Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
1Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
perkembangan-sosial

perkembangan-sosial

Ratings: (0)|Views: 187|Likes:
Published by Asha Rajen

More info:

Published by: Asha Rajen on Mar 25, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

09/29/2013

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUANA.Latar Belakang Masalah
Perkembangan yang terjadi pada anak meliputi segala aspek kehidupanyang mereka jalani baik bersifat fisik maupun non fisik. Perkembanmgan berarti serangkaian perubahan progresif yang terjadi sebagai akibat dari proseskematangan dan pengalaman.
1
Menurut keyakinan tradisional sebagian manusia dilahirkan dengan sifatsos ial dan sebagian lagi tidak. Orang yang lebih banyak merenungi diri danlebih su ka menyendiri daripada bersama-sama dengan orang lain atauintrovert, secara ala miah memang sudah bersifat demikian. Mereka yang bersifat sosial dan pikirannya lebih banyak tertuju pada pada hal-hal diluar dirinya atau ekstrovert, juga sudah bersikap seperti itu karena alamiah yaitufaktor keturunan. Sedangkan orang ya ng menentang masyarakat yaitu orangyang antisosial, dan orang yang biasanya men jadi penjahat, diyakini olehmasyarakat tradisional sebagai warisan dari pada salah satu sifat buruk yangdimiliki oleh orang tuanya.Kesepakatan para ahli menyatakan bahwa yang dimaksud dengan perkembangan itu adalah suatu proses perubahan pada seseorang kearah yanglebih maju dan lebih dewasa, naqmun mereka berbeda-beda pendapat tentang bagaimana proses perubahan itu terjadi dalam bentuknya yang hakiki. (AniCahyadi, Mubin, 2006 : 21-22).Beberapa teori perkembangan manusia telah mengungkapkan bahwamanusia telah tumbuh dan berkembang dari masa bayi kemasa dewasa melalui beberapa langkah jenjang. Kehidupan anak dalam menelusuri perkembangnyaitu pada dasarnya merupakan kemampuan mereka berinteraksi denganlingkungan. Pada proses integrasi dan interaksi ini faktor intelektual danemosional mengambil peranan penting. Proses tersebut merupakan proses
1
Prof. Dr. H. Djaali. 2007.
 Psikologi Pendidikan
, Jakarta : Bumi Aksara. Hal: 49
 Perkembangan Sosial 
1
 
sosialisai yang mendudukkan anak-anak sebagai insan yang yang secara aktif melakukan proses sosialisasi.
B.Rumusan Masalah
Sehubungan dengan latar belakang di atas, maka yang menjadi rumusanmasalah di dalam makalah ini adalah :1.Apa makna perkembangan sosial?2.Bagaimana teori perkembangan social?3.Faktor – faktor apa saja yang mempengaruhi perkembangan sosial anak ?C.
Tujuan Penulisan
Penulisan makalah ini bertujuan untuk mengetahui makna perkembangansosial anak, mengetahui teori perkembangan social dan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan sosial anak.
 Perkembangan Sosial 
2
 
BAB IIPEMBAHASANA.PENGERTIAN PERKEMBANGAN SOSIAL
Perkembangan social adalah tingkatan jalinan interaksi anak denganorang lain, mulai dari orang tua, saudara, teman bermain, hingga masyarakatsecara luas. Sedangkan perkembangan emosional adalah luapan perasaanketiak anak berinteraksi dengan orang lain. Dengan demikian dapat dipahami bahwa perkembangan social emosional tidak dapat dipisahkan. Dengan katalain membahas perkembangan social harus melibatkan emosional.
2
Berikut pengertian perkembangan sosial menurut beberapa ahli:1.Perkembangan sosial adalah kemajuan yang progresif melalui kegiatanyang terarah dari individu dalam pemahaman atas warisan sosial danformasi pola tingkah lakunya yang luwes. Hal itu disebabkan oleh adanyakesesuaian yang layak antara dirinya dengan warisan sosial itu.
3
2.Menurut Elizabeth B. Hurlock, perkembangan sosial adalah kemampuanseseorang dalam bersikap atau tata cara perilakunya dalam berinteraksidengan unsur sosialisasi di masyarakat.3.Singgih D Gunarsah, perkembangan sosial merupakan kegiatan manusiasejak lahir, dewasa, sampai akhir hidupnya akan terus melakukan penyesuaian diri dengan lingkungan sosialnya yang menyangkut norma-norma dan sosial budaya masyarakatnya.4.Abu Ahmadi, berpendapat bahwa perkembangan sosial telah dimulai sejak manusia itu lahir. Sebagai contoh, anak menangis saat dilahirkan, atauanak tersenyum saat disapa. Hal ini membuktikan adanya interaksi sosialantara anak dan lingkungannya.Jadi, dapat diartikan bahwa perkembangan sosial akan menekankan perhatiannya kepada pertumbuhan yang bersifat progresif. Seorang anak atau
2
 
Suyadi. 2009.
Ternyata anakku Bisa Kubuat Genius!.
Yogyakarta : Powerbooks
3
 
Prof. Dr. H. Djaali. 2007.
 Psikologi Pendidikan
, Jakarta : Bumi Aksara. Hal : 48
 Perkembangan Sosial 
3

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->