Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
101Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Materi Smp Kelas 8 Bab III (Kalor)

Materi Smp Kelas 8 Bab III (Kalor)

Ratings:

4.67

(3)
|Views: 27,721|Likes:
Published by Pristiadi Utomo
Materi kalor merupakan pengembangan kekekalan energi terutama energi panas yang dilepas atau diserap suatu benda. Pak Pris akan dengan senang hati membantu peningkatan akademis siswa siswi Indonesia.
Materi kalor merupakan pengembangan kekekalan energi terutama energi panas yang dilepas atau diserap suatu benda. Pak Pris akan dengan senang hati membantu peningkatan akademis siswa siswi Indonesia.

More info:

Published by: Pristiadi Utomo on Mar 13, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

04/01/2013

pdf

text

original

 
 Drs. Pristiadi Utomo, M.Pd.
FISIKA KELAS VIII 
 Drs. Pristiadi Utomo, M.Pd.
BAB II KALOR 
GAMBAR DI ATAS MERUPAKAN MATAHARI.MATAHARI ADALAH SUMBER PANAS DI MUKA BUMI, ENERGI PANAS DARIMATAHARI MENJADI SUMBER KEHIDUPAN DI DUNIA. TANPA ADA ENERGIPANAS DARI MATAHARI TIDAK ADA KEHIDUPANBAB INI AKAN MEMPELAJARI ENERGI PANAS (KALOR), DAN KONSEP PANASDALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI.
 Drs. Pristiadi Utomo, M.Pd.
18
Pembelajaran ini bertujuan agar Anda dapat :
Menyelidiki pengaruh kalor terhadap :a .perubahan suhu benda b. perubahan wujud bendaMenyelidiki:faktor-faktor yang dapat mempercepat penguapan banyaknya kalor yang diperlukan untuk menaikan suhu zatkalor yang dibutuhkan pada saat mendidih dan melebur 
 
 Drs. Pristiadi Utomo, M.Pd.
Pengertian Kalor
Kamu tentu pernah merebus air bukan? Air yang tadinya terasa dingin dan sejuk setelah direbus beberapa saat akan terasa hangat dan lama-kelamaan menjadi panas.Tahukah Kamu mengapa demikian? Selama direbus air mendapat energi dari apiyang menyala di bawah air tersebut. energi yang dihasilkan oleh nyala api akan berpindah ke air dan berubah menjadi panas dalam air. Bentuk energi yang berpindahkarena perbedaan suhu disebut sebagai energi kalor. Perpindahan energi kalor selaluterjadi dari benda bersuhu tinggi ke benda yang bersuhu rendah. Jadi jika ada dua buah benda A dan B mempunyai suhu yang berbeda, dan suhu A lebih dari suhu Bkemudian kedua benda tersebut disentuhkan maka suhu A akan menurun dan suhu Bakan naik hingga suhu kedua benda tersebut setimbang.Oleh karena kalor adalah bentuk energi maka dimensi untuk kalor sama dengandimensi energi yaitu [ML
2
T
2
] dan satuan kalorpun mengikuti pada satuan energiyaitu joule atau kalori. Hubungan joule dan kalori adalah :1 kalori = 4,2 joule atau 1 joule = 0,24 kalori
A. Pengaruh kalor terhadap perubahan suhu dan perubahan wujudzat1. Kalor dapat mengubah suhu benda
Pada pembahasan sebelumnya telah dibahas tentang perpindahan kalor dari bendayang bersuhu tinggi menuju benda yang suhunya rendah untuk mengamati lebih jelastentang perpindahan kalor maka lakukanlah percobaan berikut
Kegiatan 3.1.
Tujuan :Mengamati perpindahan kalor dan benda yang dapat melepas dan menerimakalor 1.Sediakan segelas air dingin, segelas air panas, termometer dan sebuah wadah plastik.2.Ukurlah suhu air pada masing-masing kedua gelas3.Campurkan air dari dari kedua gelas tersebut ke dalam wadah plastik 4.Selang beberapa saat ukurlah suhu air campuran tersebut5.Apakah kesimpulanmu?
 Drs. Pristiadi Utomo, M.Pd.
19
 
 Drs. Pristiadi Utomo, M.Pd.
Suhu air yang tadinya panas sekarang menjadi lebih dingin dan suhu air yang tadinyadingin menjadi lebih panas hal ini menunjukkan bahwa air panas melepaskan kalor dan air dingin menerima kalor dari air panas untuk menaikkan suhunya.Tidak hanya zat cair yang dapat melepas dan menerima kalor, semua benda dapatmelepas dan menerima kalor. Benda-benda yang bersuhu lebih tinggi darilingkungannya akan cenderung melepaskan kalor, demikian juga sebaliknya benda- benda yang bersuhu lebih rendah dari lingkungannya akan cenderung menerima kalor untuk menstabilkan kondisinya dengan lingkungan di sekitarnya.Ketika suatu zat melepas atau menerima kalor tentunya suhu zat tersebut akan berubah, dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa kalor dapat mengubahsuhu suatu benda.
2.Kalor dapat mengubah wujud zat
Kondisi wujud suatu benda sangat terpengaruh oleh keadaan suhu suatu zat tersebut.Pada umumnya benda-benda yang bersuhu rendah berwujud padat sedangkan benda- benda yang bersuhu tinggi akan berwujud cair atau gas. Perubahan wujud akanterjadi ketika kita memberikan atau mengambil kalor zat tersebut secara terusmenerus. Untuk lebih jelasnya lakukanlah percobaan berikut!
Kegiatan 3.2.
Tujuan : Mengamati peruibahan wujud suatu zat akibat penambahan kalor 
1.Sediakan sepotong es batu, bejana dan pembakar spirtus2.Masukan es ke dalam bejana kemudian letakkan diatas pemanas3.Panaskan es dalam bejana dan amati perubahan yang terjadi4.Panaskan terus bejana tersebut sampai semua es berubah menjadi cair danakhirnya mendidih.5.Amati perubahan yang terjadi dari awal praktikum sampai air mendidih.6.Apakah kesimpulanmu?Peristiwa perubahan zat padat menjadi zat cair disebut melebur (mencair)
B. Faktor-faktor yang mempercepat penguapan serta besarnya kaloruntuk menaikan suhu benda dan perubahan wujud benda.
Perubahan wujud dari zat cair menjadi gas disebut menguap. Beberapa faktor yangdapat mempercepat penguapan diantaranya adalah :
 Drs. Pristiadi Utomo, M.Pd.
20

Activity (101)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
lusinzha liked this
aida liked this
Dian Dewi liked this
Amwa Wiga liked this
Amsun Dalus liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->