Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
357Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Materi Smp Kelas 8 Bab Vi (Bunyi)

Materi Smp Kelas 8 Bab Vi (Bunyi)

Ratings:

4.67

(9)
|Views: 49,731 |Likes:
Published by Pristiadi Utomo
Gelombang bunyi termasuk gelombang mekanik yang merambat memerlukan medium. Gelombang bunyi termasuk gelombang longitudinal. Materi bunyi dipelajari di SMP kelas 8. Pak Pris dengan senang hati membantu peningkatan akademis siswa siswi Indonesia.
Gelombang bunyi termasuk gelombang mekanik yang merambat memerlukan medium. Gelombang bunyi termasuk gelombang longitudinal. Materi bunyi dipelajari di SMP kelas 8. Pak Pris dengan senang hati membantu peningkatan akademis siswa siswi Indonesia.

More info:

Published by: Pristiadi Utomo on Mar 13, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/18/2013

pdf

text

original

 
 Drs. Pristiadi Utomo, M.Pd.
FISIKA KELAS VIII 
 Drs. Pristiadi Utomo, M.Pd.
BAB VIB U N Y I
GAMBAR DI ATAS MENUNJUKAN BERBAGAI JENIS ALAT MUSIK YANG DAPAT MENIMBULKAN BUNYI. PERPADUAN DI ANTARA MEREKA DAPAT MEMBUAT SUARA MUSIK YANG INDAH. MUSIK DAPAT MEWARNAI KEHIDUPAN INI DANMENGISI KESUNYIAN DUNIA INI.BAGAIMANA GENDANG DAPAT MENIMBULKAN BUNYI ?, MENGAPA DAPATERDENGAR BUNYI SERULING? SALAH SATU SEBABNYA ADALAHTERJADINYA RESONANSI UDARA DENGAN ALAT-ALAT MUSIK TERSEBUT DALAM BAB INI ANDA AKAN MEMPELAJARI KARAKTERISTIK BUNYI,RESONANSI BUNYI HINGGA PEMANFAATAN BUNYI DALAM KEHIDUPAN
SEHARI-HARI
 Drs. Pristiadi Utomo, M.Pd.
1
Pembelajaran Bunyi pada bab ini bertujuan agar Anda dapat :Membedakan Infrasonik, Ultrasonik dan Audiosonik Memaparkan karakteristik gelombang bunyiMenunjukan gejala resonansi dalam kehidupan sehari-hariMemberikan contoh pemanfaatan dan dampak pemantulan bunyi dalam kehidupan sehari-hariMerencanakan percobaan untuk mengukur laju bunyi*)
 
 Drs. Pristiadi Utomo, M.Pd.
A. Membedakan Infrasonik, Ultrasonik dan Audiosonik 
Menurut teori partikel, setiap zat tersusun atas partikel-partikel zat. Partikel-partikel tersebutselalu dalam keadaan bergetar dan bergerak. Jadi, sebenarnya setiap zat selalu dalam keadaan bergetar (getaran alamiah). Padahal getaran merupakan sumber bunyi. Namun, kenyataannya bunyi yang dihasilkan oleh getaran partikel benda tidak dapat kita dengar. Hal ini menunjukkan bahwa tidak setiap bunyi dapat kita dengar.Bunyi-bunyi yang kita dengar masuk melalui lubang telinga, kemudian akan menggetarkangendang telinga dan menghasilkan gelombang sinyal. Gelombang sinyal ini menjadi kejutansyaraf pada rumah siput yang akan dikirim ke otak untuk diterjemahkan. Gambar 4.1menggambarkan bagian-bagian dari telinga.Telinga kita hanya dapat mendengar bunyi yang mempunyai frekuensi tertentu. Bunyi yangdapat kita dengar dinamakan bunyi audio (Audiosonik).Bunyi audio (audiosonik) mempunyai frekuensi antara 20 Hz sampai 20.000 Hz. Jadi, kita akandapat mendengar suatu bunyi berkisar 20 Hz – 20.000 Hz. Bunyi di bawah 20 Hz atau di atas20.000 Hz tidak dapat kita dengar. Namun beberapa orang yang memiliki pendengaran tajamdapat saja mendengar bunyi dengan frekuensi di bawah 20 Hz atau di atas 20.000 Hz. Hal itusebagai pengecualian saja. seiring bertambahnya usia, kemampuan pendengaran manusia berkurang, apalagi kalau sering mendengar suara yang bising dan gaduh, misalnya suara mesin pabrik, kendaraan bermotor, suara pesawat atau konser-konser musik.Bunyi yang frekuensinya kurang dari 20 Hz disebut infrasonik, sedangkan bunyi yangfrekuensinya lebih dari 20.000 Hz disebut ultrasonik. Bunyi infrasonik dihasilkan oleh bergetarnya benda-benda beukuran besar, seperti gempa bumi, atau gunung meletus. Sehinggakalau akan terjadi gempa atau gunung meletus, ada hewan-hewan tertentu yang sudah dapatmendeteksi dan hewan tersebut akan lari mencari tempat yang aman.
 Drs. Pristiadi Utomo, M.Pd.
2Indikator:MembedakanInfrasonik,Ultrasonik danAudiosonik DauntelingaLubangtelingaRumah siputSaluran setengah lingkaranTulan rawanTulangrawanGendangTelinga
Gambar 6.1Bagian-bagianTelinga
 
Gambar 6.2 Kelelawar dapatmendengar bunyi ultrasonik dan infrasonik 
 Drs. Pristiadi Utomo, M.Pd.
Meskipun telinga manusia tidak mampu menangkap gelombang bunyi infrasonik dan ultrasonik,hewan-hewan tertentu mampu menangkap gelombangtersebut. Hewan-hewan itu memiliki kepekaan luar biasamisalnya: jangkrik, anjing, lumba-lumba, dan kelelawar dapat mendengar infrasonik. Kelelawar juga dapatmenghasilkan dan mendengar bunyi ultrasonik.Pada malam hari sering kamu mendengar suara jangkrik dikebun atau ladang. Cobalah kamu tangkap jangkrik yangsedang berbunyi di sarangnya. Biasanya jangkrik telah berhenti berbunyi sebelum langkahkakimu sampai di dekat sarangnya. Hal itu membuktikan bahwa bunyi langkah kaki yang sangat pelan dan tidak dapat didengar oleh telinga, ternyata dapat didengar oleh jangkrik.Getaran ultrasonik yang dipancarkan oleh kelelawar mempunyai peranan sangat penting.Mengapa demikian? Getaran ultrasonik merambat lebih cepat daripada kecepatan terbangkelelawar. Apabila getaran ultrasonik mengenai benda-benda di depannya, seperti tembok danranting pepohonan, getaran itu akan dipantulkan dan ditangkap kembali oleh kelelawar.Selanjutnya dengan gesit kelelawar beraksi sehingga terhindar dari tabrakan dengan benda- benda yang ada di depannya.
Manfaat Getaran ultrasonik 
Dalam era modern dewasa ini ultrasonik dapat diterapkan dalam berbagai bidang, yaitu:1.Sistem PertahananUltrasonik dimanfaatkan dalam alat sonar (sound navigation and ranging), yaitu sebagai alatdetektor di bawah air. misalnya ultrasonik dipasang pada kapal pemburu untuk mengetahui posisi kapal selam atau sebaliknya dipasang pada kapal selam untuk mengetahui kedudukankapal di permukaan laut.2.KesehatanFungsi ultrasonik hampir menyerupai sinar-X, yaitu untuk melihat organ-organ tubuh bagiandalam, khususnya organ tubuh yang tidak boleh dilihat dengan sinar-X, misalnya janindalam rahim. Alat kesehatan itu dinamakan Ultrasonography (USG).3.IndustriDalam industri ultrasonik digunakan untuk meratakan campuran susu agar homogen,membersihkan benda yang halus, meratakan campuran besi dan timah yang dilebur dalamindustri logam, untuk sterilisasi pada pengawetan makanan dalam kaleng dan sebagainya.
 Drs. Pristiadi Utomo, M.Pd.
3

Activity (357)

You've already reviewed this. Edit your review.
Hera Khaerani added this note
yah lengkap sipppp
1 hundred thousand reads
liebedeutsch liked this
Kholik Sumarna liked this
Ikka RiAnna liked this
Tia41 liked this
Sitta Febrianti liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->