Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
5Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
19 Pembangunan Sistem Informasi Penerimaan Siswa Baru Di S…

19 Pembangunan Sistem Informasi Penerimaan Siswa Baru Di S…

Ratings: (0)|Views: 286|Likes:
Published by bambang_purnama_4

More info:

Published by: bambang_purnama_4 on Mar 26, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/12/2014

pdf

text

original

 
Indonesian Jurnal on Computer Science - Speed (IJCSS) 15 FTI UNSA Vol 10 No 1 – Februari 2012 - ijcss.unsa.ac.idISSN : 1979-9330 (Print) - 2088-0154 (Online) - 2088-0162 (CDROM)
131
PEMBANGUNAN SISTEM INFORMASI PENERIMAAN SISWA BARU DI SEKOLAHMENENGAH KEJURUAN AL-IRSYAD TEGAL
 
Nurul Azizah Yaoma Ramadhani
onyaries@ymail.com
Abstract – The acceptance of new student is one of processes within educational institutions like schoolwhich is used to select candidate according to stated criteria by related school. Generally, the process of acceptance of new student began with registration, selection, and announcement steps of new student. This research was taken place at Vocational High School Al Irsyad Tegal which during the time haspracticed the acceptance of new student manually or computerized but used
Microsoft Office Excel
only. Itcaused lack data, mistake within measurement because of manually mark measurement. Fundamentalproblem of this research is how to install information system for acceptance of new student at VocationalHigh School Al Irsyad Tegal that make information representation accurately and efficiently. The aim of this research is to produce a program of application system. The benefit of this research is to provide anease for administrator and student. This research uses literature study, observation, interview, analysis,schematization, trial, and implementation as its method. The conclusion from research result hopesinstalled an information system of new student acceptance in web-based.
Keywords : the acceptance of new student, information system
Abstrak :
Penerimaan siswa baru merupakan salah satu proses yang ada di instansi pendidikan sepertisekolah yang berguna untuk menyaring calon siswa yang terpilih sesuai kriteria yang ditentukan olehsekolah tersebut untuk menjadi siswa didiknya. Pada umumnya proses penerimaan siswa baru dilakukanmelalui tahapan pendaftaran, tes seleksi, dan pengumuman penerimaan siswa. Dalam penelitian inipenerapannya pada SMK Al-irsyad Tegal yang selama ini dilakukan secara manual atau sudahterkomputerisasi tetapi menggunakan
Microsoft Office Excel
, yang memungkinkan masih banyakkekurangan data, penghitungan nilai tes secara manual yang memungkinkan terjadinya kesalahan. Untukitu dibutuhkan suatu sistem informasi yang dapat membantu dalam proses penerimaan siswa baru.Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana proses membangun sistem informasi penerimaansiswa baru di SMK Al-Irsyad Tegal sehingga dapat menyajikan informasi yang akurat serta efisien.Adapun tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan suatu program sistem aplikasi. Manfaat daripenelitian ini adalah memberikan kemudahan bagi admin maupun siswa itu sendiri. Metode penelitianyang digunakan adalah pustaka, observasi, wawancara, analisis, perancangan, uji coba danimplementasi. Kesimpulan hasil dari penelitian ini adalah diharapkan dapat terbangunnya sistem informasipenerimaan siswa baru yang berbasis web.
Kata kunci : Penerimaan siswa baru,Sistem Informasi
 
1.1. Latar Belakang
 
Penerimaan siswa baru merupakan salahsatu proses yang ada di instansi pendidikanseperti sekolah yang berguna untuk menyaringcalon siswa yang terpilih sesuai kriteria yangditentukan oleh sekolah tersebut untuk menjadisiswa didiknya. Pada umumnya prosespenerimaan siswa baru dilakukan melalui tahapanpendaftaran, tes seleksi, dan pengumumanpenerimaan siswa. Tahapan dari prosespenerimaan siswa baru ini juga dilakukan olehSekolah Menengah Kejuruan Al-Irsyad Tegal.Sekolah Menengah Kejuruan Al-Irsyad Tegaladalah salah satu instansi pendidikan setara SMAyang khusus mendidik siswa-siswinya dalammenimba ilmu pengetahuan baik pengetahuanumum maupun ketrampilan khusus yang didapatsesuai jurusan yang dipilihnya, ada dua jurusankhusus yang ada di Sekolah Menengah KejuruanAl-Irsyad Tegal antara lain Rekayasa PerangkatLunak (RPL) dan Teknik Komputer Jaringan(TKJ). Ke dua jurusan inilah yang dapat dipilihsebagai modal dasar untuk siap dalam berkarir didunia kerja ataupun melanjutkan ke perguruantinggi.Berdasarkan hasil wawancara dan datadokumentasi dalam proses penerimaan siswabaru di Sekolah Menengah Kejuruan Al-Irsyad Tegal selama ini dilakukan secara manual atausudah terkomputerisasi tetapi menggunakan
Microsoft Office Excel
, yang memungkinkanmasih banyak kekurangan data dan terjadinyakesalahan dalam penghitungan nilai tes, sertapengumuman hasil penerimaan yang hanya diinformasikan melalui papan pengumumansekolah. Hal ini menyebabkan panitia penerimaansiswa baru tidak dapat mengelola semuanyadengan baik dan merasa kerepotan menangani
 
Indonesian Jurnal on Computer Science - Speed (IJCSS) 15 FTI UNSA Vol 10 No 1 – Februari 2012 - ijcss.unsa.ac.idISSN : 1979-9330 (Print) - 2088-0154 (Online) - 2088-0162 (CDROM)
132
hal tersebut sehingga dirasa kurang optimal danmemerlukan waktu yang lama baik dalammenyusun laporan maupun membuat hasilseleksi siswa baru yang akan diterima.Maka untuk meningkatkan keamananpenyimpanan data, otomatisasi penghitungannilai test, serta kemudahan pemberian informasipenerimaan siswa baru diperlukan sebuahaplikasi sistem informasi penerimaan siswa barupada Sekolah Menengah Kejuruan Al-Irsyad Tegal berbasis web, sehingga calon siswa dapatmemperoleh pelayanan yang maksimal dalampemberian informasi sekolah dan hasil seleksisiswa baru Sekolah Menengah Kejuruan Al-Irsyad Tegal melalui web tersebut dan diharapkannantinya akan memberikan kemudahan bagiadmin.
1.2. Rumusan Masalah
Bagaimana proses membangun sistem informasipenerimaan siswa baru di sekolah menengahkejuruan al-irsyad tegal?
1.3. Batasan Masalah
1. Bahasa pemrograman yang digunakanadalah PHP dengan database MySQL
2.
Objek penelitian di SMK Al-Irsyad Tegalyang bertempat di Jalan Glatik No 3Randugunting Tegal.
 3.
Proses pendaftaran siswa baru, registrasiawal masuk dan hasil seleksi di SekolahMenengah Kejuruan Al-Irsyad Tegal
 
1.4. Tujuan
 Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkansuatu program aplikasi sistem yang diharapkannantinya dapat membantu kelancaran dalammenyusun laporan pengolahan data.
 
1.5. Manfaat Penelitian
Adapun manfaat membangun sistem informasidalam penelitian ini adalah memberikankemudahan bagi pengguna di dalam (admin)maupun pengguna di luar (siswa).
2.1. Komputer 
Komputer adalah serangkaian atau sekelompokalat elektronik yang terdiri dari ribuan bahkan jutaan komponen yang dapat saling bekerjasama, dapat menerima data (input), mengolahdata (proses) dan memberikan informasi (output)serta terkoordinasi di bawah kontrol programyang tersimpan di memorinya. (Indrayudha, 2008)
2.2. Sistem Informasi
Sistem Informasi adalah kumpulan dari sub-subsistem baik pisik maupun non pisik yang salingberhubungan satu sama lain dan bekerjasamasecara harmonis untuk satu tujuan yaitumengolah data menjadi informasi yang berartidan berguna. (Susanto, 2004:55)
 2.3.
 
Database
 
Database
(basis data) adalah suatupengorganisasian sekumpulan data yang salingterkait sehingga memudahkan aktivitas untukmemperoleh informasi. (Kadir, 2003:254)
2.4. PHP
PHP adalah singkatan dari “PHP :
HypertextPreprocessor 
” yang merupakan sebuah scriptingyang terpasang pada
HyperText MarkupLanguage
(HTML). Tujuan utama penggunaanbahasa ini adalah untuk memungkinkanperancang
web
menulis halaman
web
dinamikdengan cepat. (Supriyanto, 2008)
2.5. MySQL
MySQL adalah software DBMS yang sangatpopuler di kalangan pemrogram
web
, terutama dilingkungan Linux yang menggunakan script PHPdan Perl. (Wahana Komputer, 2003)
2.6. Data Flow Diagram
DFD merupakan pemodelan proses untukmenggambarkan bagaimana bisnis beroperasidan mengilustrasikan aktivitas-aktivitas yangdilakukan dan bagaimana data berpindah diantara aktivitas-aktivitas itu. (Fatta, 2007)
2.7. Penerimaan Siswa Baru
Kegiatan rutin dari sekolah/madrasah untukmelakukan penerimaan calon murid yangmemenuhi syarat tertentu untuk memperolehpendidikan pada bentuk satuan pendidikan danmengikuti suatu jenjang pendidikan yang lebihtinggi. Penerimaan Siswa Baru memberkesempatan seluas-luasnya bagi warga negarausia sekolah agar memperoleh layananpendidikan yang sebaik-baiknya.
2.8. Tinjauan Pustaka
Berdasarkan penelitian yang dilakukanLukman Qomarullah, Giva Andriana dan BobySiswanto, Jurusan Manajemen Informatika Politeknik Telkom Bandung, yang berjudul SistemInformasi Penerimaan Siswa Baru SMK N 1Mojokerto Berbasis Web dan SMS Gatewaydijelaskan bahwa proses penerimaan siswa baruyang masih manual tanpa terkomputerisasimemungkinkan kerusakan dan kehilangan data,maka untuk meningkatkan keamananpenyimpanan data serta kemudahan dalammemberikan informasi tentang penerimaan siswabaru diperlukan sistem informasi penerimaansiswa baru berbasis web dan sms sehingga calonsiswa dapat memperoleh pelayanan yang
 
Indonesian Jurnal on Computer Science - Speed (IJCSS) 15 FTI UNSA Vol 10 No 1 – Februari 2012 - ijcss.unsa.ac.idISSN : 1979-9330 (Print) - 2088-0154 (Online) - 2088-0162 (CDROM)
133
maksimal dalam pemberian informasi sekolahdan hasil seleksi siswa baru dengan cepat melaluiinternet maupun Short Message Service (SMS).Dalam penelitian yang dilakukan olehEndang Kuswati, menyimpulkan bahwa SistemPenerimaan Siswa Baru secara online inimemudahkan dalam pembuatan laporan data-data siswa baru serta meningkatkan proseskinerja panitia penerimaan siswa baru yangmengakibatkan lebih efisienya waktu yangdiperlukan dan memberikan kemudahan untukmenyampaikan informasi secara cepat danakurat.
3.1 Analisis Masalah
Proses penerimaan siswa baru di SekolahMenengah Kejuruan Al-Irsyad Tegal selama inidilakukan secara manual atau sudahterkomputerisasi tetapi menggunakan
MicrosoftOffice Excel
, yang memungkinkan masih banyakkekurangan data dan terjadinya kesalahan dalampenghitungan nilai tes, serta pengumuman hasilpenerimaan yang hanya di informasikan melaluipapan pengumuman sekolah. Hal inimenyebabkan panitia penerimaan siswa barutidak dapat mengelola semuanya dengan baikdan merasa kerepotan menangani hal tersebutsehingga dirasa kurang optimal dan memerlukanwaktu yang lama baik dalam menyusun laporanmaupun membuat hasil seleksi siswa baru yangakan diterima.1. Sistem yang berjalan
 
Siswa datang ke sekolah untuk mengisiformulir pendaftaran kemudian diserahkan kepetugas pendaftaran dengan menyertakanpersyaratan yang telah ditentukan danmembayar biaya pendaftaran. Petugaspendaftaran akan memasukkan data-datasiswa tersebut ke dalam buku pendaftaran.Petugas pendaftaran lalu memberikansalinan formulir pendaftaran sebagai buktipendaftaran.
 
2. Sistem yang dikembangkan
 
Siswa datang ke sekolah dengan membawauang pendaftaran dan petugas pendaftaranuntuk mendapatkan username dan passwordyang akan digunakan untuk mendaftarsetelah mendapatkan username danpassword maka siswa dapat mendaftarkemudian mencetak kartu pendaftaran yangnantinya diserahkan ke petugas pendaftaranuntuk mendapatkan stempel disertaipersyaratan yang telah ditentukan. Setelahitu siswa tersebut akan menerima kartupendaftaran dari panitia yang digunakanuntuk registrasi jika siswa yangbersangkutan diterima.
3.2. Kerangka PemikiranGambar 3.1
Kerangka Pemikiran
3.3. Sistem yang dirancang3.3.1 Context Diagram
 
0SI PenerimaanSiswa BaruAdminOperatorSiswaKepalaSekolahLoginLogoutData OperatorData AdminStatus FalseStatus TrueData OperatorData AdminLoginLogoutMendaftarData Siswa baruData PencabutanData RegistrasiData Siswa diterimaData Siswa tidakditerimaLoginLogoutKartu PendaftaranStatus FalseStatus TrueStatus FalseStatus TrueDaftar Siswa BaruDaftar RegistrasiDaftar PencabutanDaftar Siswa diterimaDaftar Siswa tidakditerimaLoginLogoutStatus FalseStatus TrueLap. Data Siswa BaruLap. Data Siswa diterimaLap. Data Siswa tidakditerimaLap. Data PencabutanLap. Data Registrasi
 
Gambar 3.2
 
Context Diagram Sistem InformasiPenerimaan Siswa Baru
 

Activity (5)

You've already reviewed this. Edit your review.
Ari Andreawan liked this
1 thousand reads
1 hundred reads
AjiKomara liked this
Muldani Dani liked this

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->