Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
20 Sistem Informasi Penjualan Obat Pada Apotek Jati Farma …

20 Sistem Informasi Penjualan Obat Pada Apotek Jati Farma …

Ratings: (0)|Views: 701 |Likes:
Published by bambang_purnama_4

More info:

Published by: bambang_purnama_4 on Mar 26, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/14/2014

pdf

text

original

 
Indonesian Jurnal on Computer Science - Speed (IJCSS) 15 FTI UNSA Vol 10 No 1 – Februari 2012 - ijcss.unsa.ac.id ISSN : 1979-9330 (Print) - 2088-0154 (Online) - 2088-0162 (CDROM)
140
SISTEM INFORMASI PENJUALAN OBAT PADA APOTEKJATI FARMA ARJOSARI
Puspita Dwi Astuti 
1
, Ramadian Agus Triyono 
Program Studi Teknik Informatika, Universitas Surakarta 
1)
Pus_astika@yahoo.com 
Abstraction
 
Pharmacies “ Jati Farma “ is the only store in the Distris Arjosari. Precisely at the edge of the highway Pacitan – Ponorogo km 10, and adjacent to the market Arjosari. With a very strategiclocation, makes it easier for residents to reach the place.With increasingly sophisticated technological advances, today there are very many and almost all drugstore (pharmacies) that use the convensional way to do the tasks related to the pharmacy. One is apharmacy in the Distric Arjosari Teak Farma. These pharmacies have problem with the recording of transaction to convensional. Therefor needed a system that can overcome it. Software used tomanufacture this system is Visual Basic 6.0,
MySql odbc connector 
,
xampp 
as the server and
MySql 
asthe
database 
.The purpose of this study was to make the drug registration system (purchase-sale) that iscomputerized. The benefit is to facilitate the process of data recording the drug, be it buying or selling. Themethod used is the literature, obervations, interviews and analysis. Of making these system, hopes toease the task of assistant pharmacist and pharmacies to make the performance more effectively andefficiently.
Keyword : Information System, Information System Pharmacies 
Abstraksi –
 Apotek “Jati Farma” merupakan satu-satunya toko obat yang ada di Kecamatan Arjosari.Tepatnya di pinggir jalan raya Pacitan-Ponorogo Km.10, dan berdekatan dengan pasar Arjosari. Denganlokasinya yang sangat strategis tersebut, memudahkan para warga untuk menjangkau tempatnya.Dengan kemajuan teknologi yang semakin canggih, sekarang ini masih banyak sekali bahkan hampir semua toko obat (apotek) yang menggunakan cara konvensional untuk mengerjakan tugas-tugas yangberkaitan dengan apotek. Salah satunya adalah Apotek Jati Farma di Kecamatan Arjosari. Apotek inimemiliki permasalahan pada pencatatan transaksi yang bersifat konvensional. Karena itu dibutuhkansebuah sistem yang dapat mengatasi hal tersebut. Software yang digunakan untuk pembuatan sistem iniadalah
Visual Basic 6.0, Mysql connector odbc, xampp 
sebagai servernya dan
MySql 
untuk
database 
nya.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat sistem pencatatan obat (pembelian-penjualan) yangbersifat komputerisasi. Manfaatnya adalah agar memudahkan proses pencatatan data obat, baik itupembelian ataupun penjualan. Metode yang digunakan adalah kepustakaan, observasi, wawancara dananalisis. Dari pembuatan sistem ini, harapannya bisa meringankan tugas asisten apoteker dan membuatkinerja apotek menjadi lebih efektif dan efisien.
Kata kunci : Sistem Informasi, Sistem Informasi Apotek 
1.1. Latar Belakang
 Apotek merupakan salah satu jenis usahadibidang perobatan yang sangat memerlukanadanya sistem informasi pengolahan data untukmempermudah dan memperlancar kinerjanya.Sekarang ini, masih banyak penulisan /pencatatan data-data (obat) pada apotek yangdilakukan secara konvensional. Cukup banyakapotek yang masih memberdayakan tenagamanusia untuk mengolah data-data yang adademi memperlancar usahanya. Salah satunyaadalah Apotek Jati Farma. Sistem yang masihdigunakan adalah sistem konvensional yaitumelakukan pencatatan, baik itu transaksipenjualan ataupun pembelian barang ke dalamsebuah buku. Karena sistem konvensionaltersebut membuat kinerja apotek menjadi kurangefektif dan efisien. Dan untuk proses kalkulasipenjualan obat yang hanya menggunakan carakonvensional yaitu dengan alat penghitungkalkulator.
 
Untuk menghitung dan memproses datapenjualan obat yang dilakukan secarakonvensional akan memakan banyak waktu dantenaga, belum lagi kesalahan yang rentanterjadi. Biasanya data-data yang masuk akandicatat ke dalam sebuah buku, pencatatan inimerupakan pekerjaan yang tidak mudah danselain membutuhkan waktu juga sangatmenguras tenaga. Selain itu penyusunan data-data pada apotek yang ada juga akan terhambatdengan dilakukannya cara-cara pengelolaanyang masih bersifat konvensional.
 
Indonesian Jurnal on Computer Science - Speed (IJCSS) 15 FTI UNSA Vol 10 No 1 – Februari 2012 - ijcss.unsa.ac.id ISSN : 1979-9330 (Print) - 2088-0154 (Online) - 2088-0162 (CDROM)
141
Dalam pembuatan laporan apotek jugamengalami kendala. Memerlukan waktu dantenaga untuk mengolah laporan untuk data-datayang masih berbentuk kertas sehingga laporan -laporan yang diperlukan tidak dapat langsungdisediakan.Pada apotek banyak data-data obat, datatransaksi, dan lain - lain yang tidak mungkindihafalkan. Oleh sebab itu, dibutuhkan sebuahsistem yang dapat mendata daftar - daftar datatersebut dengan melakukan perbaikan dalampengelolaan sebuah sistem pengolahan data.Perbaikan yang akan dilakukan yaitu membuatsistem pencatatan dengan menggunakan sistemyang berbasis komputer, baik dari segipendataan barang persediaan, pencatatan datatransaksi, dan proses yang lainnya yangberhubungan dengan aktivitas pada apotek yangbersangkutan.Database ada untuk melayani kebutuhanaplikasi. Aplikasi adalah satu unit perangkatlunak yang dibuat untuk melayani kebutuhanakan beberapa aktivitas. Dengan adanyasebuah aplikasi sistem informasi penjualan obatpada Apotek yang akan dibuat ini, maka sisteminformasi Apotek akan dapat dikelola denganlebih baik lagi.
1.2. Rumusan Masalah
1. Bagaimana mengatasi pencatatan datatransaksi yang masih menggunakancara konvensional ?2. Bagaimana tindakan yang dilakukanuntuk perbaikan data apabila terjadikesalahan pada proses pencatatan ?3. Bagaimana mengatasi pencarian data-data yang kurang efektif ?
1.3. Batasan Masalah
 Agar penyusunan laporan skripsi ini dapatterarah dan tidak menyimpang dari tujuan yanghendak dicapai maka diperlukan batasan –batasan masalah dalam pembahasannya. Adapun yang menjadi batasan masalah dalampembahasan skripsi ini adalah:1. Penelitian dilakukan di Apotek JatiFarma Arjosari2. Penelitian ini membuat sebuah SistemInformasi Penjualan Obat1.4. TujuanTujuan pembuatan penelitian ini adalahsebagai berikut : penelitian ini dibuat dengantujuan untuk menghasilkan sistem yang berbasiskomputer serta memudahkan asisten apoteker dan karyawan apotek dalam melakukanpencatatan transaksi.1.5. ManfaatPenelitian ini dibuat untuk meningkatkankinerja apotek serta mendukung pencapaiantujuan organisasi secara efektif dan efisien
2.1. Data
Menurut Sutanta (2004:4), data dapatdidefenisikan sebagai bahan keterangan tentangkejadian-kejadian nyata atau fakta-fakta yangdirumuskan dalam kelompok lambang tertentuyang tidak acak yang menunjukkan jumlah,tindakan, atau hal. Data dapat berupa catatan-catatan dalam kertas, buku, atau tersimpansebagai file dalam basis data. Data akanmenjadi bahan dalam suatu proses pengolahandata. Oleh karenanya, suatu data belum dapatberbicara banyak sebelum diolah lebih lanjut.
2.2.
Sistem
 
Menurut Jogiyanto (dalam Yakub, 1999:1),terdapat dua kelompok pendekatan sistem didalam mendefinisikan sistem, yaitu pendekatanpada prosedur dan pendekatan padakomponen/elemen.Pendekatan sistem pada prosedurnyamendefenisikan sistem sebagai berikut : “
Suatu sistem merupakan suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan,berkumpul bersama - sama untuk melakukan suatu kegiatan atau tujuan tertentu ”.
 Sedangkan pendekatan sistem padakomponen atau elemennya mendefenisikansistem sebagai berikut :
“ Sistem merupakan bagian-bagian elemen yang saling berinteraksi dan saling berhubungan untuk mencapai membentuk satu kesatuan “.
 
2.3. Informasi
Menurut Sutanta (2004:4), informasimerupakan hasil pengolahan data sehinggamenjadi bentuk yang penting bagi penerimanyadan mempunyai kegunaan sebagai dasar dalampengambilan keputusan yang dapat dirasakanakibatnya secara langsung saat itu juga atausecara tidak langsung pada saat mendatang.Untuk memperoleh informasi, diperlukan adanyadata yang akan diolah dan unit pengolah.
2.4. Sistem Informasi
Menurut Henry C Lucas (1982:35), yangditerjemahkan oleh Jugianto H.M, menyatakanbahwa sistem Informasi adalah : suatu kegiatandari prosedur-prosedur yang diorganisasikan,
 
Indonesian Jurnal on Computer Science - Speed (IJCSS) 15 FTI UNSA Vol 10 No 1 – Februari 2012 - ijcss.unsa.ac.id ISSN : 1979-9330 (Print) - 2088-0154 (Online) - 2088-0162 (CDROM)
142
bilamana dieksekusi akan menyediakaninformasi untuk mendukung pengambilankeputusan dan pengendalian di dalamorganisasi.
2.5. Sistem Informasi Penjualan Apotek
Sistem Informasi Penjualan Apotek adalahsuatu kumpulan informasi yang mendukungsuatu proses pemenuhan kebutuhan suatuinformasi yang bertanggung jawab untukmenyediakan informasi penjualan obat dalamsatu kesatuan proses yang bertujuan untukmeningkatkan pelayanan pada Apotek JatiFarma.
3.a. Analisis
Sistem
Sistem pelayanan yang dilakukan ApotekJati Farma Arjosari ini masih memiliki masalah.Masalah-masalah yang sering dialami misalnya :Pencatatan transaksi penjualan, pencatatan stokobat, sampai kepada pembuatan laporan masihsering terjadi kesalahan karena sistem yangdigunakan bersifat konvensional. Hal tersebutterbukti dengan adanya data primer secarakonvensional.Metode yang digunakan untuk menganalisissistem, adalah metode analisis PIECES(
peformance, information, economic, control,eficiency, dan service 
). Dalam mengidentifikasimasalah ini harus dilakukan analisis terhadapkinerja, informasi, ekonomi, keamanan aplikasi,efisiensi dan pelayanan pelanggan.
3. b Perancangan Sistem
Menurut Yakub (2012:145), perancangansistem dapat didefinisikan sebagaipenggambaran, perencanaan, dan pembuatansketsa atau pengaturan dari beberapa elementerpisah ke dalam satu kesatuan yang utuh danberfungsi. Tujuan dari rancangan sistem adalahuntuk memenuhi kebutuhan kepada pemakaisistem, dan untuk memberikan gambaran secara jelas dan rancang bangun yang lengkap kepadapemrogram komputer dan ahli-ahli tekniklainnya.
3.
c
Struktur DatabaseTabel 3.1 Tabel Data BarangTabel 3.2 Tabel Data Jenis BarangTabel 3.3 Tabel Data Faktur PenjualanTabel 3.4 Tabel Data Detail Penjualan3. d Kerangka Pemikiran
ProsesPencatatan Konvensional AnalisisPermasalahanPerancanganSistemPembuatan Aplikasi SistemInformasi PenjualanMenggunakan Software VisualBasic 6.0

Activity (2)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->