Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
3Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Perkembangan Akhlak Tasawuf

Perkembangan Akhlak Tasawuf

Ratings: (0)|Views: 337 |Likes:
Makalah
Makalah

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Maulana Arif HIdayat on Mar 27, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/03/2014

pdf

text

original

 
1
SEJARAH PERKEMBANGAN ILMUAKHLAK & TASAWUF
Disusun Oleh
1.
 
Maulana Arif Hidayat (11140002)2.
 
Lestari Puji Rahayu (11140045)3.
 
Fenty Yunitha (11140074)
Dosen Pengampu
Sarwanih, SS, M. SI,
Jurusan Ilmu Perpustakaan dan InformasiFakultas Adab dan Ilmu BudayaUIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
102
2
 
2
BAB IPENDAHULUANA.
 
Latar Belakang
Kedudukan akhlak dalam kehidupan manusia menempati tempat yang penting. Apabilaakhlak seseorang baik maka dia akan merasa aman, tenang, dan tidak ada perbuatan tercela.Sebaliknya bila akhlak seseorang rusak maka akan jauh dari Allah serta rusaklah lahir besertabathinnya. Sebenarnya akhlak manusia sudah ada sejak zaman Nabi Adam. Akhlak mengalamiperubahan seiring perkembangan zaman. Akhlak sangat erat kaitannya dengan agama karena jikaseseorang berpegang teguh pada agama tentu dia memiliki akhlak yang baik. Berbeda denganmakhluk ciptaan Allah yang lainnya, manusia diciptakan dengan sempurna yaitu memiliki akhlakdan pikiran sebagai penentu perbuatan mereka. Agama Islam sendiri memiliki akhlak yang muliaseperti melaksanakan kewajiban-Nya dan menjauhi larangan-Nya. Kesempurnaan akhlak manusiadapat dicapai melalui dua jalan. Pertama, melalui karunia Allah yang telah menciptakan manusiadengan fitrahnya yang sempurna, akhlak yang baik, berakal dan memiliki agama. Kedua, melaluicara berjuang secara bersungguh-sungguh dan melatih membiasakan diri dengan melakukanakhlak yang mulia.Sejarah perkembangan ilmu akhlak dari zaman ke zaman mengalami perbedaan di setiapwaktunya, yaitu dari zaman Nabi Adam yang lalu diajarkan kembali oleh Nabi Muhammad hinggasampai pada zaman modern sekarang ini. Sedangkan Tasawuf adalah penentu dari perbuatan kitaagar dapat diketahui hal ihwal kebaikannya.
B.
 
Tujuan Penulisan
1.
 
Untuk mengetahui sejarah perkembangan ilmu akhlak.2.
 
Untuk mengetahui sejarah perkembangan ilmu tasawuf.3.
 
Untuk mengetahui perkembangan ilmu akhlak dan tasawuf di masa sekarang.
C.
 
Manfaat Tulisan
Untuk menumbuhkan kembali akhlak manusia yang semakin memudar serta menjelaskanbetapa pentingnya akhlak bagi manusia. Sedangkan ilmu tasawuf sendiri akan membuat manusiasadar dan tertata dalam berperilaku sehari-hari. Tasawuf akan menjadi petunjuk dan peringatanbagi kita untuk berbuat kebaikan dalam beramal kepada Allah SWT. Oleh karena itu, sangatpenting bagi kita untuk mengetahui serta menerapkan Ilmu akhlak dan tasawuf.
 
3
BAB IIPEMBAHASAN
A.
 
SEJARAH PERKEMBANGAN ILMU AKHLAK
Sejarah
adalah kejadian, peristiwa yang benar terjadi pada masa lampau.
Perkembangan
 adalah tumbuh terus menerus, bercabang dan hidup sepanjang waktu.
Ilmu
adalah pengetahuantentang suatu bidang yang disusun secara sistematis menurut metode-metode tertentu yangdigunakan untuk menerangkan gejala-gejala tertentu di bidang pengetahuan itu.
 Akhlak 
adalahbudi pekerti, tingkah laku.
Sejarah ilmu akhlak 
yaitu sejarah yang mempelajari batas antara baikdan buruk, terpuji dan tercela, perkataan dan perbuatan manusia sejak zaman Nabi Adam hinggasekarang.
1
 1.
 
Akhlak Bangsa Yunani (500-450 SM)Pertumbuhan dan perkembangan ilmu akhlak pada Bangsa Yunani terjadi setelah munculnya
shopisticians,
yaitu orang-orang yang bijaksana. Sebelum muncul istilah tersebut bangsa Yunanilebih fokus pada penyelidikan mengenai kejadian dan fenomena alam. Dasar yang digunakanbangsa Yunani dalam membangun ilmu akhlak adalah pemikiran filsafat tentang manusia,sehingga ilmu akhlak mereka lebih bersifat filosofis. Berikut adalah filsuf Yunani yangmengemukakan pemikirannya di bidang akhlak :a.
 
Socrates (469-399 SM)Socrates dipandang sebagai perintis ilmu akhlak, karena ia yang pertama kali berusahabersungguh-sungguh membentuk pola hubungan antar manusia dengan dasar ilmupengetahuan. Akhlak dan pola hubungan itu tidak akan terjadi kecuali jika didasarkan padailmu pengetahuan. Sehingga ia berpendapat bahwa keutamaan akhlak adalah ilmu.b.
 
Plato (427-347 SM)Plato membangun akhlak melalui akademi yang ia dirikan. Pandangannya di dalam akhlakberdasarkan teori. Plato berpendapat bahwa di belakang alam lahir ini terdapat alam lainyaitu alam rohani. Dia juga berpendapat bahwa dalam jiwa ada kekuatan bermacam-macam,dan keutamaan itu timbul dari pertimbangan kekuatan ilmu. Denagn itulah Platomencocokkannya dengan akhlak.
1
Departemen Pendidikan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, hal. 891

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->