Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
1Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah Pbl Blok 11 - Hormon Pertumbuhan

Makalah Pbl Blok 11 - Hormon Pertumbuhan

Ratings: (0)|Views: 325|Likes:
Makalah Pbl Blok 11 FK UKRIDA - Hormon Pertumbuhan
Makalah Pbl Blok 11 FK UKRIDA - Hormon Pertumbuhan

More info:

categoriesTypes, School Work
Published by: Roykedona Lisa Trixie on Mar 28, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

09/15/2013

pdf

text

original

 
1
Pengaruh Hormon Pertumbuhan
Roykedona Lisa Triksi
 Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Krida Wacana, Jakarta
Pendahuluan
Dari kita lahir sebagai bayi dan sekarang sampai sebesar ini, kita melalui suatu faseyang disebut sebagai pertumbuhan dan perkembangan. Pertumbuhan disini merupakan proses bertambahnya jumlah dan ukuran sel tubuh makhluk hidup. Dalam pertumbuhan banyak halyang mempengaruhi misalnya,
intake
makanan, aktifitas sehari
 – 
hari dan tidak lupa hormon.Hormon dihasilkan dikelenjar hipofisis. Dimana sekresi hormon di pengaruhi Hipotalamusdan hipofisis. Kelenjar hipofisis terbagi atas tiga, yaitu : hipofisis anterior atau adenohipofisisdan hipofisis posterior atau neurohipofisis.
 
Sesuai dengan skenario, seorang remaja perempuan 17 tahun mengeluh tinggi badannya semakin bertambah dengan cepat dibanding teman-teman sebayanya, dan saat initinggi badannya mencapai 193cm. Skenario ini berkaitan dengan sekresi
Growth Hormone
 (GH) di
 
hipofisis anterior 
 
atau adenohipofisis
 
yang pengaruhi oleh Hipotalamus. Peranan GHselain untuk pertumbuhan memiliki peranan terhadap metabolisme karbohidrat, lemak dan penyimpanan protein. Tetapi apabila kelenjar hipofisis tersebut mengalami gangguan sepertiadanya tumor maka sekresi hormon tersebut akan terjadi gangguan
.
Tujuan penulisanmakalah ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh GH dan hormon pertumbuhan lainnya pada pertumbuhan manusia.
Alamat korespondensi: Roykedona Lisa Triksi (102011207)Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Krida WacanaJl. Terusan Arjuna No.6 Jakarta Barat 11510 Telp. 021-56942061 Fax. 021-5631731Email :roykedona@gmail.com
 
2
Growth Hormone
Hormon pertumbuhan (Growth Hormone [GH]) atau hormon somatotropik (STH)adalah sejenis hormon protein. Hormon ini mengendalikan pertumbuhan seluruh sel tubuhyang mampu memperbesar ukuran dan jumlah, disertai efek utama pada pertumbuhan tulangdan otot rangka.
1
Hormon pertumbuhan dihasilkan di hiposfisis anterior dan merupakanhormon utama yang mengatur pertumbuhan pada manusia. Hormon pertumbuhan manusiaadalah anggota dari sekelompok hormon yang, selain GH, terdiri dari proklatin (PRL) dansomatomamotropin korionik manusia (hCS; laktogen plasenta manusia). Walaupun masing-masing memiliki potensi mendorong pertumbuhan dan aktivitas laktogenik, hanya GH yangmemiliki pengaruh bermakna pada pertumbuhan.
2
 Hormon pertumbuhan adalah suatu polipeptida dengan 191 asam amino (beratmolekul sekitar 22.000) yang memiliki dua jembatan disulfida. Baik GH maupun hCS dikodesebagai suatu prahormon di kromosom 17.
2
Growth hormone adalah hormon yang bertanggung jawab atas pertumbuhan manusia sejak dari kecil sampai dia tumbuh besar.
Growth hormone
selain memiliki peranan terhadap pertumbuhan,
 growth hormone
jugamemiliki peranan lain yaitu meningkatkan protein tubuh, menggunakan lemak danmenghemat penggunaan karbohidrat.
I.
 
Adenohipofisis
Gambar 1. Kelenjar Hipofisis
 
3
Kelenjar pituitaria (hipofisis) manusia adalah organ berbentuk bulat ataulonjong. Karena letaknya di bawah hipotalamus dari diensefalon, maka lebih dikenaldengan sebagai hipofisis. Hipofisis dibagi dalam adenohipofisis dan neurohipofisis.
3
Hipofisis panjangnya sekitar 1 cm, lebar 1-1,5 cm, dan tebal 0,5 cm. Beratnya sekitar 0,5 g pada pria dan sedikit lebih pada wanita.Adenohipofisis terbagi menjadi pars distal (lobus anterior), pars tuberalis, dan pars intermedia dan neurohipofisis menjadi pars nervosa, infundibulum.
4
Pars tuberalismengelilingi infundibulum menghubungkan hipofisis dengan hipotalamus. Pars distalmengandung dua sel utama, sel kromofob dan sel kromofil. Kromofil dibagi menjadiasidofil (sel alfa) dan basofil (sel beta). Sel asidofil dibagi menjadi somatotrof danmammotrof, sedangkan basofil (sel beta) dibagi menjadi gonadotrof, tirotrof dankortikotrof.
5
Adenohipofisis tidak memiliki hubungan saraf langsung denganhipotalamus. Hormon adenohipofisis juga dilepas berdasarkan sinyal dari hipotalamustetapi melalui hubungan vaskular.
1
Adenohipofisis mensintesis hormon-hormon yangkemudian dikeluarkan ke dalam darah.
II.
 
Fungsi GH
Hormon pertumbuhan meningkatkan sintesis protein di semua sel tubuh,terutama sel otot. GH menstimulasi pertumbuhan kartilago dan aktivitas osteoblas, sel penghasil tulang di tubuh. GH sangat penting untuk pertumbuhan tulang longitudinaldan untuk remodeling tulang yang terus-menerus berlangsung seumur hidup. Efek GHterhadap tulang dan kartilago tejadi melalui peptida perantara, yang disebutsomatimedin atau faktor pertumbuhan mirip insulin (insulinlike growth factor, IGF)yang dilepaskan dari hati sebagai respon terhadap hormon pertumbuhan. GH secaralangsung menstimulasi pertumbuhan hampir semua organ lain pada tubuh termasuk otot jantung, kulit dan kelenjar endokrin.
6
GH mendorong pertumbuhan tulang dan panjang tulang. Keadaan inidihasilkan dari berbagai efek hormon pertumbuhan pada tulang yang meliputi:1.
 
Peningkatan timbunan protein oleh sel kondrositik dan sel osteogenik yangmenyebabkan pertumbuhan tulang2.
 
Meningkatkan kecepatan reproduksi dari sel kondrositik dan osteogenik 3.
 
Efek khusus dalam mengubah kondrosit menjadi sel osteogenik, jadimenyebabkan timbunan khusus tulang yang baru.
4
 

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->