Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
makalah kasus Gonore

makalah kasus Gonore

Ratings: (0)|Views: 191 |Likes:
makalah gonore
makalah gonore

More info:

Published by: Senida Ayu Rahmadika on Mar 25, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/17/2013

pdf

text

original

 
1
BAB IPendahuluan
Gonore merupakan penyakit yang mempunyai insidens yang tinggi diantaraPenyakit Menular Seksual. Pada pengobatannya terjadi pula perubahan karena sebagiandisebabkan oleh NeisserianGonorrhoeae yang telah resisten terhadap penisilin dandisebut Penicillinase Producing Neisseria Gonorhoeae (PPNG). Kuman ini meningkat di banyak negeri termasuk Indonesia.Pada umumnya penularannya melalui hubungan genital kelamin yaitusecara genito-genital, oro-genital dan ano-genital. Tetapi, disampin itu dapat juga terjadisecara manual melalui alat-alat, pakaian, handuk, thermometer dan sebagainya.
 
2
BAB IILaporan kasus
Seorang laki-laki, umur 30 tahun, sudah menikah dan berkerja sebagai pelaut
datang ke klinik “Maju Mundur” dengan keluhan keluar cairan dari alat kelaminnya
sudah sejak 3hari yang lalu disertai rasa sakit pada waktu BAK.Dari hasil pemeriksaan didapatkan pus yang keluar dari OUE yang jumlahnya banyak hingga membasahi celana dalam pasien. Pus berwarna hijau kemerahan yangkental. Dari anamnesis diketahui bahwa pasien telah melakukan hubungan seksualdengan PSK ketika kapal pasien sedang sandar di pelabuhan 3 hari sebelum keluarnya pus dari OUE.
 
3
BAB IIIPEMBAHASANA.
 
Identifikasi masalah
Masalah yang terdapat pada kasus ini adalah keluarnya pus yang keluar dari OUEsejak 3 (tiga) hari yang lalu dan disertai dengan rasa sakit saat BAK 
B.
 
Hipotesis
Berdasarkan keluhan pasien berupa keluarnya cairan dari alat kelamin disertairasa sakit waktu BAK, kami merumuskan beberapa hipotesis. Adanya cairan keluar darigenitalia yang mula-mula belum diketahui jumlah, warna, dan konsistensinya didugamerupakan akibat dari infeksi menular seksual. Adapun infeksi menular seksual yangditandai oleh adanya duh tubuh uretra pada laki-laki, meliputi gonore dan uretritis nonspesifik. Rasa sakit waktu BAK selain dikarekanan reaksi peradangan uretra akibatinfeksi saluran kemih seperti yang telah disebut di atas, juga dapat disebabkan olehobstruksi saluran kemih, seperti batu kandung kemih. Untuk mengerucutkan beberapahipotesis di atas menjadi sebuah diagnosis kerja, maka kami memerlukan informasitambahan dari anamnesis, pemeriksaan fisik, serta pemeriksaan penunjang.
C.
 
Anamnesis
Adapun anamnesis kami lakukan untuk membantu menegakan diagnosis darikasus ini. Kami mengajukan beberapa pertanyaan tambahan yang berkaitan denganhipotesis, antara lain:1.
 
Riwayat Penyakit Sekarang-
 
Seberapa banyak cairan yang keluar dari alat kelamin Bapak?

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->