Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
4Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Corpus Alienum Di Easophagus

Corpus Alienum Di Easophagus

Ratings: (0)|Views: 699|Likes:
Published by fauzanoe

More info:

Published by: fauzanoe on Mar 24, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

08/12/2013

pdf

text

original

 
Corpus Alienum Esophagus 2013
Teuku Fauzan Adzim08171074Fakultas Kedokteran Universitas Abulyatama Page 1
BAB IPENDAHULUAN1.1 Pendahuluan
Benda asing di suatu organ adalah benda yang berasal dari luar tubuh ataudari dalam tubuh yang dalam keadaan normal tidak ada. Dari semua kasus bendaasing yang masuk kedalam saluran cerna dan pernapasan anak-anak, sepertiga nyatersangkut di saluran pernapasan.
5
 Peristiwa tertelan dan tersangkutnya benda asing merupakan masalahutama anak usia 6 bulan sampai 6 tahun, dan dapat terjadi pada semua umur padatiap lokasi di esophagus, baik ditempat penyempitan fisiologis maupun patologisdan dapat pula menimbulkan komplikasi fatalakibat perforasi.
2
 Secara statistik, persentase aspirasi benda asing berdasarkan letaknyamasing-masingadalah; hipofaring 5%, laring/trakea 12%, dan bronkus sebanyak 83%. Kebanyakan kasusaspirasi benda asing terjadi pada anak usia <15 tahun;sekitar 75% aspirasi benda asing terjadi pada anak usia 1
 – 
3 tahun. Rasio laki-laki banding wanita adalah 1,4 : 1,3.
5
 70% dari 2394 kasus benda asing esophagus ditemukan di daerah servikal,dibawahsfingter kriko faring, 12 % didaerah hipofaring dan 7,7% didaerahesophagus torakal. Dilaporkan48% kasus benda asing yang tersangkut di daerahesofagogaster menimbulkan nekrosis tekanan atau infeksi lokal.
2
 Benda asing pada saluran pencernaan merupakan masalah klinis yangmemiliki tantangan tersendiri, meskipun belakangan ini telah terjadi kemajuan
 
Corpus Alienum Esophagus 2013
Teuku Fauzan Adzim08171074Fakultas Kedokteran Universitas Abulyatama Page 2
 besar dalam teknik anestesi dan instrumentasi,ekstraksi benda asing jalan napas bukanlah merupakan suatu prosedur yang mudah dan tetap memerlukanketerampilan serta pengalaman dari dokter yang melakukannya.
4
1.2 Batasan Masalah
Batasan penulisan ini membahas mengenai definisi, epidemiologi, etiologi, pathogenesis, dan tatalak 
sana “Corpus alienum esophagus”
.
1.3 Tujuan Penulisan
Penulisan ini bertujuan untuk menambah pengetahuan penulisan tentang
“Corpus alienum
 
esophagus”.
 
1.4 Metode Penulisan
Penulisan ini menggunakan metode penulisan tinjauan kepustakaanmerujuk pada berbagai literature.
 
Corpus Alienum Esophagus 2013
Teuku Fauzan Adzim08171074Fakultas Kedokteran Universitas Abulyatama Page 3
BAB IITINJAUAN PUSTAKA2.1. Anatomi dan Fisiologi
 
Esofagus
Merupakan bagian saluran cerna yang menghubungkan hipofaring denganlambung.Bagian proksimalnya disebut introitus esophagus yang terletak setinggi batas bawah kartilago krikoid atau setinggi vetebre sevical VI. Di dalam perjalanannya dari daerah servikal, esophagus masuk ke dalam rongga toraks. Didalam rongga toraks, esophagus berada di mediastinumsuperior antara trakea dankolumna vertebra terus ke mediastinum posterior di belakang atrium kiri danmenembus diafragma setinggi vertebre torakal 10 dengan jarak kurang dari 3 cmdidepan vertebra. Akhirnya esophagus ini sampai di rongga abdomen dan bersatudengan lambung di daerah kardia.Berdasarkan letaknya esophagus dibagi dalam bagian servikal, torakal danabdominal. Esofagus menyempit pada tiga tempat. Penyempitan pertama bersifatsfingter terletak setinggi tulang rawan krikoid pada batas antara esophagus denganfaring, yaitu tempat peralihan otot serat lintang menjadi otot polos. Penyempitanterakhir terletak pada hiatus esophagus diafragma yaitu tempat esophagus berakhir pada kardia lambung. Otot polos pada bagian ini murni bersifat sfingter.Inervasi esophagus berasal dari dua sumber utama yaitu saraf parasimpatis nervusvagus dan saraf simpatis dari serabut-serabut ganglia simpatis servikalis inferior,nervus torakal dan nervus splangnikus.
3,6,7
 

Activity (4)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
Fadhil liked this
koidana liked this
Togi Andres liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->