Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Sistem Pengapian Sepeda Motor

Sistem Pengapian Sepeda Motor

Ratings: (0)|Views: 450 |Likes:
Published by Mulyo Utomo

More info:

Published by: Mulyo Utomo on Mar 22, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/17/2013

pdf

text

original

 
 
 
 SISTEM PENGAPIAN (IGNITION SYSTEM)
 A. PENDAHULUAN
Sistem pengapian pada motor bensin berfungsi mengatur prosespembakaran campuran bensin dan udara di dalam silinder sesuai waktuyang sudah ditentukan yaitu pada akhir langkah kompresi. Permulaanpembakaran diperlukan karena, pada motor bensin pembakaran tidakbisa terjadi dengan sendirinya. Pembakaran campuran bensin-udarayang dikompresikan terjadi di dalam silinder setelah busi memercikkanbunga api, sehingga diperoleh tenaga akibat pemuaian gas (eksplosif)hasil pembakaran, mendorong piston ke TMB menjadi langkah usaha.Agar busi dapat memercikkan bunga api, maka diperlukan suatu systemyang bekerja secara akurat. Sistem pengapian terdiri dari berbagaikomponen, yang bekerja bersama-sama dalam waktu yang sangatcepat dan singkat.
B. SYARAT-SYARAT SISTEM PENGAPIAN
Ketiga kondisi di bawah ini adalah merupakan syarat pentingyang harus dimiliki oleh motor bensin, agar mesin dapat bekerja denganefisien yaitu:1. Tekanan kompresi yang tinggi.2. Saat pengapian yang tepat dan percikan bunga api yang kuat.3. Perbandingan campuran bensin dan udara yang tepat.Agar sistem pengapian bisa berfungsi secara optimal, makasistem pengapian harus memiliki kriteria seperti di bawah ini:1. Percikan Bunga Api Harus KuatPada saat campuran bensin-udara dikompresi di dalam silinder,maka kesulitan utama yang terjadi adalah bunga api meloncat di antaracelah elektroda busi sangat sulit, hal ini disebabkan udara merupakantahanan listrik dan tahanannya akan naik pada saat dikompresikan. Tegangan listrik yang diperlukan harus cukup tinggi, sehingga dapatmembangkitkan bunga api yang kuat di antara celah elektroda busi. Terjadinya percikan bunga api yang kuat antara lain dipengaruhioleh pembentukan tegangan induksi yang dihasilkan oleh systempengapian. Semakin tinggi tegangan yang dihasilkan, maka bunga apiyang dihasilkan bisa semakin kuat. secara garis besar agar diperolehtegangan induksi yang baik dipengaruhi oleh faktor-faktor berikut ini:
 
a. Pemakaian koil pengapian yang sesuaib. Pemakaian kondensor yang tepatc. Penyetelan saat pengapian yang sesuaid. Penyetelan celah busi yang tepate. Pemakaian tingkat panas busi yang tepatf. Pemakaian kabel tegangan yang tepat2. Saat Pengapian Harus TepatSaat pengapian dari campuran bensin dan udara adalah saatterjadinya percikan bunga api busi beberapa derajat sebelum Titik MatiAtas (TMA) pada akhir langkah kompresi. Saat terjadinya percikanwaktunya harus ditentukan dengan tepat supaya dapat membakardengan sempurna campuran bensin dan udara agar dicapai energimaksimum.Setelah campuran bahan bakar dibakar oleh bunga api, makadiperlukan waktu tertentu bagi api untuk merambat di dalam ruanganbakar. Oleh sebab itu akan terjadi sedikit keterlambatan antara awalpembakaran dengan pencapaian tekanan pembakaran maksimum.
 
Dengan demikian, agar diperoleh
 
output maksimum pada enginedengan
 
tekanan pembakaran mencapai titik tertinggi (sekitar 10
0
 sebelum TMA), periode perambatan api harus diperhitungkan padasaat menentukan
 
saat pengapian (ignition timing).
 
 
Gb.1 Batas TMA dan TMB Piston

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->