Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
faktor

faktor

Ratings: (0)|Views: 60 |Likes:
Published by uchutzhu

More info:

Published by: uchutzhu on Mar 24, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/30/2013

pdf

text

original

 
faktor-faktor pemilihan metode tambang bawah tanah
FAKTOR-FAKTOR YANG HARUS DIPERHATIKAN DALAM PEMILIHAN METODE PENAMBANGANBAWAH TANAH1. DIMENSI ATAU UKURAN ENDAPAN DEPOSIT
 Pengertian :Dimensi atau ukuran endapan adalah geometri dari endapan bahan galian, yang meliputi volumeendapan (tebal endapan x luas endapan) dan bentuk endapan (urat bijih, lensa dan lodes serta placer). Alasan :Dimensi atau ukuran endapan dijadikan faktor yang harus diperhatikan dalam pemilihan metodepenambangan bawah tanah, karena dengan mengetahui ukuran endapan maka perancangan suatutambang bisa dilakukan misalnya metode yang digunakan untuk endapan dengan ukuran kecil akanberbeda dengan endapan ukuran besar, karena bila dilihat dari segi ekonomis, maka endapan denganukuran kecil kemungkinan tidak akan menggunakan penyangga sedangkan endapan ukuran besar kemungkinan akan menggunakan penyangga.
2. ARAH DAN KEMIRINGAN
 Pengertian:
 Arah penyebaran suatu endapan atau biasa disebut “strike” merupakan sudut horizontal yan
g dibentukoleh suatu endapan, yang umumnya diukur dari titik arah utara ke arah timur. Sedangkan kemiringan
biasa disebut “dip” yakni sudut vertikal yang dibentuk oleh suatu endapan, yang diukur dari arah bidang
horizontal terhadap kemiringan suatu endapan. Arah dan kemiringan memiliki satuan yang sama yaituderajat (o) dan diukur menggunakan kompas geologi. Alasan: Arah dan Kemiringan dijadikan faktor yang harus diperhatikan dalam pemilihan metode penambanganbawah tanah, karena kemiringan akan sangat berpengaru terhadap cara penambangan dan pembuatanlubang bukaan serta pengangkutan yakni apakah nantinya horizontal, vertikan atau miring.
3. KEDALAMAN ENDAPAN BIJIH DARI PERMUKAAN
 Pengertian:Kedalaman endapan bijih dari permukaan adalah jarak letak endapan bijih yang diukur dari permukaanke dalam bumi. Alasan:Kedalaman sangat penting karena akan digunakan sebagai data pertimbangan dalam menentukansistem penambangan maupun metode penambangan yang cocok digunakan. Hal ini berkaitan denganperhitungan striping ratio yaitu berapa over burden yang dikupas untuk mendapatkan satu ton endapanbijih. Dari striping ratio ini dapat ditentukan sistem penambangan yang digunakan. Sedangkanhubungannya dengan metode tambang tanah adalah berhubungan dengan penggunaan penyangga,yakni untuk endapan yang tidak terlalu dalam, beban dari atas kemungkinan tidak besar sehingga dalamkegiatan penambangannya juga tidak terlalu membutuhkan penyangga, namun di samping itu juga perlumemperhatikan kekuatan dan kekerasan batuan samping serta berat jenis dari batuan di atasnya.
4. UMUR TAMBANG
 Pengertian:Umur tambang adalah lamanya operasi penambangan atau waktu yang dibutuhkan untuk menambangsuatu endapan bahan galian dari suatu kegiatan penambangan, yang didapat dari pembagian jumlahcadangan endapan bahan galian yang ada dengan target produksi perusahaan tambang tersebut. Alasan:Berpengaruh terhadap biaya yang akan digunakan, yakni semakin lama umur tambang maka biayapenambangan juga akan semakin besar. Selain itu juga akan berpengaruh terhadap penggunaanpenyangga, misalnya untuk umur tambang yang lama kemungkinan akan menggunakan penyangga danuntuk umur tambang yang singkat jika melihat segi ekonomis, lebih baik tidak menggunakan penyangga(namun perlu memperhatikan geometri dan karakteristik endapan maupun batuan samping).
 
5. NILAI ENDAPAN
 Pengertian:Nilai Endapan adalah harga suatu endapan bijih di pasaran berdasarkan permintaan pasar. Dalam hal iniberhubungan dengan keuntungan yang akan diperoleh dari hasil penjualan suatu endapan setelahdikurangi dengan biaya penambangan, pengolahan sampai penjualan. Alasan:Nilai endapan akan berpengaruh terhadap layak tidaknya suatu endapan untuk ditambang serta akanberpengaruh terhadap metode penambangan yang akan diterapkan dengan memperhitungkan biayapembuatan penyangga jika harus menggunakan penyangga.
6. MODAL YANG TERSEDIA
 Pengertian:Modal yang tersedia adalah modal yang dimiliki oleh suatu perusahaan pertambangan dalam membiayaisemua kegiatan tambang, modal biasa berupa saham, pinjaman dan obligasi. Alasan:Modal yang tersedia sangat berpengaruh dalam pemilihan metode penambangan bawah tanah karena,biaya untuk membuat suatu metode penambangan harus di sesuaikan dengan biaya yang tersedia atauyang di miliki perusahaan.
7. LETAK ATAU POSISI ORE BODY
 Pengertian:Letak keberadaan suatu endapa bahan galian atau badan bujih di bawah permukaan bumi. Alasan:Letak atau posisi dari suatu badan bijih akan mennjadi dasar dalam pembukaan tambang. Karenadengan mengetahui letak/posisi akan mempermudah dalam menentukan metode penambangan yangtepat.
8. SIFAT FISIK/KIMIA DARI ORE BODY DAN COUNTRY ROCK
 Pengertian:Sifat fisik yang dimaksud adalah terutama kekerasan dan kekuatan bijih, sedangkan sifat kimia adalahkeasaman dan kebasaan suatu badan bijih dan country rock adalah batuan samping yang ada di sekitar endapan bijih. Alasan:Sifat kimia dan sifat batuan samping sangat berpengaruh dalam menentukan metode penambanganbawah tanah karena sifat kimia dan sifat fisik akan berhubungan dengan kestabilan dari badan bijihmaupun batuan samping jika dilakukan penggalian/penambangan sehingga dijadikan sebagaipertimbangan dalam menentukan metode penambangan apakah perlu menggunakan penyangga atautidak menggunakan penyangga.
9. SWELL FAKTOR
 Pengertian:Swell Faktor adalah factor pengembangan yakni perbandingan antara volume insitu dengan volumeloose dikali 100%.SF = Alasan:Material yang terdapat di alam dalam keadaan padat dan terkonsolidasi dengan baik, hanya sedikitruang
 –
ruang yang terisi udara di antara butir 
 –
butirnya, akan tetapi jika material tersebut digali dari tempataslinya maka akan terjadi pemuaian volume yang besarnya dinyatakan dengan swell faktor (SF). Olehkarena itu akan berpengaruh terhadap perhitungan jumlah produksi dan nantinya akan berkaitan denganpemilihan metode penambangan.
10. AIR TANAH
 Pengertian:
 
 Air tanah adalah air yang letaknya di antar butir-butir tanah atau lapisan pembawa air (aquifer) yangterdapat di dalam tanah membentuk suatu aliran air. Alasan: Adanya air tanah menambah beban pada bukaan dan adanya tekanan hidrostastis terutama padarekahan yang dapat menyebabkan kelongsoran, munculnya kebutuhan akan sistem penyaliran,sehingga perlu pertimbangan dalam pemilihan metode penambangan bawah tanah.
11. BIAYA PENAMBANGAN
 Pengertian:Biaya penambangan adalah biaya yang dibutuhkan dalam menjalankan seluruh kegiatan penambangan.Biaya penambangan dihitung dan diperkirakan dalam perencanaan tambang sesuai dengan modal yangtersedia. Alasan:Besarnya biaya yang akan digunakan pada penambangan akan berpengaruh terhadap pemilihan metodeyang akan diterapkan atau metode penambangan yang akan digunakan akan sangat tergantung padabiaya yang tersedia. Misalnya metode penambangan yang menggunakan penyangga akanmembutuhkan biaya yang lebih besar jika dibandingkan dengan metode yang tidak menggunakanpenyangga.
12. FASILITAS YANG TERSEDIA
 Pengertian:Fasilitas yang tersedia adalah fasilitas-fasilitas yang dimiliki oleh perusahaan dalam melaksanakan danmenunjang kegiatan
 –
kegiatan pertambangan serta fasilitas untuk kesehatan dan keselamatan pekerja. Alasan:Untuk mencapai target produksi serta menjaga agar proses penambangan dapat berjalan sesuai denganrencana, dengan biaya penambangan yang minimum dalam suatu kegiatan penambangan, maka dalammemilih metode penambangan bawah tanah harus disesuaikan dengan fasilitas
 –
fasilitas yang tersedia.
13. KECENDERUNGAN ORE UNTUK PECAH ATAU HANCUR
 Pengertian:Kecenderungan ore untuk pecah atau hancur adalah sifat fisik dari endapan bahan galian yangcenderung pecah atau hancur apabila mendapat beban, tekanan serta getaran karena adanya kegiatanpenambangan yang dilakukan. Alasan:Kecenderungan ore untuk pecah atau hancur sangat menentukan metode penambangan yang akanditerapkan, karena metode penambangan untuk endapan bijih yang mudah pecah atau hancur akanberbeda dengan endapan bijih yang tidak mudah pecah atau hancur. Misalnya endapan bijih yang mudahpecah atau hancur kemungkinan harus menggunakan penyangga sedangkan untuk endapan bijih yangtidak mudah pecah atau hancur tidak perlu menggunakan penyangga.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->