Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
93Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Materi Smp Kelas 8 Bab IV (Perpindahan Kalor)

Materi Smp Kelas 8 Bab IV (Perpindahan Kalor)

Ratings:

4.5

(2)
|Views: 11,634 |Likes:
Published by Pristiadi Utomo
Materi Perpindahan kalor sangat penting dipahami sebagai bagian integral hukum kekekalan energi oleh siswa SMP. Pak Pris dengan senang hati membantu peningkatan akademik siswa siswi Indonesia.
Materi Perpindahan kalor sangat penting dipahami sebagai bagian integral hukum kekekalan energi oleh siswa SMP. Pak Pris dengan senang hati membantu peningkatan akademik siswa siswi Indonesia.

More info:

Published by: Pristiadi Utomo on Mar 13, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/23/2013

pdf

text

original

 
 Drs. Pristiadi Utomo, M.Pd.
FISIKA KELAS VIII 
 Drs. Pristiadi Utomo, M.Pd.
BAB IVPERPINDAHAN KALOR 
 
 A ir dalam ketel direbus menjadi mendidih berarti kalor telah berpindahdari kompor ke air. Seekor kucing merasa hangat di depan perapian.Kucing merasakan aliran kalor melalui udara. Pengait besi terasa panas pada ujung lainnya sementara ujung yang satu berada di bara api. PadaBAB ini Kamu akan mempelajari cara-cara fisik energi kalor berpindahyaitu melalui tiga cara konduksi, konveksi, dan radiasi.Cara fisik energi kalor dapat dipindahkan melalui tiga cara yaitu konduksi,konveksi dan radiasi. Konduksi memerlukan medium zat padat untuk mengalirkan kalor, konveksi terjadi pada zat cair maupun gas, tetapradiasi tidak selalu memerlukan perantara karena melalui gelombangelektromagnetik umumnya radiasi infra merah.Perpindahan kalor, dalam fisika adalah memindahkan energi kalor dari satu bagian ke bagian lain yang berbeda suhunya. Ketiga proses konduksi,konveksi dan radiasi dapat terjadi secara serempak, sebagai contoh padasaat merebus air dalam panci, kalor dipindahkan secara konduksi melalui dinding panci yang berisi air. Kalor dikonveksi air ke seluruh bagian, danradiasi nyala api ke segala arah.
 Drs. Pristiadi Utomo, M.Pd.
30
 
Pembelajaran ini bertujuan agar Anda dapat :
Menyelidiki perpindahan kalor secara konduksi (untuk zat padat), konveksi(untuk zat cair dan gas), dan radiasiMengidentifikasi zat yang termasuk konduktor dan isolator kalor Mengaplikasikan konsep perpindahan kalor untuk menyelesaikan masalah fisikasehari-hari misalnya pada termos dan setrika.
KONDUKSIKONVEKSI
 
 Drs. Pristiadi Utomo, M.Pd.
A.
Membedakan Perpindahan Kalor Secara Konduksi, Konveksi dan RadiasiKonduksi
Konduksi adalah satu-satunya cara perpindahan kalor dalam zat padat. Dalam perpindahan inienergi kalor dialirkan dari suatu bagian ke baguian lain melalui perambatan “energi dalam” darisatu partikel ditransfer ke partikel lain yang berdekatan dan berlanjut seterusnya secara berantingPerwujudan dari perambatan energi dalam ini merupakan getaran partikel di setiap titik kesetimbangannya.Bila perubahan suhu tiap ujung zat padat bervariasi secara linier maka konduksi kalor terjadisecara stasioner.A H A
Gambar 4.1. Perpindahan kalor melalui zat padat
Bila zat padat sepanjang L kedua ujungnya memiliki suhu t
1
dan t
2
, dengan t
1
> t
2
dan luas penampang permukaan penerima kalor sebesar A maka kalor (
 Heat 
) yang mengalir sebesar Energi konduksiE =
 LkA
t, dengan satuan jouleDaya hantar konduksi P =
 LkA
, dengan satuan wattIntensitas konduksiH =
 L
, dengan satuan watt/m
2
, dimana perubahan suhu
t = t
1
– t
2
dan t adalah waktu berlangsungnya konduksi.Dimana k adalah koefisien konduksi atau konduktivitas termal benda, dan A adalah luas penampang yang di lalui hantaran kalor.
Konveksi
Istilah konveksi dipakai untuk perpindahan kalor dari satu tempat ke tempat lain akibat perpindahan bahannya sendiri. Jadi perpindahan kalor ini dibawa oleh materi itu sendiri danmateri itu berupa zat cair atau gas yang biasa disebut dengan fluida.Jika bahan yang dipanaskan dipaksa bergerak dengan alat peniup atau pompa, prosesnya disebutkonveksi paksa. Namun jika bahan itu mengalir akibat perbedaan kerapatan massa prosesnya
 Drs. Pristiadi Utomo, M.Pd.
31
 
t
1
t
2
 
 Drs. Pristiadi Utomo, M.Pd.
disebut konveksi alamiah. Terjadinya angin darat maupun angin laut dapat jelaskan melaluikonveksi alamiah udara.Kalor yang diperoleh atau hilang dari suatu permukaan fluida bersuhu tertentu yang berhubungan pada fluida lain bersuhu berbeda, tergantung pada beberapa hal, misalnya :
Bentuk permukaan
Apakah zat fluida itu bersentuhan dengan permukaan fluida lain
Kerapatan massa, viskositas, kalor jenis dan konduktivitas termal
Apakah kecepatan fluida kecil sehingga aliran linier, ataukah kecepatan besamenimbulkan aliran terbuka
Apakah terjadi penguapan, pengembunan , dan lain-lain.Rumus konveksi sebagai berikut.Energi konveksiE = h A
t . t ,dengan satuan jouleDaya konveksiP = h A
t, dengan satuan wattIntensitas konveksiH = h
t,dengan satuan watt/m
2
Dengan h adalah koefisien konveksi zat cair.
Radiasi
Proses radiasi pada dasarnya berbeda dari konduksi dan konveksi dalam arti bahwa perpindahankalor tidak memerlukan medium. Bahkan dapat melalui ruang hampa.
Gambar 4.2. Radiasi matahari dalam bentuk gelombang elektromagnetik mencapai bumi melaluiruang hampa udara
Radiasi adalah suatu istilah yang biasanya berlaku untuk bermacam-macam gejala gelombangelektromagnetis. Beberapa gejala radiasi dapat diuraikan dalam kaitan dengan teori gelombangdan yang lain dapat diterangkan dalam kaitan dengan teori kuantum. Ahli ilmu fisika Amerikakelahiran Jerman Albert Einstein tahun 1905 menunjukkan perilaku energi radiasi yangterkuantisasi dalam eksperimen fotolistriknya.Ahli ilmu fisika Jerman Max Planck pada tahun 1900menggunakan teori kuantum dan mekanikastatistik untuk memperoleh hukum pokok radiasi.
 Drs. Pristiadi Utomo, M.Pd.
32

Activity (93)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Iman Racyid liked this
ryunanti liked this
Maya Rizki Anisa liked this
Maya Rizki Anisa liked this
Maya Rizki Anisa liked this
Iif Skm Setia liked this
Adhe Syabani liked this
Aditia Anggara liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->