Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword or section
Like this
31Activity
×

Table Of Contents

0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
BNSP

BNSP

Ratings:

5.0

(1)
|Views: 41,543|Likes:
Published by hotang

More info:

Published by: hotang on Mar 12, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

05/02/2013

pdf

text

original

 
PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIANOMOR 19 TAHUN 2005TENTANGSTANDAR NASIONAL PENDIDIKANDENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESAPRESIDEN REPUBLIK INDONESIA,Menimbang : bahwa dalam rangka melaksanakan ketentuan Pasal 35 ayat (4),Pasal 36 ayat (4), Pasal 37 ayat (3), Pasal 42 ayat (3), Pasal 43 ayat(2), Pasal 59 ayat (3), Pasal 60 ayat (4), dan Pasal 61 ayat (4)Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang SistemPendidikan Nasional, perlu menetapkan Peraturan Pemerintahtentang Standar Nasional Pendidikan;Mengingat : 1. Pasal 5 ayat (2) Undang-Undang Dasar Negara RepublikIndonesia Tahun 1945;2. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003tentang Sistem Pendidikan Nasional (Lembaran NegaraTahun 2003 Nomor 78 Tambahan Lembaran Negara Nomor4301);MEMUTUSKAN : . . .
 
 
- 2 -MEMUTUSKAN:Menetapkan: PERATURAN PEMERINTAH TENTANG STANDARNASIONAL PENDIDIKANBAB IKETENTUAN UMUMPasal 1Dalam Peraturan Pemerintah ini yang dimaksud dengan:1. Standar nasional pendidikan adalah kriteria minimal tentangsistem pendidikan di seluruh wilayah hukum Negara KesatuanRepublik Indonesia.2. Pendidikan formal adalah jalur pendidikan yang terstrukturdan berjenjang yang terdiri atas pendidikan dasar, pendidikanmenengah, dan pendidikan tinggi.3. Pendidikan nonformal adalah jalur pendidikan di luarpendidikan formal yang dapat dilaksanakan secara terstrukturdan berjenjang.4. Standar kompetensi lulusan adalah kualifikasi kemampuanlulusan yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan.5. Standar isi adalah ruang lingkup materi dan tingkatkompetensi yang dituangkan dalam kriteria tentangkompetensi tamatan, kompetensi bahan kajian, kompetensimata pelajaran, dan silabus pembelajaran yang harus dipenuhioleh peserta didik pada jenjang dan jenis pendidikan tertentu.6. Standar proses adalah standar nasional pendidikan yang berkaitan dengan pelaksanaan pembelajaran pada satu satuanpendidikan untuk mencapai standar kompetensi lulusan.7. Standar . . .
 
 
- 3 -7. Standar pendidik dan tenaga kependidikan adalah kriteriapendidikan prajabatan dan kelayakan fisik maupun mental,serta pendidikan dalam jabatan.8. Standar sarana dan prasarana adalah standar nasionalpendidikan yang berkaitan dengan kriteria minimal tentangruang belajar, tempat berolahraga, tempat beribadah,perpustakaan, laboratorium, bengkel kerja, tempat bermain,tempat berkreasi dan berekreasi, serta sumber belajar lain,yang diperlukan untuk menunjang proses pembelajaran,termasuk penggunaan teknologi informasi dan komunikasi.9. Standar pengelolaan adalah standar nasional pendidikan yang berkaitan dengan perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasankegiatan pendidikan pada tingkat satuan pendidikan,kabupaten/kota, provinsi, atau nasional agar tercapai efisiensidan efektivitas penyelenggaraan pendidikan.10. Standar pembiayaan adalah standar yang mengatur komponendan besarnya biaya operasi satuan pendidikan yang berlakuselama satu tahun.11. Standar penilaian pendidikan adalah standar nasionalpendidikan yang berkaitan dengan mekanisme, prosedur, daninstrumen penilaian hasil belajar peserta didik.12. Biaya operasi satuan pendidikan adalah bagian dari danapendidikan yang diperlukan untuk membiayai kegiatanoperasi satuan pendidikan agar dapat berlangsungnyakegiatan pendidikan yang sesuai standar nasional pendidikansecara teratur dan berkelanjutan.13. Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturanmengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yangdigunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatanpembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.14. Kerangka . . .

Activity (31)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
woodpaker liked this
Chilya Tuzz liked this
Dan Bhadoett liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->