Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
7Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Laporan Hasil Praktikum Fisika Ayunan Sederhana

Laporan Hasil Praktikum Fisika Ayunan Sederhana

Ratings: (0)|Views: 4,915|Likes:

More info:

Published by: Aziz Fatchur Rachman on Mar 22, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

01/28/2014

pdf

text

original

 
LAPORAN HASIL PRAKTIKUM FISIKAAYUNAN SEDERHANA
OlehDIAN MARTA WIJAYAELISNA NUR RESTA MEIINTAN SETYA HANDAYANIMUHAMMAD AZIZ FATCHUR RACHMANTRI YADI
XII IPA 3DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAANSEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 PUTRI HIJAUKABUPATEN BENGKULU UTARA2013
 
 
I. Judul Ayunanan SederhanaII. TujuanMempelajari pengaruh massa (m), panjang tali (l), dengansimpangan (A) terhadap periode ayunan suatu bandulIII. Landasan TeoriBenda dikatakan bergerak atau bergetar harmonis jika bendatersebut berayun melalui titik kesetimbangan dan kembali lagikeposisi awal.Gerak Harmonik Sederhana adalah gerak bolak balikbenda melalui titik keseimbangan tertentu dengan beberapa getaranbenda dalam setiap sekon selalu konstan.Lintasan: 1-2-3-2-1Gerak harmonis sederhana yang banyak dijumpai dalamkehidupan sehari-hari adalah getaran benda pada pegas dangetaran pada ayunan sederhana. Besaran fisika yang terdapat padagerak harmonis sederhana adalah:Periode ( T ), Benda yang bergerak harmonis sederhana padaayunan sederhana memiliki periode atau waktu yang dibutuhkanbenda untuk melakukan satu getaran secara lengkap. Bendamelakukan getaran secara lengkap apabila benda mulai bergerakdari titik di mana benda tersebut dilepaskan dan kembali lagi ke titiktersebut.
 
Frekuensi getaran adalah jumlah getaran yang dilakukan olehsistem dalam satu detik, diberi simbol f. Satuan frekuensi adalah1/sekon atau s-1 atau disebut juga Hertz, Hertz adalah namaseorang fisikawan. Amplitudo, Pada ayunan sederhana, selain periode danfrekuensi, terdapat juga amplitudo. Amplitudo adalah perpindahanmaksimum dari titik kesetimbangan.Hubungan antara Periode dan Frekuensi Getaran, Dari definisiperiode dan frekuensi getaran di atas, diperoleh hubungan :Keterangan :T = periode, satuannya detik atau sekonf = frekuensi getaran, satuannya 1/detik atau s-1 atau HzGravitasi adalah gaya tarik-menarik yang terjadi antara semuapartikel yang mempunyai massa di alam semesta. Fisika modernmendeskripsikan gravitasi menggunakan Teori Relativitas Umumdari Einstein, namun hukum gravitasi universal Newton yang lebihsederhana merupakan hampiran yang cukup akurat dalamkebanyakan kasus. Sebagai contoh, bumi yang memiliki massayang sangat besar menghasilkan gaya gravitasi yang sangat besar untuk menarik benda-benda di sekitarnya, termasuk makhluk hidup,dan benda-benda yang ada di bumi. Gaya gravitasi ini juga menarikbenda-benda yang ada di luar angkasa, seperti bulan, meteor, danbenda angkasa lainnya, termasuk satelit buatan manusia.Beberapa teori yang belum dapat dibuktikan menyebutkanbahwa gaya gravitasi timbul karena adanya partikel gravitron dalamsetiap atom. Hukum gravitasi universal Newton dirumuskan sebagaiberikut:Setiap massa menarik massa titik lainnya dengan gaya segarisdengan garis yang menghubungkan kedua titik. Besar gaya tersebutberbanding lurus dengan perkalian kedua massa tersebut danberbanding terbalik dengan kuadrat jarak antara kedua massa titiktersebut.

Activity (7)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Laliluleloha liked this
Kaka Dani liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->