalinan sekunder (
 Late Postpartum Haemorrhage
,atau perdarahan masa nifas, atau perdarahan pascapersalinan lambat).Perdarahan pascapersalinan sekunder terjadi setelah 24 jam pertama.Penyebab utama perdarahan pascapersalinan sekunder adalah robekan jalan lahir dan sisa plasenta atau membran.2.
 
Penyebab perdarahan pascapersalinana.
 
Atonia uteriMerupakan penyebab utama terjadinya perdarahanpascapersalinan. Pada atonia uteri, uterus gagal berkontraksi dengan baik setelah persalinan.Predisposisi atonia uteri :1)
 
Grandemultipara2)
 
Uterus yang terlalu regang (hidramnion, hamil ganda, anak besar(BB>4000gr))3)
 
Kelainan uterus(uterus bicornis, mioma uteri, bekas operasi)4)
 
Plasenta previa dan solutio plasenta(perdarahan antepartum)

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->