Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Lembaga Pemerintah Pusat

Lembaga Pemerintah Pusat

Ratings: (0)|Views: 135|Likes:
Published by Roy Crut

More info:

Published by: Roy Crut on Mar 25, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/08/2014

pdf

text

original

 
 A. Lembaga Pemerintahan Pusat
Lembaga negara merupakan perangkat dalam sistem pemerintahan di Indonesia. Indonesiamenganut paham pembagian kekuasaan, bukan pemisahan kekuasaan. Pada bagian ini, akandipelajari beberapa lembaga negara dalam susunan pemerintah pusat berdasarkan amandemenUUD1945, seperti MPR, DPR, DPD, Presiden, MA, MK, KY, dan BPK.
1. Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR)
Majelis Permusyawaratan Rakyat merupakan lembaga tinggi negara. Lembaga ini merupakanlembaga permusyawaratan rakyat yang berkedudukan sebagai lembaga negara. Susunan MPRterdiri atas anggota Dewan Perwakilan Rakyat dan anggota Dewan Perwakilan Daerah yang dipilihmelalui pemilihan umum. Namun, sebelumnya perhatikanlah perubahan susunan pemerintahan pusatsebelum dan sesudah perubahan (amandemen) UUD 1945 berikut ini. Adapun tugas dan wewenang MPR adalah sebagai berikut.
 
1. Mengubah dan menetapkan Undang Undang Dasar.2. Melantik presiden dan wakil presiden berdasarkan hasil pemilihan umum dalam sidangparipurna MPR.3. Memutuskan usul DPR berdasarkan putusan Mahkamah Konstitusi untuk memberhentikanpresiden dan atau wakil presiden dalam masa jabatannya setelah presiden dan atau wakilpresiden diberi kesempatan untuk menyampaikan penjelasan di dalam sidang paripurnaMPR.4. Melantik wakil presiden menjadi presiden apabila presiden mangkat, berhenti, diberhentikan,atau tidak dapat melaksanakan kewajibannya dalam masa jabatannya.5. Memilih wakil presiden dari dua calon yang diajukan presiden apabila terjadi kekosongan jabatan wakil presiden dalam masa jabatannya, selambat - lambatnya dalam waktu enampuluh hari.
2. Dewan Perwakilan Rakyat (DPR)
Dewan Perwakilan Rakyat sangatlah penting di dalam sistem pemerintahan negara Indonesia.Dewan Perwakilan Rakyat terdiri atas anggotapartai politik peserta pemilihan umum (pemilu) yang dipilih berdasarkan hasil pemilihan umum.Rakyat Indonesia, semenjak pemilu 2004 langsung memilih anggota DPR. Dewan Perwakilan Rakyatmerupakan lembaga yang menyerap, menampung, menghimpun, dan menindaklanjuti aspirasi rakyatIndonesia. Jumlah anggota DPR, yaitu 550 orang. Keanggotaan DPR diresmikan dengan keputusanpresiden. Anggota DPR berkedudukan di Jakarta. Adapun tugas dan wewenang DPR, yaitu:1. membentuk undang - undang yang dibahas dengan presiden untuk mendapat persetujuanbersama;2. membahas dan memberikan persetujuan peraturan pemerintah pengganti undang - undang;3. menerima dan membahas usulan rancangan undang - undang yang diajukan DPD;4. memperhatikan pertimbangan DPD atas rancangan undang - undang Anggaran PendapatanBelanja Negara (APBN) dan rancangan undang - undang yang berkaitan dengan pajak,pendidikan, dan agama;5. menetapkan APBN bersama presiden dengan memperhatikan pertimbangan DPD.
3. Dewan Perwakilan Daerah (DPD)
Dewan Perwakilan Daerah (DPD) terdiri atas wakil - wakil daerah provinsi yang dipilih melaluipemilihan umum. Anggota DPD dari setiap provinsi ditetapkan sebanyak empat orang. Jumlahseluruh anggota DPD tidak lebih dari 1/3 jumlah anggota DPR. Adapun tugas dan wewenang DPDadalah sebagai berikut.1. Mengajukan kepada DPR tentang rancangan undang - undang yang berkaitan denganotonomi daerah, hubungan pusat dan daerah, pembentukan dan pemekaran, penggabungandaerah, pengelolaan sumber daya alam, dan sumber daya ekonomi.2. Membahas rancangan undang - undang yang berkaitan dengan pelaksanaan otonomidaerah, hubungan pusat dan daerah pembentukan, pemekaran, dan penggabungan daerahpengelolaan sumber daya alam, dan sumber daya ekonomi lainnya serta yang berkaitandengan perimbangan keuangan pusat dan daerah yang diajukan, baik oleh DPR maupunoleh pemerintah.3. Memberikan pertimbangan kepada DPR atas rancangan undang-undang APBN danrancangan undang - undang yang berkaitan dengan pajak, pendidikan, dan agama.
 
4. Melakukan pengawasan atas pelaksanaan undang - undang mengenai otonomi daerah,pembentukan, pemekaran, dan penggabungan daerah, hubungan pusat dan daerah,pengelolaan sumber daya alam, dan sumber daya ekonomi lainnya, pelaksanaan APBN,pajak, pendidikan, dan agama.
4. Presiden
Presiden merupakan pemimpin sebuah negara. Presiden termasuk lembaga eksekutif.Dalammenjalankan tugas dan tanggung jawabnya,Presiden dibantu oleh wakil presiden dan para menteri. Menteri - menteri tersebut tunduk danbertanggung jawab kepada Presiden. Lembaga eksekutif bertugas mengurus berbagai urusanpemerintah. Urusan pemerintahan tersebut sebagai berikut:1. melaksanakan politik luar negeri;2. menciptakan pertahanan nasional;3. menjaga keamanan dan melindungi seluruh warga negara Indonesia.
5. Mahkamah Agung (MA)
Mahkamah Agung (MA) adalah badan yang melakukan kekuasaan kehakiman. Susunan Mahkamah Agung terdiri atas pimpinan, hakim anggota, panitera, dan seorang sekretaris. Pimpinan dan hakimanggota Mahkamah Agung adalah Hakim Agung. Jika masalah hukum tidak selesai di pengadilannegeri dan pengadilan tinggi, masalah tersebut dapat diselesaikan di Mahkamah Agung.
6. Mahkamah Konstitusi (MK)
Mahkamah Konstitusi (MK) merupakan salah satu lembaga negara yang melakukan kekuasaankehakiman. Susunan Mahkamah Konstitusi terdiri atas seorang ketua merangkap anggota, seorangwakil ketua merangkap anggota, dan tujuh orang anggota hakim konstitusi. Mahkamah Konstitusiberwenang mengadili pada tingkat pertama dan terakhir yang putusannya bersifat final untuk:1. menguji undang - undang terhadap Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun1945;2. memutus sengketa kewenangan lembaga negara yang kewenangannya diberikan olehUndang Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945;3. memutus pembubaran partai politik;4. memutus perselisihan tentang hasil pemilihan umum.
7. Komisi Yudisial (KY)
Komisi Yudisial merupakan lembaga negara yang bersifat mandiri. Dalam pelaksanaanwewenangnya, Komisi Yudisial bebas dari campur tangan atau pengaruh kekuasaan lainnya.Pimpinan Komisi Yudisial terdiri atas seorang ketua dan seorang wakil ketua yang merangkapanggota. Komisi Yudisial mempunyai tujuh orang anggota komisi. Komisi Yudisial mempunyaiwewenang sebagai berikut.
Mengusulkan pengangkatan Hakim Agung kepada DPR, dan
Menegakkan kehormatan dan keluhuran martabat serta menjaga perilaku hakim. Komisi Yudisialdidirikan dengan tujuan:1. menyiapkan calon hakim agung yang berakhlak mulia, jujur, berani, dan kompeten;2. mendorong pengembangan sumber daya hakim menjadi insan yang mengabdi danmenegakkan hukum dan keadilan;

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->