Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
37Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Inisiasi Statistika Pendidikan 2

Inisiasi Statistika Pendidikan 2

Ratings:

5.0

(3)
|Views: 4,282 |Likes:
Published by alwanfarisy

More info:

Published by: alwanfarisy on Mar 14, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/17/2012

pdf

text

original

 
Inisiasi 2
TENDENSI SENTRAL DAN VARIABILITAS
Saudara mahasiswa yang terkasih, selamat berjumpa kembali dalam kegiatantutorial on line dalam mata kuliah Statistika Pendidikan. Pertemuan yang ke-2 inikita bersama akan mendiskusikan mengenai Tendensi Sentral dan Variabilitas.Seperti yang Saudara ketahui, dalam bahan ajar cetak unit 2 halaman 61 telahdiuraikan mengenai tendensi sentral dan variabilitas. Oleh sebab itu, alangkahbaiknya jika Saudara Mahasiswa sebelum mengikuti inisiasi ini, telahmempelajarinya sehingga tidak akan menemui banyak kesulitan.Kompetensi yang harus Saudara Mahasiswa kuasai setelah mengikuti kegiatanini adalah mampu memahami pengolahan data dengan pengukuran tendensi sentraldan variabilitas. Kompetensi dasar tersebut dapat Saudara capai apabila Saudaramampu1.
 
Mendeskripsikan pengertian tendensi sentral.2.
 
Mengidentifikasi jenis-jenis ukuran tendensi sentral.3.
 
Menyimpulkan bentuk distribusi berdasarkan kedudukan tendensi sentral.4.
 
Mendeskripsikan pengertian variabilitas.Nah Saudara, melihat kompetensi tersebut sangat bermanfaat bagi Saudarasebagai guru SD dalam kegiatan pembelajaran dan penelitian di SD/MI terutamadidalam melakukan pengamatan dan pengukuran terhadap hasil belajar siswa.
Tendensi Sentral
Salah satu tugas dari statistic adalah mencari suatu angka di sekitar mananilai-nilai dalam suatu distribusi memusat. Angka yang menjadi pusat suatudistribusi disebut dengan tendensi pusat atau lazim juga disebut dengan tendensisentral.Jenis-jenis dalam ukuran tendensi sentral meliputi :1.
 
MeanMean atau yang lebih dikenal dengan rata-rata hitung, merupakan ukuran pusatdata yang paling sering digunakan, karena mudah dimengerti oleh siapa saja danperhitungannya pun mudah. Mean merupakan jumlah keseluruhan angka yangada dibagi dengan banyaknya angka tersebut (jumlah subyek). Mean disimbolkandengan
⎯   
X (baca X-bar).
Inisiasi Statistika Pendidikan
1
 
 
2.
 
MedianBerbeda dengan mean, perhitungan median tidak dilaksanakan denganmelibatkan seluruh angka data, namun lebih menekankan pada posisi atau letak data. ”Median” adalah nilai tengah dari data yang ada setelah data diurutkan.Median merupakan mean apabila ditinjau dari segi kedudukannya dalam urutandata. Median sering pula disebut dengan mean posisi. Median ditulis singkat ataudisimbolkan dengan Me atau Md. Median memiliki beberapa kelebihandibandingkan dengan mean (mean) yaitu : (1) tidak dipengaruhi oleh adanyaangka-angka ekstrim dalam data yang tersedia, (2) mudah dimengerti dan mudahmenghitungnya, baik dari data yang belum dikelompokkan maupun yang sudahdikelompokkan, dan (3) dapat digunakan untuk data kuantitatif maupun datakualitatif.3.
 
ModusModus adalah nilai yang paling sering muncul dibandingkan dengan nilai lainyadalam distribusi, dengan kata lain modus merupakan suatu nilai yang terdapatdalam serangkaian data yang memiliki frekuensi tertinggi. Keunggulan yangdimiliki modus adalah: (1) sama dengan median, dapat digunakan untuk datakualitatif maupun kuantitatif, (2) tidak dipengaruhi oleh adanya angka-angkaekstrim pada data yang tersedia, dan (3) dapat dihitung untuk data yang telahdikelompokkan dengan kelas terbuka. Modus sering ditulis singkat ataudisimbolkan dengan Mo. Sejumlah data bisa tidak mempunyai modus,mempunyai satu modus (disebut
Unimodal
), mempunyai dua modus
(Bimodal),
 atau mempunyai lebih dari dua modus
(Multimodal)
Kedudukan Nilai Tendensi Sentral dalam Distribusi
Tempat kedudukan Mean, Median, dan Modus dalam satu distribusi sangattergantung kepada bentuk distribusinya.1.
 
Distribusi simetris normalBila mean, median, dan modus bersekutu (M = Mdn = Mo). Hal ini dapatdimengerti, sebab pada distribusi normal, mean membagi dua sama banyak frekuensi variabel di atas dan dibawahnya. Dengan demikian, mean inimempunyai fungsi seperti median. Oleh karena yang menjadi mode dalamdistrubusi normal adalah nilai yang ada pada mean, maka dengan sendirinyamode itu bersekutu dengan mean.2.
 
Distribusi juling positif Bilamana mean-nya terletak di sebelah kanan, sedang modenya di sebelah kiri.3.
 
Distribusi juling negatif 
2
Inisiasi Statistika Pendidikan
 
 
letak ketiga tendensi sentralnya secara berturut-turut dari kiri ke kanan adalahmean, median, dan mode.
Variabilitas
Variabilitas lazim juga disebut dengan
dispersi.
Variabilitas didefinisikan sebagaiderajat penyebaran nilai-nilai variabel dari suatu tendensi sentral dalam suatudistribusi. Selanjutnya untuk mencari variabilitas dari suatu distribusi dapatdilakukan dengan beberapa cara, yakni: range, mean deviasi, dan standard deviasi.
1.
 
 Range
Range atau jangkauan adalah merupakan pengukuran yang paling sederhana, dandidefinisikan sebagai jarak antara nilai yang tertinggi dengan nilai yang terendah.Dengan kata lain bahwa range adalah merupakan beda antara skor data terbesardan skor data terkecil. Range sebagai pengukuran variabilitas memiliki beberapakelemahan yaitu (a) tidak dapat menunjukkan suatu bentuk distribusi, (b) sangattergantung kepada dua nilai ekstrim, dan (c) tidak memenuhi definisi variabilitas.Ada tiga macam range :a.
 
Range 10 – 90, adalah range antara persentil yang ke 25 dengan persentilyang ke -90. Dengan range 10 – 90 ini, distribusi dipotong 20 per sen masing-masing 10 per sen pada tiap-tiap ujungnya.b.
 
Range Antar Kuartil (range 25 – 75), adalah range adalah range antarapersentil yang ke 25 dengan persentil yang ke -75. Dengan range 25 – 75 ini,distribusi dipotong 50 persen masing-masing 25 per sen pada tiap-tiapujungnya.c.
 
Range Semi Antar Kuartil.
 2.
 
 Mean Deviasi
 Mean Deviasi
atau
 Average Deviation
atau Deviasi Mean dari deviasi nilai-nilaidari Mean dalam suatu distribusi, diambil nilainya yang absolut. Dalam hal ini,deviasi absolut adalah nilai-nilai yang positif.Keunggulan
mean deviasi
terhadap pengukuran variabilitas dengan range adalahdipenuhinya definisi tentang variabilitas oleh mean deviasi itu, yaitu penyebarannilai-nilai yang ditinjau dari tendensi sentral. Akan tetapi
mean deviasi
 mempunyai satu kelemahan pokok, karena cara perhitungannya mengabaikantanda-tanda plus dan minus. Oleh karena itu
mean deviasi
tidak dapat dikenaiperhitungan-perhitungan matematik yang tetap mempertahankan nilai-nilai plusdan minus.
Inisiasi Statistika Pendidikan
3
 

Activity (37)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Nuris Hidayat liked this
Asofi Wahyu liked this
Laksono Nanda liked this
Dikson Pondung liked this
Civil Petersun liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->