Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
03 Pembuatan Sistem Informasi Pendaftaran Siswa Baru Pada …

03 Pembuatan Sistem Informasi Pendaftaran Siswa Baru Pada …

Ratings: (0)|Views: 586 |Likes:
Published by bambang_purnama_4

More info:

Published by: bambang_purnama_4 on Mar 26, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/14/2014

pdf

text

original

 
Indonesian Jurnal on Computer Science - Speed (IJCSS) 15 FTI UNSA Vol 10 No 1 – Februari 2012 - ijcss.unsa.ac.id 
ISSN : 1979-9330 (Print) - 2088-0154 (Online) - 2088-0162 (CDROM)
16
PEMBUATAN SISTEM INFORMASI PENDAFTARAN SISWA BARUPADA MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAHWONOANTI III
Eka Choliviana
1)
, Sukadi
2)
Program Studi Teknik Informatika, Universitas Surakarta 1)ekacholiviana@yahoo.com 
ABSTRACT:
Muhammadiyah Islamic elementary schools (MIM) Wonoanti III is one of the Madrasahlocated in District Tulakan, Pacitan. MIM Wonoanti III in the data recording the identity of prospectivestudents is still conventional, data management identity of prospective students are at the moment stillusing notebooks. Madrasah is still a lot of problems such as new student enrollment committee haddifficulty in presenting the data, loss and destruction of documents and data search takes a long timewhen the data is needed.
 
The research method used to solve a variety of problems that happens is library, observation,interviews, and data analysis systems, system design, programming, implementation of the program.The expected outcome of this research is to produce a new student information system registration onIslamic Elementary School Muhammadiyah Wonoanti III corresponding groove set, andcan solve problem.
Keywords: New Student Registration Information System 
ABSTRAKSI:
Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah (MIM) Wonoanti III merupakan salah satuMadrasah yang terdapat di Kecamatan Tulakan, Kabupaten Pacitan. MIM Wonoanti III dalampencatatan data identitas calon siswa baru masih bersifat konvensional, pengelolaan data identitascalon siswa baru pada saat ini masih menggunakan buku tulis. Madrasah juga masih banyakmengalami masalah diantaranya panitia pendaftaran siswa baru mengalami kesulitan dalammenyajikan laporan data, hilang dan rusaknya dokumen serta pencarian data yang membutuhkanwaktu lama pada saat data diperlukan. Adapun metode penelitian yang digunakan untuk menyelesaikan berbagai permasalahan yang terjadiadalah pustaka, observasi, wawancara, analisis data dan sistem, perancangan sistem, pembuatanprogram, implementasi program. Hasil yang diharapkan dari penelitian ini adalah menghasilkan sisteminformasi pendaftaran siswa baru pada Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Wonoanti III sesuai alur yang ditetapkan, dan dapat menyelesaikan masalah yang ada.
Kata Kunci : Sistem Informasi Pendaftaran Siswa Baru 
1. LATAR BELAKANG MASALAH
Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah (MIM)Wonoanti III merupakan salah satu Madrasahyang terdapat di Kecamatan Tulakan, KabupatenPacitan. MIM Wonoanti III dalam pencatatan dataidentitas calon siswa baru masih bersifatkonvensional, pengelolaan data calon siswa barupada saat ini masih menggunakan bukupendaftaran siswa baru. Madrasah juga masihbanyak mengalami masalah diantaranya petugaspendaftaran siswa baru mengalami kesulitandalam menyajikan laporan data, hilang danrusaknya dokumen serta pencarian data yangmembutuhkan waktu lama pada saat datadiperlukan. Untuk itu dibutuhkan adanya sisteminformasi yang bisa membantu dalampengelolaan data calon siswa baru. Hal inidiperoleh dari hasil Observasi dan Wawancara.Menurut Jogiyanto (1997:26) data adalah bagianyang paling penting untuk menganalisisfenomena atau keadaan di lapangan, Datamerupakan bentuk yang masih mentah, belumdapat bercerita banyak, sehingga perlu diolahlebih lanjut. Data diolah melalui suatu modeluntuk dihasilkan informasi.Berdasarkan permasalahan di atas, maka penulismendapat gagasan untuk membangun sisteminformasi pendaftaran siswa baru pada MadrasahIbtidaiyah Muhammadiyah Wonoanti III dalampenlitian ini.
2. RUMUSAN MASALAH
 1. Madrasah Ibtidaiyah MuhammadiyahWonoanti III dalam kegiatan pengelolaan datacalon siswa baru belum menggunakan sisteminformasi yang berbasis komputer meliputi inputdata, proses pengolahan data, pencarian datadan pembuatan laporan.2. Bagaimana membangun sistem informasipendaftaran siswa baru sehingga dalam prosespengelolaan data dapat dilakukan secara efektif dan efisien?
3. BATASAN MASALAH1.
Penelitian dilakukan di Madrasah IbtidaiyahMuhammadiyah Wonoanti III.
2.
Sistem informasi ini hanya membahaspendaftaran siswa baru pada MadrasahIbtidaiyah Muhammadiyah Wonoanti III.
3.
Software yang digunakan dalam membuatSistem Informasi Pendaftaran Siswa Barupada Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah
 
Indonesian Jurnal on Computer Science - Speed (IJCSS) 15 FTI UNSA Vol 10 No 1 – Februari 2012 - ijcss.unsa.ac.id 
ISSN : 1979-9330 (Print) - 2088-0154 (Online) - 2088-0162 (CDROM)
17
Wonoanti III adalah databasae MySQL, danbahasa pemrograman PHP.
4. TUJUAN PENELITIAN
Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkanaplikasi sistem informasi pendaftaran siswa barupada Madrasah Ibtidaiyah MuhammadiyahWonoanti III sehingga mampu mengurangipermasalahan yang ada saat masihmenggunakan sistem konvensional.
5. MANFAAT PENELITIAN
a. Memberikan kemudahan kepada lembagadalam mengolah data calon siswa baru padaMadrasah Ibtidaiyah MuhammadiyahWonoanti III.b. Memberikan kemudahan kepada petugaspenerimaan siswa baru dalam pembuatanlaporan.c. Mengurangi kelemahan sistem yang lamaguna meningkatkan efisiensi kerja dalampengolahan data calon siswa baru padaMadrasah Ibtidaiyah MuhammadiyahWonoanti III.
6. SISTEM
Menurut A.Moscove dan Mark G.Simkinmendefinisikan sistem adalah suatu kesatuanyang terdiri dari interaksi subsistem yangberusaha untuk mencapai tujuan yangsama.(Jogiyanto,1997:1)
7. KARAKTERISTIK SISTEM
Suatu sistem mempunyai karakteristik atau sifat-sifat yang tertentu, yaitu mempunyai komponen-komponen
(Componens),
batas sistem(boundary), lingkungan luar sistem
(environments)
, pengolah
(process)
dan sasaran
(objectives)
atau tujuan
(goal).
 (Jogiyanto,1997:7)
1. PENGENDALIAN SISTEM
Pengendalian dari suatu sistem dapat berupapengendalian umpan balik
(feedback control system),
pengendalian sistem umpan maju
(feed forward control system)
dan pengendalianpencegahan
(preventive control system).
 (Jogiyanto,1997:14)
2. INFORMASI
Menurut John Burch dan Gary Grudnitskiinformasi adalah data yang telah diletakkandalam konteks yang lebih berarti dan bergunayang dikomunikasikan kepada penerima untukdigunakan di dalam pembuatan keputusan.(Jogiyanto,1997:23)
3. DATA
Data merupakan bentuk yang masih mentah,belum dapat bercerita banyak, sehingga perludiolah lebih lanjut. Data diolah melalui suatumodel untuk dihasilkan informasi.Data dapat berbentuk simbol-simbol semacamhuruf-huruf atau alphabet, angka-angka, bentuk-bentuk suara, sinyal-sinyal gambar-gambar dansebagainya. (Jogiyanto,1997:26)
4. SISTEM INFORMASI
Menurut Robert A. Leitch dan K.Roscoe DavisSistem informasi adalah suatu sistem di dalamsuatu organisasi yang mempertemukankebutuhan pengolahan transaksi harian,mendukung operasi, bersifat manajerial dankegiatan strategi dari suatu organisasi danmenyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan. (Jogiyanto,1997:36)
5. DATABASE
 Basis data
(database)
merupakan kumpulan daridata yang saling berhubungan satu dengan yanglainnya, tersimpan di perangkat keras komputer dan digunakan perangkat lunak untukmamanipulasinya. Database merupakan salahsatu komponen yang penting dalam sisteminformasi, karena merupakan basis dalammenyediakan informasi bagi para pemakai.(Jogiyanto,1997:265)
6. PHP
 PHP
(Hypertext Preprocessor)
adalah suatubahasa pemrograman
Open Sourch 
yangdigunakan secara luas terutama untukpengembangan web dan dapat disimpan dalambentuk HTML.Untuk menghasilkan sebuah HTML, script yangditulis menggunakan PHP mempunyai perintahyang lebih singkat dibandingkan bahasapemrograman yang lain. (Andi,2006:11)
7. MySQL
  Ada beberapa fungsi yang digunakan dalamaplikasi antara PHP dan MySQL. Fungsi-fungsitersebut sangat erat kaitanya dengan Query SQLakan tetapi, kita tidak langsung menggunakanperintah SQL pada script PHP.(Bunafit,2004:163)
8. XAMPP
 XAMPP merupakan paket PHP dan MySQLberbasis open source, yang dapa digunakansebagai tool pembantu pengembangan aplikasiberbasis PHP. XAMPP mengombinasikanbeberapa paket perangkat lunak berbeda kedalam satu paket. (Riyanto,2010:1)
9. DIAGRAM KONTEKS
Diagram Konteks merupakan polapenggambaran yang berfungsi untukmemperlihatkan interaksi Sistem Informasitersebut dengan lingkungan dimana sistem
 
Indonesian Jurnal on Computer Science - Speed (IJCSS) 15 FTI UNSA Vol 10 No 1 – Februari 2012 - ijcss.unsa.ac.id 
ISSN : 1979-9330 (Print) - 2088-0154 (Online) - 2088-0162 (CDROM)
18
tersebut ditempatkan. (Budi Sutedjo DharmaOetama,2006:116)
10. FLOWCHART
Flowchart 
merupakan metode untukmenggambarkan tahap-tahap pemecahanmasalah dengan merepresentasikan simbol-simbol tertentu yang mudah dimengerti, mudahdigunakan dan standar.(Budi Sutedjo DharmaOetama,2006:117)
11. TINJAUAN PUSTAKA
 Pada tahun 2012, Ayu Rindy Mutiara Sucimelakukan penelitian yang berjudul SISTEMINFORMASI PENDAFTARAN SISWA MASUKSEKOLAH ONLINE PADA SEKOLAHMENENGAH ATAS NEGERI 2 PACITAN.Permasalahan yang muncul sebelum sistemdibangun adalah penerapan metode pendaftarantersebut masih kurang efektif dan efisien.Diantaranya adalah Membutuhkan waktu yanglama untuk proses pendaftaran bagi calon siswabaru, Kesulitan dalam mencari informasi seputar persyaratan dan pengumuman penerimaan siswabaru, Hilang dan rusaknya dokumen. Tujuannyaialah menghasilkan sistem informasi pendaftaransiswa masuk sekolah online pada SekolahMenengah Atas Negeri 2 Pacitan yang efektif dan efisien. Setelah sistem dibangun hasilnyaadalah memberikan kemudahan untuk pihakSMA Negeri 2 pacitan dalam proses penerimaansiswa dan memberikan kemudahan bagi calonsiswa baru dalam proses pendaftaran sekolah.Pada tahun 2010, Sidiq Wahyu Surya Wijaya, Agus Mulyanto dan M.Mustakim melakukanpenelitian yang berjudul SISTEM INFORMASIPENERIMAAN MAHASISWA BERBASIS WEBDAN WAP. Permasalahan yang muncul sebelumsistem dibangun adalah calon mahasiswa masihbanyak yang merasa kesulitan dengan sistemtersebut karena tidak adanya fitur konfirmasipembayaran pendaftaran online. Tujuanya ialahmerancang suatu sistem yang berfungsi untukmemberikan informasi penerimaan mahasiswabaru dan melakukan pendaftaran sertakonfirmasi pembayaran pendaftaran onlinemelalui Web dan Wap. Setelah sistem dibangunhasilnya adalah sistem informasi penerimaanmahasiswa baru berbasis Web dan Wap sudahmemberikan kemudahan kepada calonmahasiswa dalam mengakses informasi danmelakukan proses pendaftaran serta konfirmasipembayaran pendaftaran online.
12. ANALISIS SISTEM1. Analisis Wawancaraa.
 Analisis Hasil Wawancara dengan PanitiaPenerimaan Siswa Baru
 
Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah WonoantiIII dalam pemrosesan data identitas calon siswamasih bersifat konvensional pengelolaan datacalon siswa pada saat ini masih menggunakanbuku pendaftaran siswa baru. Hal ini diperolehdari hasil Observasi dan Wawancara dengannarasumber ANA AGUSTYANINGSIH,S.Pdselaku panitia penerimaan siswa baru padaMadrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah WonoantiIII.b. Analisis Hasil Wawancara dengan KepalaMadrasah Ibtidaiyah MuhammadiyahWonoanti IIIBerdasarkan hasil wawancara kepada kepalaMadrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah WonoantiIII maka dapat diambil kesimpulan sementarabahwa kepala Madrasah mengalamipermasalahan dalam pengecekan data, hilangdan rusaknya dokumen serta pencarian datayang membutuhkan waktu lama pada saat datadiperlukan.c. Hasil Identifikasi Studi KelayakanMadrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah WonoantiIII dalam pencatatan data identitas pendaftar calon siswa baru masih menggunakan bukupendaftaran siswa baru.Sedangkan untuk pembuatan laporanmenggunakan Microsoft Excel dengan membukakembali hasil pencatatan data pada bukupendaftaran siswa baru.
2. Mengidentifikasi Masalah
Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah WonoantiIII dalam pengelolaan data identitas calon siswabaru pada saat ini masih menggunakan bukupencatatan siswa baru dan Microsoft Excel untukmembuat laporan data. Madrasah juga masihmengalami banyak masalah diantaranya panitiapendaftaran siswa baru mengalami kesulitandalam menyajikan laporan data, hilang danrusaknya dokumen serta pencarian data yangmembutuhkan waktu lama pada saat datadiperlukan. Sehingga lembaga dan panitiapenerimaan siswa baru membutuhkan sisteminformasi untuk mempermudah pengelolaan datasiswa baru dan pembuatan laporan data.
3. Pemecahan Masalah
Dengan permasalahan yang terjadi, makapenulis mencoba membuat sistem informasipendaftaran siswa baru pada MadrasahIbtidaiyah Muhammadiyah Wonoanti III, hal inibertujuan untuk Memberikan kemudahan kepadalembaga dan panitia penerimaan siswa barudalam mengolah data calon siswa baru danpembuatan laporan data pada MadrasahIbtidaiyah Muhammadiyah Wonoanti III. sehinggamampu mengurangi permasalahan yang adasaat masih menggunakan sistem konvensional.
13. KONFIGURASI HARDWARE DANSOFTWARE
Untuk menunjang pembuatan sistem informasipendaftaran siswa baru yang baik dibutuhkan

Activity (2)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->