Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
4Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Format Penilaian Kinerja Guru Tagihan

Format Penilaian Kinerja Guru Tagihan

Ratings: (0)|Views: 749 |Likes:
Published by Arif Harianto, S.Pd

More info:

Published by: Arif Harianto, S.Pd on Mar 27, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/27/2014

pdf

text

original

 
FORMAT PENILAIAN KINERJA GURU
CATATAN PENGAMATAN
Sebelum Pengamatan
Tanggal
1 November 2012
Dokumen
 
dan
 
 bahanlain yang
 
diperiksa
Silabus,RPP, job sheet, Bahan Ajar/modul pembelajaran,Media Pembelajaran, Portofolio Tugas Tertruktur Siswa,Jurnal Kelas/ agenda pembelajaran, Daftar Hadir Siswa,daftar nilai siswa,
Tanggapan
 
 Penilai
 
terhadap
 
dokumen
 
dan/atau
 
keterangan
 
 guru
1.Tujuan pembelajaran telah sesuai dengan SK dan KD2.Tujuan pembelajaran yang dirumuskan di RPP telah mencakup semuaindikator ketercapaian hasil belajar.3.Guru telah menyusun bahan ajar dari yang sederhana ke kompleks, mudahke sulit dan/atau konkrit ke abstrak sesuai dengan tujuan pembelajaran4.Guru menggunakan berbagai strategi, pendekatan, dan metode pembelajaran relevan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang ingin dicapai/kompetensi dan telah dikuasai siswa.5.Guru memilih sumber belajar/media pembelajaran (misalnya buku, moduluntuk kompetensi kognitif; media audio visual, Komputer untuk kompetensiketerampilan) telah dapat dipakai untuk mencapai tujuan pembelajaran ataukompetensi yang ingin dicapai6.Guru telah melakukan apersepsi dengan metode tanya jawab.7.Guru menyampaikan materi yang sesuai dengan tujuan pembelajaran yangdirumuskan dalam RPP8.Guru menyesuaikan materi, strategi dan kegiatan belajar dengankompetensi yang akan dicapai (kognitif, psikomotor, dan afektif)9.Guru terampil memanfaatkan lingkungan dan sumber belajar lainnya sertadapat menggunakan media pembelajaran (alat laboratorium, TIK, media lainnya)untuk mencapai target sesuai dengan alokasi waktu10.Guru melaksanakan kegiatan pembelajaran yang mendorong interaksi aktif antara guru dengan siswa antar siswa secara mental, emosional, maupun fisik 11.Guru menggunakan bahasa lisan yang mudah,jelas dan tidak menimbulkansalah tafsir serta dapat dimengerti oleh siswa sesuai tingkat perkembangannya12.Guru mengajak siswa mengingat kembali hal-hal penting yang sudahterjadi dalam kegiatan belajar 13.Guru merencanakan jenis dan teknik penilaian yang ada dalam RPPsesuai dengan tujuan pembelajaran yang akan dicapai14.Guru dalam proses pembelajaran juga melaksanakan aktifitas penilaian proses untuk mengukur kemajuan belajar dengan menggunakan berbagai teknik  penilaian15.Guru melakukan dan memiliki hasil analisis penilaian untuk mengidentifikasi topik/kompetensi dasar yang mudah, sedang dan sulit untuk kegiatan remedial dan pengayaan.
 
Selama Pengamatan
Tanggal
5 November 2012
Dokumen
 
dan
 
 bahanlain yang
 
diperiksa
Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Job sheet,Bahan Ajar, Media Pembelajaran, Portofolio Tugas Tertruktur Siswa, Jurnal Kelas, Daftar Hadir Siswa, cacatan kemajuansiswa dan lain-lain, catatan hasil pengamatan pembelajaran,catatan hasil wawancara dengan siswa, dsb.
Selama
 
 Pengamatan:
 
Catatan Pengamatan Kegiatan guru dan siswa
1.
Guru memasuki ruang kelas dan memberi salam dan siswa menjawab salam.
2.
Guru mempersilakan salah seorang siswa untuk memimpin doa memulai pelajaran3.Setelah berdoa selesai guru bertanya kepada siswa “ apa kabar semuanya....?” siswamenjawab serentak “ kabar baik pak...”4.Guru bertanya lagi kepada siswa “ hari ini kelihatannya hadir semua ya...?” beberapasiswa menjawab “ Iya pak... hari ini tidak ada yang alfa.”
5.
Guru membuka buku absensi siswa dan menandai kehadiran siswa.
6.
Guru memperkenalkan topik pembelajaran/kompetensi dasar yang akan dipelajaridengan menuliskannya di white board.7.Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dan metode pembelajaran yang akan diterapkan.8.Guru menjelaskan bentuk penilaian yang akan dilaksanakan setelah selesainya proses pembelajaran9.Guru dibantu oleh seorang siswa menyiapkan alat bantu/media pembelajaran berupalaptop yang disambung ke monitor (infocus), dan laptop (komputer) dihidupkan.10.Guru melanjutkan dengan memberikan apersepsi dengan teknik tanya jawab yaituguru melemparkan pertanyaan “ siapa yang pernah menservis atau melihat orangmenservis kendaraan ?”11.Beberapa orang siswa menunjukan tangan, sambil mengatakan “pernah pak...”. ada juga yang menjawab “mobil ayah saya kemaren baru diservis di bengkel pak...”.12. Guru menjawab “ oke... bapak yakin anda semua tentu tidak asing lagi dengan kata-kata servis, ada servis sepeda motor atau servis mobil, yang kita mau tahu apa-apasaja yang dilakukan atau yang diperiksa oleh mekanik atau orang bengkel waktumenservis kendaraab tersebut..? siapa yang tahu..? Beberapa orang siswa menunjuk tangan.13.Guru mempersilakan salah seorang siswa menjawab “ silakan Budi, anda sebutkansalah satu pekerjaan menservis mesin mobil..? Siswa tersebut menjawab dan gurumenuliskannya di white board.14.Guru kembali mempersilakan siswa lain secara bergantian menjawab pertanyaantersebut setiap jawaban siswa guru menulisnya di white board.15.Guru memberikan apresiasi dengan acungan jempol kepada siswa yang menjawab.16.Untuk mengkongkritkan pembelajaran guru langsung membuka video tentangmenservis/ memeriksa baterai mobil. Siswa memperhatikan tanyangan video tersebut.17.Guru melemparkan pertanyaan kepada siswa “ apa yang dilakukan dalam tayanganvideo tersebut...?” secara serentak siswa menjawab “memeriksa baterai mobil”.18.Guru menjelaskan bahwa “memeriksa baterai adalah salah satu dari pekerjaanmemelihara/servis engine atau dengan istilah Tune-up Engine. Ada 12 jenis pekerjaan servis engine (tune-up) yang harus dipahami seperti yang telah disebutkan
 
oleh teman-teman anda tadi. Untuk mempelajarinya kita bagi tugas secara berkelompok”19.Guru membagi siswa menjadi 6 kelompok yang setiap kelompok berjumlah 5 orang,dan ada 2 kelompok berjumlah 6 orang. Pembagian kelompok secara heterogen. Gurumenyuruh siswa untuk duduk sesuai kelompoknya dan menunjuk salah seorang ketuakelompok 20.Guru menyampaikan untuk memahami materi pelajaran ini dilakukan denganmetode kerja kelompok.21.Guru menyampaikan tugas yang akan didiskusikan setiap kelompok :
Kelompok 1 : mendiskusikan materi Pemeriksaan sistem pendinginan dan penyetelan tali kipas
Kelompok 2 : mendiskusikan materi Pemeriksaan sistem pelumasan dansaringan udara
Kelompok 3 : mendiskusikan materi Pemeriksaan batere dan Kabel teganganTinggi
Kelompok 4 : mendiskusikan materi Pemeriksaan distributor dan PenyetelanSaat Pengapian.
Kelompok 5 : mendiskusikan materi Pemeriksaan karburator dan Penyetelan putaran Idle
Kelompok 6 : mendiskusikan materi Penyetelan katup dan PemeriksaanTekanan Kompresi22.Guru menyuruh setiap kelompok untuk mempersiapkan buku literatur otomotif sebagai sumber belajar dan sumber untuk menyelesaikan tugas diskusi, baik buku pegangan sendiri atau yang di pinjam di perpustakaan.23.Kemudian guru juga membagikan Modul Pembelajaran Servis Engine danKomponen-komponennya kepada setiap kelompok.24.Sebelum diskusi kelompok dimulai guru menyuruh siswa memperhatikan informasimateri secara singkat yang akan dijelaskan dengan media power point.25.Guru menjelaskan pengertian Servis Engine (Tune-up Engine)26.Guru menjelaskan pekerjaan-pekerjaan yang dilakukan pada saat servis engine27.Guru menjelaskan nama dan fungsi alat-alat ukur yang digunakan pada saat servisengine.28.Guru menjelaskan data teknis mesin toyota 4K sebagai pedoman saat melaksanakanservis engine.
29.
Guru menayangkan video servis engine (Tune-up Engine) 1 : Pemeriksaan sistem pendinginan dan pemeriksaan tal kipas serta menjelaskan secara singkat caramelakukan pemeriksaan.
30.
Guru menayangkan video servis engine (Tune-up Engine) 2 : Pemeriksaan sistem pelumasan dan saringan udara serta menjelaskan secara singkat cara melakukan pemeriksaan.
31.
Guru menayangkan video servis engine (Tune-up Engine) 3 : Pemeriksaan batere danKabel tegangan Tinggi serta menjelaskan secara singkat cara melakukan pemeriksaan.
32.
Guru menayangkan video servis engine (Tune-up Engine) 4 : Pemeriksaan distributor dan Penyetelan Saat Pengapian serta menjelaskan secara singkat cara melakukan pemeriksaan.
33.
Guru menayangkan video servis engine (Tune-up Engine) 5 : Pemeriksaan karburator dan Penyetelan putaran Idle serta menjelaskan secara singkat cara melakukan pemeriksaan.
34.
Guru menayangkan video servis engine (Tune-up Engine) 6 : Penyetelan katup danPemeriksaan Tekanan Kompresi serta menjelaskan secara singkat cara melakukan pemeriksaan.35.Siswa memperhatikan tayangan-tayangan video tersebut dengan seksama danmencatat beberapa hal penting.

Activity (4)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
Budi Mulyono liked this
1 hundred reads
dekima5145 liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->