Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
FlowChart

FlowChart

Ratings: (0)|Views: 266 |Likes:
Published by Ra N Di
algoritma
algoritma

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Ra N Di on Mar 23, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/28/2013

pdf

text

original

 
FLOWCHART
BAB IPENDAHULUANI.1. PROGRAM DAN PROGRAMMING
Di dalam pengolahan data dengan komputer, kedudukan komputer hanyalah sebagai alat. Agar suatu masalah dapat diselesaikan dengan memakaikomputer, maka harus serangkaian instruksi untuk memecahkan masalah tersebutyang diberikan kepada komputer, sehingga komputer mampu bekerja menyelesaikanmasalah itu menurut instruksi – instruksi yang sudah ditentukan.Program adalah serangkaian instruksi yang disusun untuk menyelesaikansuatu pekerjaan dengan menggunakan komputer.Kegiatan yang berhubungan dengan pembuatan program disebut :PROGRAMMING.Programming dibagi dalam 5 (lima) tahap, yaitu :1.Mengerti persoalan yang akan diselesaikan.2.Menganalisa penyelesaian persoalan3.Menulis program dalam kertas coding4.Mencoba pelaksanaan program (test dengan komputer)5.Menyusun dokumentasiI.1.1. Mengerti persoalan yang akan diselesaikanTahap ini adalah langkah pertama yang harus ditempuh dalamprogramming. Tanpa mengerti persoalan apa yang akan dipecahkan, mustahilberhasil menyelesaikan kegiatan selanjutnya.Programmer mendapat bahan – bahan mengenai suatu persoalandari program spesification.Program specification berisi :
Job description : keterangan umum mengenai suatupersoalan dan apa yang akan dihasilkan dari program ini.
System Flowchart: menunjukkan file input dan output yangakan dipakai
dalam proses beserta medianya.
Input Lay-Out: keterangan mengenai isi file yang dipakaisebagai input. Antara alain tentang bentuk (lay-out), organisasi filedan sifat-sifat field.
1
 
FLOWCHART
Processing information : ketentuan – ketentuan mengenaiproses, rumus – rumus yang digunakan, syarat – syarat dan tindakan – tindakan yang berhubungan dengan suatu syarat.
Output lay-out: keterangan mengenai isis file yang dipakaisebagai output. Termasuk bentuk (lay-out) dan organisasi file.I.1.2. Menganalisa penyelesaian persoalanTahap ini yang menjadi pokok pembicaraan dalam buku ini. Dalamtahap ini disusun suatu cara menyelesaikan persoalan yang kita hadapi.Proses apa yang harus dilakukan, langkah mana yang harus diambil,pekerjaan apa yang harus dilaksanakan dengan menggunakan komputer untukmenyelesaikan suatu masalah. Urutan proses, pekerjaan maupun langkah-langkah tersebut, digambarkan dalam bagan yang disebut flowchart. Jadi didalam flowchart tergambar secara mendetail tiap langkah yang diinstruksikanprogrammer kepada komputer melalui program untuk menyelesaikan suatumasalah.I.1.3. Menulis program dalam kertas codingSetelah urutan langkah untuk menyelesaikan suatu persoalandigambarkan dalam flowchart, maka tiap langkah diwujudkan dalam bentukinstruksi kepada komputer. Bentuk instruksi mengikuti peraturan – peraturantertentu.Programming language adalah cara – cara menulis instruksi. Adabermacam – macam programming language dan masing – masing mempunyaiperaturan – peraturan yang berbeda.Programming language itu antara lain adalah : COBOL, FORTRAN,PL/I.I.1.4.
 
Mencoba pelaksanaan programProgram yang ditulis dalam tahap ketiga itu belum dapat diketahuibetul atau salah. Maka pada tahap keempat ini docoba melaksanakan programtadi dengan menggunakan data-data percobaan. Komputer akanmelaksanakan instruksi – instruksi yang tertulis dalam program.Jika cara menulis instruksi itu salah, komputer memberitahukanmengenai kesalahan tersebut dan proses tidak dilanjutkan.Jika hasil proses tidak seperti yang kita harapkan, berarti programbelum berhasil. Pada tahap ini kita lakukan perbaikan – perbaikan dari programyang masih belum berhasil sampai didapat hasil yang diingini.
2
 
FLOWCHARTI.1.5. Membuat DokumentasiJika program selesai dites dan tak ada kesalahan lagi berartiprogram telah mampu menangani persoalannya.Maka kegiatan terakhir dalam programming adalah membuatdokumentasi. Jika terjadi perubahan program (modifikasi), kemungkinan bukansi pembuat program yang harus merubahnya. Karenanya keterangan keterangan mengenai program tersebut perlu didokumentasikan.
I.2. PENTINGNYA ANALISA
Betul tidaknya program berarti berhasil atau tidak program itu memprosesdata. Proses berhasil apabila hasil proses seperti yang diinginkan. Hasil prosessangat tergantung pada jalannya proses. Jalannya proses ditentukan oleh urutaninstruksi – instruksi di dalam program. Penyusunan instruksi – instruksi itu tidak lainberdasarkan analisa pemecahan persoalan yang telah disebutkan tadi. Sebelummenulis program harus dipikirkan masak-masak akibat dari instruksi – instruksi, jugaurutan instruksi – instruksi terhadap hasil proses.Misalkan ada dua instruksi, instruksi A dan instruksi B. Apakah yang terjadibila instruksi A dilaksanakan lebih dulu dari B. Apakah hasilnya akan sesuai dengankeinginan kita. Atau justru untuk mencapai suatu keadaan tertentu dalam proses,langkah B mutlak harus lebih dulu dari langkah A.Pertimbangan pertimbangan dan pemikiran serupa itu mutlak harusdiambil sebelum penulisan program. Analisa yang baik menentukan sebagian besar keberhasilan program.
I.3. FLOWCHART
Flowchart adalah bagan yang menggambarkan urutan instruksi untukproses dengan komputer dan hubungan antara suatu proses dengan proses lainnya,dengan menggunakan simbol – simbol tertentu.System flowchart adalah suatu bagan dengan simbol simbol tertentuyang menggambarkan urutan prosedur dan proses dari suatu file di dalam suatumedia menjadi file di dalam media lain, dalam suatu sistem pengolahan data.Program flowchart adalah suatu bagan dengan simbol tertentu yangmenggambarkan urutan proses secara mendetail dan hubungan antara suatu proses(instruksi) dengan proses lainnya dalam suatu program. Dalam buku ini hanya akandipelajari program flowchart saja.
3

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->