Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Pengertian Produksi

Pengertian Produksi

Ratings: (0)|Views: 55 |Likes:
Published by Hafiz Nurul Ikhsan
Economy
Economy

More info:

Categories:Types, Reviews
Published by: Hafiz Nurul Ikhsan on Mar 23, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/03/2013

pdf

text

original

 
Pengertian Produksi dan Teori Produksi
Dapat disimpulkan bahwa produksi adalah kegiatan menciptakan benda baru atau menambahnilai (kegunaan) suatu benda sehingga lebih bermanfaat dalam memenuhi kebutuhan.Kegiatan produksi itu sendiri merupakan kegiatan yang melewati proses atau tahapan. Proses produksi itu adalah proses penggabungan, dan pembentukan input (faktor-faktor produksi)menjadi output berupa barang atau jasa. Sedangkan teori produksi itu adalah teori yangmenggambarkan perilaku produsen dalam memproduksi barang dan jasa.
Faktor Produksi Dan Fungsi Produksi
Faktor Produksi
Faktor produksi dapat dibedakan menjadi faktor produksi tetap dan faktor produksivariabel. Faktor produksi tetap adalah faktor produksi yang tidak dapat diubah jumlahnyadalam waktu tertentu. Faktor produksi ini dapat diubah, tetapi dengan biaya yang besar dan biasanya dalam jangka waktu panjang. Sedangkan faktor produksi variabel adalah faktor  produksi yang dapat diubah dengan cepat dan dalam jangka waktu pendek.Keputusan-keputusan yang diambil oleh produsen berkaitan dengan penggunaanfaktor produksi dibedakan atas dua jangka waktu, yaitu jangka pendek dan jangka panjang.Jangka pendek adalah periode waktu di mana minimal terdapat satu faktor produksi yang bersifat tetap ditambah dengan satu atau beberapa faktor produksi variabel. Jangka panjangmerupakan periode waktu, di mana semua faktor produksi berubah. Dengan demikian dalam jangka panjang semua faktor produksi adalah variabel. Jadi konsep jangka waktu dalam halini tidak didasarkan pada periode waktu (hari, minggu, bulan dan tahun), tetapi merupakanistilah para pakar ekonomi untuk tetap atau berubahnya faktor produksi.
F
UNGSI
P
RODUKSI
Merupakan hubungan antara faktor-faktor produksi (tenaga kerja, tanah, modal dankeahlian keusahawanan) dan tingkat produksi yang diciptakan.
Q = f (K, L, R, T)
 
Q : jumlah produksi yang dihasilkan oleh berbagai jenis faktor produksi.K : jumlah modalL : jumlah tenaga kerjaR : kekayaan alamT : teknologi yang digunakan
 
Faktor produksi : inputJumlah produksi : output
A.
 
TEORI
 
PRODUKSI
 
DENGAN
 
SATU
 
FAKTOR 
 
BERUBAH
Teori produksi sederhana yang menggambarkan tentang hubungan antara tingkat produksisuatu barang dengan jumlah tenaga kerja yang digunakan untuk menghasilkan tingkat produksi barang. (Faktor produksi lain : tetap)
Hukum Hasil Lebih yang Semakin Berkurang(The Law of Diminshing Return)
Menyatakan bahwa:apabila faktor produksi yang dapat diubah jumlahnya (tenaga kerja) terus menerusditambah sebanyak satu unit, pada mulanya produksi total akan semakin banya pertambahannya, tetapi sesudah mencapai suatu tingkat tertentu produksi tambahanakan semakin berkurang dan akhirnya mencapai nilai negatif dan ini menyebabkan pertambahan produksi total semakin lambat dan akhirnya mencapai tingkat yangmaksimum kemudian menurun.
Asumsi yang berlaku:
1.Hanya ada satu unit input variabel, input yang lain tetap.2.Teknologi yang digunakan dalam proses produksi tidak berubah.
3.
Sifat koefisien produksi adalah berubah-ubah.
P
RODUKSI
T
OTAL
, P
RODUKSI
ATA
-
RATA
 
DAN
P
RODUKSI
M
ARGINAL
Produksi Total
TP ↔ Q = f(L, K)L : Tenaga kerja,K : Modal
 
Produksi Marginal
tambahan produksi yang diakibatkan oleh pertambahan satu tenaga kerja yangdigunakan.MP : produksi marginal
TP : pertambahan produksi total
L : pertambahan tenaga kerja
Produksi Rata-rata
produksi yang secara rata-rata dihasilkan oleh setiap pekerja.AP : produksi rata-rataTP : produksi totalL : tenaga kerja
B. T
EORI
 
PRODUKSI
 
DENGAN
 
DUA
 
FAKTOR 
 
BERUBAH
Kurva Produksi Sama (Isoquant)
kurva yang menggambarkan gabungan tenaga kerja dan modal yang akan menghasilkan satutingkat produksi tertentu.
Garis Biaya Sama (Isocost)
garis yang menggambarkan gabungan faktor produksi yang dapat diperoleh denganmenggunakan sejumlah biaya tertentu.
TEORI BIAYA (ONGKOS) PRODUKSI
B
IAYA
/O
NGKOS
P
RODUKSI
:
Semua pengeluaran yang dilakukan oleh perusahaan untuk memperoleh faktor produksidan bahan mentah yang akan digunakan untuk produksi.
 LTP  MP 
=
 LTP  AP 
=

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->