Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
28Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Tutorial on-Track Easy Recovery

Tutorial on-Track Easy Recovery

Ratings: (0)|Views: 2,621 |Likes:
Published by mahjonk

More info:

Published by: mahjonk on Mar 13, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/10/2014

pdf

text

original

 
TUTORIAL ON-TRACK EASY RECOVERYPROFESIONALPendahuluan
Kehilangan data, seringkali merupakanmasalah serius apalagi jika data tersebutsangat berharga, menyangkut arsipperusahaan, data pribadi, tugas kuliah maupunyang lain. Keuntungan data dalam bentukdigital adalah data tersebut lebih mudahditemukan kembali dengan beberapa tool yangtersedia. Berbeda dengan data dalam hardcopyyang seringkali untuk menemukannya kembalidibutuhkan waktu dan biaya yang lebih banyak.Di jagat dunia maya ini, bisa kitatemukan banyak tool untuk recovery data baikyang gratisan maupun berbayar. Salah satutool yang cukup handal untuk menangani haltersebut adalah On-Track Easy RecoveryProfesional.Meskipun fitur lengkap tool iniberbayar tetapi untuk versi trialnya sudahsangat mencukupi untuk kita gunakan dalamkondisi yang tidak terlalu darurat. Selainfiturnya yang lengkap, tool ini juga relatif mudah digunakan dengan interface yangsederhana namun interaktif.
Pengunaan
Berikut adalah fitur-fitur yang terdapatpada On-Track Easy Recovery versi 6.04.
Disk Diagnostic 
1.
 
Drive TestDigunakan untuk mengecek kondisihard-drive. Di dalamnya ada dua pilihan yakniQuick Diagnostic untuk melakukan pengecekansecara umum dan Full Diagnostic untukmelakukan pengecekan keseluruhan.2.
 
Smart TestSMART merupakan singkatan dari Self-Monitoring, Analysis and Reporting Technologyberfungsi untuk mencegah hilangnya datadengan memprediksi kegagalan drivemenggunakan alghoritma khusus.3.
 
Size ManagerUntuk mengetahui secara detailinformasi penggunaan hard-drive.4.
 
Jumper ViewerUntuk mengetahui penempatan jumper pada IDE/ATA hard-drive. Untukmenggunakannya anda memerlukan koneksiinternet.5.
 
Partition TestUntuk menganalisa struktur file systempada drive.6.
 
Data AdvisorUntuk membuat tool guna mengecekkondisi system computer pada sebuah disket.Untuk menjalankan menu-menu diatas, anda tinggal melakukan klik pada pilihandan tekan next untuk pilihan-pilihanberikutnya.
 
Data Recovery 
1.
 
Advanced RecoveryUntuk mengembalikan data denganberbagai pilihan. Pertama klik AdvancedRecovery, selanjutnya pilih salah satu driveanda di mana terdapat data yang maudikembalikan. Klik Advanced Option untukpilihan lebih lanjut. Di sini anda bisamenentukan scan drive dimulai dari dansampai sector ke berapa, file system yangdigunakan pada drive anda, setting partisi, danpilihan recovery dengan menyertakan datayang memiliki berbgai macam atribut invalidatau tidak. Setelah pengaturan selesai, klik OKuntuk kembali ke form sebelumnya. Klik nextdan tunggu beberapa saat untuk mengetahuihasilnya.Hasil yang ditampilkan akan terstrukturseperti pada windows explorer. Ada bisamencari data anda pada masing-masing folder,atau untuk mencari data yang sudah terhapusbisa anda buka folder lost file. Untukmempermudah pencarian, anda bisamenggunakan filter option untuk membatasipencarian kepada format-format tertentu,berdasar kondisi baik buruknya data, atauberdasarkan ukuran.2.
 
Deleted RecoveryUntuk mengembalikan data yangterhapus. Langkah pertama seperti halnyapada Advanced Recovery, anda bisa memilihdrive yang diinginkan. Secara default scan driveakan dilakukan secara quick tetapi untuk lebihkomplitnya anda bisa centak pilihan completescan. Pilihan filter yang tersedia hanyaberdarkan extensi data.3.
 
Format RecoveryUntuk mengembalikan data pada driveyang terformat. Salah satu keunggulan On-Track Easy Recovery Pofesional terletak padafitur ini. Dari pengalaman yang penulis alami,tool ini mampu mengembalikan data pada
 
hard-disk yang terformat sampai mendekati100 %. Tentunya hal itu berdasarkan kondisifisik dari masing-masing hard-disk yangterformat, tetapi dibandingkan denganbeberapa tool recovery lain, tool ini mampubekerja lebih sempurna.Yang perlu anda lakukan hanyamemilih drive yang terformat dan tentukan filesystem sebelum drive tersebut terformat. Kliknext dan tunggu hasilnya.4.
 
Raw RecoveryFitur ini bekerja dengan menscansemua sector drive yang corrupt menggunakanalgoritma pencarian signature file. Fitur inimerupakan usaha terakhir ketika struktur padadrive tersebut benar-benar rusak.Cukup pilih drive, tentukan file typedan klik next.5.
 
Resume RecoveryKetika anda menggunakan fitur-fitur iniuntuk mengembalikan data, akan ada pilihanuntuk menyimpan hasil recovery sebagairesume yang bisa digunakan ketikamenggunakan fitur-fitur ini lagi.6.
 
Emergency DisketteUntuk membuat emergency bootdiskette yang bisa digunakan untukmengembalikan data meskipun kita tidak bisabooting ke windows.Cara kerjanya cukup sederhana.Masukkan disket pada floppy disk, pilihemergency diskette dan ikuti perintahselanjutnya dengan menekan next.
File Repair 
1.
 
Access Repair2.
 
Excel Repair3.
 
Power Point Repair4.
 
Word Repair5.
 
Zip RepairLima fitur ini memiliki cara kerja yangsama. Tinggal anda pilih jenis data yang maudiperbaiki kemudian pilih lokasi data tersebutberada. Tentukan juga lokasi penempatan datasetelah diperbaiki. Klik next dan selesai.Sebagai tambahan fitur-fitur ini tidak bisaberjalan ketika ada aplikasi serupa yang sedangaktif. Jadi misalnya anda mau memperbaiki fileword, pastikan semua aplikasi word andatertutup.

Activity (28)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Adhi Nugroho liked this
Rizki Farendika liked this
nucayang liked this
Riza Syaiful liked this
endroarif liked this
musthafelhamidi liked this
mobilsedan liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->