Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
522Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Sejarah Revolusi Industri

Sejarah Revolusi Industri

Ratings:

4.76

(17)
|Views: 61,529 |Likes:
Published by Febri Susanti
the definition of industrial revolutionary which happened in England and its impacts for the world
the definition of industrial revolutionary which happened in England and its impacts for the world

More info:

Published by: Febri Susanti on Mar 14, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/19/2013

pdf

text

original

 
Revolusi Industri
A.Pengertian
Revolusi
adalahperubahan sosial dan kebudayaanyangberlangsung secara cepat dan menyangkut dasar atau pokok-pokokkehidupanmasyarakat. Di dalam revolusi, perubahan yang terjadidapat direncanakan atau tanpa direncanakan terlebih dahulu dandapat dijalankan tanpa kekerasan atau melalui kekerasan.Sedangkan pengertian
Revolusi Industri
yaitu perubahan yangcepat di bidang ekonomi yaitu dari kegiatan ekonomi agraris keekonomi industri yang menggunakan mesin dalam mengolah bahanmentah menjadi bahan siap pakai. Revolusi Industri telah mengubahcara kerja manusia dari penggunaan tangan menjadi menggunakanmesin. Istilah "Revolusi Industri" diperkenalkan olehFriedrich Engels danLouis-Auguste Blanquidi pertengahan abad ke-19.
B.Latar Belakang
Pada abad pertengahan, kehidupan di Eropa diwarnai olehsystem
feodalisme
yang mengandalkan sektor pertanian, lazim disebutLatifundia (pertanian tertutup) Hubungan perdagangan antara Eropadengan dunia Timur (Timur Tengah dan Asia lainnya) tertutup setelahperdagangan di Laut Tengah dikuasai oleh para pedagang Islam abadke 8 sampai abad ke 14.Dengan meletusnya perang salib (1096-1291) hubungan Eropadengan dunia Timur hidup kembali. Muncul kota-kota dagang antaralain Geonoa, Florence dan Venesia yang semula menjadi pusatpemberangkatan pasukan salib ke Yerusalem.
1
 
Lahirnya kembali kota-kota dagang diikuti oleh munculnyakegiatan industri rumahan (home industry). Dari kegaitan initerbentuklah Gilda yaitu perkumpulan dari pengusaha sejenis yangmendapat monopoli dan perlindungan usaha dari pemerintah. Gildahanya memproduksi jika ada pesanan dan hanya satu jenis barangyang diproduksi misalnya gilda roti, gilda sepatu, gilda senjata danlain-lain.Sejak tahun 1350 (abad 14) muncul organisasi perserikatan kota-kota dagang di Eropa utara yang disebut Hansa. Tujuan pembentukanhausa adalah untuk bersama-sama melindungi usaha perdagangandidukung oleh armada laut dan pasukan sendiri.Kemudian pada abad 15 dan 16, ditemukan banyak wilayah baruatau tanah jajahan di Afrika, Asia, dan Amerika oleh pelaut-pelautEropa sehingga berkembanglah perdagangan lewat laut yangkemudian mengakibatkan terbentuknya kaum borjuis yang kaya dansangat berpengaruh di Inggris, Nederland, Prancis, beberapa daerah di Jerman dan Italia. Kemunculan golongan menegah ini, yang menguasaisektor ekonomi dan melahirkan
kapitalisme,
akhirnya berhadapan danmelahirkan ketegangan dengan tuan tanah yang telah mendominasisebelumnya.Revolusi ini ditandai dengan penyebaran Pencerahan,keberhasilan para filsuf dan karya - karya mereka. Mereka berupayamemperluas kemampuannya dalam menguasai alam danmemperbanyak pengetahuannya. Yang terpenting, dalam kaitannyadengan ekonomi, mereka bertekad mengurangi dan mengganti kerjakasar atau tenaga manusia dengan mesin. Kecenderungan ini terjadimenjelang tahun 1750, di Prancis, Jerman, Nederland dan terutama diInggris.
2
 
Dengan adanya bahan mentah yang melimpah dari tanah jajahan ditambah kecenderungan untuk efisiensi kerja untukmenghasilkan yang sebesar-besarnya, maka perdagangan yang adasaat telah menghapus ekonomi semi-statis abad-abad pertengahanmenjadi kapitalisme yang dinamis yang dikuasai oleh pedagang,bankir, dan pemilik kapal. Inilah awal dari perubahan yang cepat dankeras dalam dunia ekonomi yang kemudian memunculkan RevolusiIndustri, yang bukan hanya bergerak dalam perdagangan, tetapimeluas juga pada dunia produksi.Sebenarnya, ada 2 faktor yang melatar belakangi terjadinyarevolusi industri, yaitu :
1. Faktor Ekstern
a. Terjadinya revolusi ilmu pengetahuan abad 16 dengan munculnyapara ilmuwan seperti Francis Bacon, Rene Descartes, GalileoGalilei, Copernicus, Isaac Newton dan lain-lain.b. Ditunjang adanya lembaga-lembaga riset yaitu:
 The Royal Society for Improving Natural Knowledge
The Royal Society of England (1662)
2. Faktor Intern:
a.Keamanan dan politik dalam negeri yang mantapb.Berkembangnya kegiatan wiraswasta dari masyarakat kaya danpemilikmodalc.Munculnya minat masyarakat pada industri manufakturd.Inggris, memiliki jajahan yang luase.Kaya akan sumber alam antara lain batubara (cokes) dan biji besiyang tinggi mutunya.
3

Activity (522)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred thousand reads
bonzds liked this
lesungpipit liked this
Domu Marbun added this note
sungguh perubahan yg luar biasa,,thaks
fahmi liked this
Nana Trisnawati liked this
Nana Trisnawati liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->