Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
10Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
MAKALAH SENAM LANTAI.docx

MAKALAH SENAM LANTAI.docx

Ratings:

5.0

(2)
|Views: 21,139 |Likes:
Published by Rian Aryana

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Rian Aryana on Mar 26, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/03/2014

pdf

text

original

 
1
BAB I
 
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
 
Senam merupakan suatu cabang olahraga yang melibatkan performa gerakan yangmembutuhkan kekuatan, kecepatan dan keserasian gerakan fisik yang teratur. Bentuk moderndari senam ialah : Palang tak seimbang, balok keseimbangan, senam lantai. Bentuk-bentuk tersebut konon berkembang dari latihan yang digunakan oleh bangsa Yunani kuno untuk menaikidan menuruni seekor kuda dan pertunjukan sirkus.Senam biasa digunakan orang untuk rekreasi, relaksasi atau menenangkan pikiran, biasanyaada yang melakukannya di rumah, di tempat fitness, di gymnasium maupun di sekolah.Sekarang, sejak kecil banyak anak sudah terbiasa diajarkan senam, baik oleh orang tua, maupunoleh pengajar olahraga di sekolah.Senam sangat penting untuk pembentukan kelenturan tubuh, yang menjadi arti penting bagikelangsungan hidup manusia.Senam ada berbagai macam, diantaranya senam lantai, senam hamil, senam aerobik, senampramuka, Senam Kesegaran Jasmani (SKJ), dll. Biasanya di sekolah dasar, guru-gurumengajarkan senam-senam yang mudah dicerna oleh murid, seperti SKJ dan senam pramuka.Namun ketika beranjak remaja, banyak orang melakukan senam aerobik, ataupun senam laintermasuk meditasi untuk menenangkan diri.
1.2 Tujuan Penulisan
Untuk menambah wawasan tenetang senam khususnya tentang senam lantai dan untuk mendapatkan nilai.
1.3 Metode penulisan
Metode penulisan makalah ini dengan cara mencari di internet.
 
2
BAB IIPEMBAHASAN
2.1 Sejarah Senam
Senam pertama kali diperkenalkan pada zaman Yunani kuno. Senam berasal dari kataGymnastics, Gymnas berarti telanjang, sebab pada waktu itu orang-orang berlatih tanpamemakai pakaian. Sedangkan Gymnasium adalah suatu tempat yang dipergunakan untuk mengadakan latihan senam. Pada zaman itu Gymnastik dilakukan dalam rangka upacara-upacarakepercayaan yaitu guna menyembah dewa Zeus.Pada awal permulaaan abad ke-20, senam telah menjadi rencana pendidikan di sekolah-sekolah Amerika. Hal ini berkat usaha dari Dr.J.F.Williams, Dr.Dubly sorgen dan ThomasD.Wood.Frederik Jahn adalah bapak Gymnastik, dia memkombinasikan latihan-latihan gimnastik dengan pertunjukan-pertunjukan patriotik. Dia juga menemukan beberapa perelatan senam,diantaranya adalah palang horizontal, palang sejajar, kuda-kuda melintang, dan bak lompat.Senam di Negara Indonesia sudah dikenal sejak zaman penjajahan Belanda. Pada waktu itu
namanya “Gymnastiek”, zaman jepang dinamakan “Taiso”. Pemakaian istilah “senam” sendiri
kemungkinkan bersamaan dengan pemakaian kata olahraga sebagai pengganti kata sport.
2.2 Pengertian Senam
Senam adalah aktivitas fisik yang dilakukan baik sebagai cabang olahraga tersendirimaupun sebagai latihan untuk cabang olahraga lainnya. Berlainan dengan cabang olahraga lainumumnya yang mengukur hasil aktivitasnya pada obyek tertentu, senam mengacu pada bentuk gerak yang dikerjakan dengan kombinasi terpadu dan menjelma dari setiap bagian anggota tubuhdari komponen-komponen kemampuan motorik seperti : kekuatan, kecepatan, keseimbangan,kelentukan, agilitas dan ketepatan. Dengan koordinasi yang sesuai dan tata urutan gerak yangselaras akan terbentuk rangkaian gerak artistik yang menarik.
 
3
Untuk mengetahui pengertian senam, kita harus mengetahui cirri-ciri senam antara lain:1.
 
Gerakan-gerakannya selalu dibuat atau diciptakan dengan sengaja2.
 
Gerakan-gerakannya harus selalu berguna untuk mencapai tujuan tertentu (meningkatkankelentukan, memperbaiki sikap dan gerak atau keindahan tubuh, menambah ketrampilan,meningkatkan keindahan gerak, meningkatkan kesehatan tubuh)3.
 
Gerakannya harus selalu tesusun dan sistematisBerdasarkan cirri-ciri diatas, batasan senam adalah latihan tubuh yang dipilih dan diciptakandengan berencana, disusun secara sistematis dengan tujuan membentuk dan mengembangkanpribadi secara harmonis. Pada tingkat sekolah atau yunior pertandingan dapat dibatasi padanomor-nomor tertentu, biasanya senam lantai dan kuda-kuda lompat. Pertandingan tingkatNasional dan Internasional bagi pria terdiri dari 6 (enam) nomor yakni : senam lantai, kuda-kudalompat, kuda-kuda pelana, palang sejajar, palang tunggal, dan gelang-gelang. Sedang bagi wanitaada 4 (empat) nomor : senam lantai, kuda-kuda lompat, balok keseimbangan, dan palangbertingkat.Penilaian diberikan oleh 4 (empat) orang wasit yang dipimpin oelh seorang wasit kepala.Setiap peserta pertandingan harus melakukan 2 (dua) macam rangkaian pada setiap nomor ataualat, satu rangkaian wajib (yang telah ditentukan terlebih dahulu) dan satu rangkaian pilihan ataubebas masing-masing. Nilai seseorang adalah rata-rata dari dua nilai tengah dengan membuangnilai tertinggi dan nilai terendah dari 4 (empat) orang wasit. Pesenam dengan nilai akumulasitertinggi menjadi juara ke I dalam kategori serba bisa, tertinggi kedua menjadi juara ke II danseterusnya.Juara regu ditentukan dengan penjumlahan 5 (lima) nilai terbaik dari 6 (enam) anggota regudan setiap alat. 6 (enam) peserta terbaik dari semua atlet turut dalam pertandingan final padatiap-tiap atlet dan nilai akhir yaitu rata-rata dari rangkaian bebas/pilihan dan wajib terdahuludisatukan dengan nilai rangkaian bebas/pilihan dalam final. Nilai ini menentukan urutanpemenang tiap alat.

Activity (10)

You've already reviewed this. Edit your review.
Rezkhye Sahid added this note
like it
Achi Deciww liked this
Rezkhye Sahid liked this
Ferry Scy liked this
Iwan Kusti liked this
Kanado Waruhu liked this
1 hundred reads
1 thousand reads

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->