Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Keguruan

Keguruan

Ratings: (0)|Views: 47 |Likes:
hjghj
hjghj

More info:

Published by: Faris Imaba Pamekasan on Mar 24, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/29/2013

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUAN
PENGEMBANGAN SIKAP PROFESSIONAL GURU1.1
 
Latar Belakang Masalah
Guru adalah salah satu unsur manusia dalam proses pendidikan di sekolahsekaligus memegang tugas dan fungsi ganda, yaitu sebagai pengajar dan sebagai pendidik.Sebagai pengajar guru hendaknya mampu menuangkan sejumlah bahan pelajaran kedalam otak anak didik, sedangkan sebagai pendidik guru diharapkan dapat membimbingdan membina anak didik agar menjadi manusia susila yang cakap, aktif, kreatif, danmandiri (Deden, 2011). Namun demikian, untuk mengetahui keterlaksanaan tugas gurutersebut, diperlukan penilaian kinerja dengan kriteria-kriteria penilaian yang sesuai dengantujuan yang ingin dicapai.Penilaian terhadap kinerja guru merupakan suatu upaya untuk mengetahuikecakapan maksimal yang dimiliki guru berkenaan dengan proses dan hasil pelaksanaan pembelajaran yang dilaksanakannya atas dasar kriteria tertentu. Penilaian kinerja sebagaisuatu bentuk penilaian prestasi kerja guru atas dasar kecakapan-kecapakan ataukompetensi tertentu. Pada dasarnya penilaian kinerja bertujuan untuk mengukur tingkat pelaksanaan tugas pokok dan fungsi guru dalam melaksanakan tugas-tugas keguruan dannon keguruan. Tugas keguruan yaitu pelaksanaan proses pembelajaran, yang diawalidengan proses perencanaan, proses pelaksanaan pembelajaran, dan proses evaluasi,sedangkan tugas non keguruan antara lain keorganisasian dan pendidikan serta latihanmaupun kepemimpinan.Selain kinerja, sikap profesionalisme guru juga patut diperhatikan gunameningkatkan kinerja guru. Sikap yang baik tercermin dari pribadi yang baik pula, haltersebut erat kaitannya dengan kompetensi guru yaitu kompetensi kepribadian. Empatkometemsi guru (kepribadian, pedagogik, sosial, dan profesional) menjadi salah satusyarat seorang guru dapat dikatakan profesional.Profesionalisme guru seyogyanya menjadi
 springboard 
 bagi guru untuk terusmenerus menata komitmen melakukan perbaikan diri dalam rangka meningkatkankinerjanya. Peningkatan kinerja atas dorongan iklim organisasi yang baik diharapkanmampu meningkatkan efektivitas dan efisiensi kinerja guru di sekolah.Sejalan dengan peningkatan kinerja guru, sikap seorang guru yang baik dan sesuainorma juga hendaknya dilakukan dalam setiap perbuatan. Hubungan baik dengan pemimpin (kepala sekolah), sesama guru, dan tata usaha dalam lingkungan sekolahmerupakan salah satu penerapannya. Selain itu, keberadaan sarana dan prasarana yangmenunjang pelaksanaan kerja guru mutlak diperlukan demi kelancaran pelaksanaan tugas.Berdasarkan pemaparan tersebut, penulis tertarik untuk membuat makalah yang berjudul“Sikap dan Kinerja Profesional Guru”
 
1.2
 
Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah di atas dapat dirumuskan beberapa masalahsebagai berikut.1)
 
Apa yang dimaksud dengan sikap dan kinerja profesional guru?2)
 
Bagaimana sikap profesional guru?3)
 
Bagaimana kinerja profesional guru?
1.3
 
Tujuan Penulisan
Berdasarkan rumusan masalah di atas dapat dirumuskan beberapa tujuan penulisanmakalah ini yaitu sebagai berikut.1)
 
Untuk mengetahui sikap dan kinerja profesional guru2)
 
Untuk mengeahui sikap profesional guru3)
 
Untuk mengetahui kinerja profesional guru
1.4
 
Manfaat Penulisan
Adapun manfaat penulisan makalah ini adalah sebagai berikut.1)
 
Manfaat TeoretisMakalah ini diharapkan dapat memberi sumbangan teoretis terkait peningkatansikap dan kinerja profesional guru serta dapat menjadi sumber dalam pembuatan makalah-makalah terkait sikap dan kinerja profesional guru.2)
 
Manfaat Praktisa.
 
Bagi mahasiswa(1)
 
Mahasiswa sebagai calon guru mendapat pengalaman dalam membuat makalah sertamenambah wawasan terkait sikap dan kinerja profesional guru.(2)
 
Mahasiswa dapat mengetahui sikap dan kinerja profesional guru yang patut diterapkandi SD.(3)
 
Mahasiswa dapat menyiapkan diri sebagai calon guru dalam menunjujkan sikap dankinerja yang profesional. b.
 
Bagi guru(1)
 
Guru dapat lebih mengetahui sikap dan kinerja profesional yang hendaknya diterapkandi sekolah.(2)
 
Guru dapat menerapkan sikap dan kenerja guru yang profesional sesuai profesinya.(3)
 
Guru dapat menciptakan hubungan yang harmonis serta dapat meningkatkan kualitas profesinya.c.
 
Bagi penulis lainMakalah ini diharapkan dapat menjadi informasi berharga bagi para penulis gunamenciptakan tulisan yang lebih bermanfaat khususnya untuk bidang pendidikan.
 
BAB IIPEMBAHASAN
2.1
 
Pengertian Sikap dan Kinerja Profesional Guru2.1.1 Pengertian Sikap Profesional Guru
Guru sebagai pendidik profesional mempunyai citra yang baik di masyarakatapabila dapat menunjukkan sikap yang baik sehingga dapat dijadikan panutan bagilingkungannya, yaitu cara guru meningkatkan pelayanannya, meningkatkan pengetahuannya, memberi arahan dan dorongan kepada anak didiknya dan cara guru berpakaian, berbicara, bergaul baik dengan siswa, sesama guru, serta anggota masyarakat.Menurut Walgito (dalam Deden, 2011), sikap adalah gambaran kepribadianseseorang yang terlahir melalui gerakan fisik dan tanggapan pikiran terhadap suatukeadaan atau suatu objek, sedangkan Berkowitz (dalam Deden, 2011) mendefinisikan“sikap seseorang pada suatu objek adalah perasaan atau emosi, dan faktor kedua adalahrespon atau kecenderungan untuk bereaksi”. Sebagai reaksi, maka sikap selalu berhubungan dengan dua alternatif, yaitu senang (
like
) atau tidak senang (
dislike
),menurut dan melaksanakan atau menghindari sesuatu.Guru sebagai suatu profesi dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Pasal 1ayat (1) tentang guru dan dosen adalah pendidik profesional dengan tugas utamamendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar,dan pendidikan menengah. Lebih lanjut, Sagala (dalam Deden, 2011), menegaskan bahwa, guru yang memenuhi standar adalah guru yang memenuhi kualifikasi yangdipersyaratkan dan memahami benar apa yang harus dilakukan, baik ketika di dalammaupun di luar kelas.Dari pendapat para ahli di atas dapat disimpulkan, guru yang profesional adalahguru yang kompeten menjalankan profesi keguruannya dengan kemampuan tinggi. Untuk memahami beratnya profesi guru karena harus memiliki keahlian ganda berupa keahliandalam bidang pendidikan dan keahlian dalam bidang studi yang diajarkan, maka Kellough(dalam Deden, 2011) mengemukakan profesionalisme guru antara lain sebagai berikut.1. Menguasai pengetahuan tentang materi pelajaran yang diajarkan.2. Guru merupakan anggota aktif organisasi profesi guru, membaca jurnal profesional,melakukan dialog sesama guru, mengembangkan kemahiran metodologi, membinasiswa dan materi pelajaran.3. Memahami proses belajar dalam arti siswa memahami tujuan belajar, harapan-harapan, dan prosedur yang terjadi di kelas.4. Mengetahui cara dan tempat memperoleh pengetahuan.5. Melaksanakan perilaku sesuai sesuai model yang diinginkan di depan kelas.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->