Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
3Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
fungsi etika dan moralitas dalam pelayanan kebidanan.docx

fungsi etika dan moralitas dalam pelayanan kebidanan.docx

Ratings: (0)|Views: 1,700 |Likes:
Published by Rus Ikuyz

More info:

Published by: Rus Ikuyz on Mar 22, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/22/2013

pdf

text

original

 
1
BAB IPENDAHULUANA.
 
Latar Belakang
Tuntutan terhadap kualitas pelayanan kebidanan semakin meningkatseiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dan era globalisasi.Pemahaman yang baik mengenai etika profesi merupakan landasan yang kuat bagi profesi bidan agar mampu menerapkan dan memberikan pelayanankebidanan yang profesional dalam melakukan profesi kebidanan, dan dalam berkarya di pelayanan kebidanan, baik kepada individu, keluarga danmasyarakat.Oleh karena itu, para bidan maupun calon bidan, harus mampumemahami kondisi masyarakat yang semakin kritis dalam memandangkualitas pelayanan kebidanan, termasuk pula ketidakpuasan dalam pelayanan.Etika dalam pelayanan kebidanan merupakan isu utama diberbagaitempat, dimana sering terjadi karena kurang pemahaman para praktisi pelayanan kebidanan terhadap etika. Pelayanan kebidanan adalah proses dari berbagai dimensi.Bidan sebagai praktisi pelayanan harus menjaga perkembangan praktik  berdasarkan /evidence based /Etika adalah penerapan dan proses dan teorifilsafat moral pada situasi nyata. Etilka dibagi menjadi tiga bagian, meliputi:Metaetika (etika); Etika atau teori moral; Etika praktik.Etika atau teori moral untuk memformulasikan prosedur ataumekanisme untuk memecahkan masalah etika. Etika praktik merupakan penerapan etika dalam praktik sehari-hari, dimana dalam situasi praktik ketika kecelakaan terjadi keputusan harus segera dibuat.Guna etika adalah memberi arah bagi perilaku manusa tentang: apayang baik atau buruk, apa yang benar atau salah, hak dan kewajiban moral(akhlak), apa yang boleh atau tidak boleh dilakukan.
 
2Kode etik suatu profesi adalah norma-norma yang harus diindahkanoleh setiap anggota didalam melaksanakan tugas profesinya dan dalamhidupnya di masyarakat.
B.
 
Tujuan Penulisan
Tujuan pembuatan makalah ini adalah :1.
 
Mengetahui pengertian etika, etiket, moral dan hukum.2.
 
Memahami sistematika etika.3.
 
Mengetahui fungsi etika dan moralitas dalam pelayanan kebidanan.
C.
 
Manfaat Penulisan
Manfaat dari penulisan makalah ini antara lain :1.
 
Mengetahui arti dari Etika, Etiket, moral serta tanggung jawab profesionalseorang bidan.2.
 
Mengetahui arti tentang hukum dalam profesional kebidanan.3.
 
Mengetahui fungsi dan tanggung jawab seoarng bidan profesional.
 
3
BAB IIPEMBAHASANA.
 
Pengertian Etika, Etiket, Moral dan Hukum1.
 
Etika
Istilah etika berasal dari bahasa Yunani kuno. Kata Yunani ethosdalam bentuk tunggal mempunyai arti kebiasaan-kebiasaan tingkah lakumanusia, adat, akhlak, waktu, perasaan, sikap dan cara berfikir. Dalam bentuk jamak ta etha mempunyai arti adat kebiasaan.Menurut filsuf Yunani Aristoteles, istilah etika sudah dipakai untuk menunjukkan filsafat moral. Sehingga berdasarkan asal usul kata, makaetika berarti: ilmu tentang apa yang biasa dilakukan atau ilmu tentangadat kebiasaan. Etika berasal dari bahasa Inggris Ethics, artinya pengertian, ukuran tingkah laku atau perilaku manusia yang baik, yaknitindakan yang tepat yagn harus dilaksanakan oleh manusia sesuai denganmoral pada umumnya.Etika berasal dari bahasa Latin Mos atau Mores (jamak), artinyamoral, yang berarti juga adat, kebiasaan, sehingga makna kata moral danetika adalah sama, hanya bahasa asalnya berbeda. Menurut KamusUmum Bahasa Indonesia (Poerwadarminta, 1953), Etika artinya ilmu pengetahuan tentang azas-azas akhlak (moral). Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia. (Depdikbud, 1988) etika mengandung arti:a.
 
Ilmu tentang apa yang baik dan apa yang buruk tentang hak dankewajiban moral. b.
 
Kumpulan asas atau nilai yang berkenaan dengan akhlak.c.
 
 Nilai mengenai benar dan salah yang dianut suatu golongan ataumasyarakat.Sedangkan Bertens merumuskan arti kata etika sebagai berikut:a.
 
Kata etika bisa dipakai dalam arti nilai-nilai dan norma-norma moralyang menjadi pegangan bagi seseorang atau suatu kelompok dalam

Activity (3)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Intan permata liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->