Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
3Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Laporan Bandara Udara-Adisucipto

Laporan Bandara Udara-Adisucipto

Ratings: (0)|Views: 255 |Likes:
Published by Sri Karyati

More info:

Published by: Sri Karyati on Mar 29, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/17/2013

pdf

text

original

 
 1
BAB IPENDAHULUANA.
 
Latar Belakang
Besarnya operasi atau aktivitas transportasi udara terus meningkatsetiap tahun. Pariwisata menjadi sumber devisa yang penting bagi banyak negara. Organisasi Pariwisata Internasional memperkirakan jumlah pemasukandari sektor pariwasata internasional ialah US$ 34 milyar, dimana persentaseterbesar didapat dari turis-turis yang bepergian melalui udara. Karena itu,negara-negara yang mendapat devisa dari pariwisata memiliki alasan ekonomiguna menyediakan fasilitas-fasilitas dan pelayanan-pelayanan yang dibutuhkandalam melindungi keamanan dan kenyamanan para penumpang pesawatterbang.Pengertian Bandara Udara adalah suatu tempat termasuk fasilitasnya,dimana umum berkumpul untuk menunggu, naik/turun kapal/ pesawat udara.Dasar pelaksanaan Penyehatan Lingkungan Bandara Udara adalah Kep.Menkes 288/Menkes/SK/III/2003 tentang Pedoman Penyehatan Sarana danBangunan Umum. Beberapa negara terikat perjanjian dalam KonvensiPenerbangan Sipil Internasional (ICAO), bekerjasama dengan KomitePenasehat Kesehatan dari IATA agar maskapai penerbangan yang menjadianggota menerapkan prosedur-prosedur khusus guna mengawasi standar-standar kebersihan dalam hal perlengkapan, persiapan, penanganan, dan penyimpanan makanan serta oleh pihak pengusaha katering dan telahmemberikan sebuah ketentuan praktik kesehatan makanan dalam penerbanganyang dimasksud untuk menambah ketentuan-ketentuan yang diperjelas dari petunjuk yang telah ada, dan untuk bertindak sesuai pedoman harian.Pengelolan hygiene sanitasi di pelabuhan udara internasional tidak semata-mata hanya berkaitan dengan mencegah penularan penyakit saja tetapiada beberapa aspek yang berkaitan dengan ekonomi, perdagangan, sosiologi.Karena pelabuhan udara dapat merupakan
 show-window
suatu negara dan pertemuan berbagai macam bangsa. Secara umum tujuan tersebut adalah :
 
 21.
 
Mencegah keluar dan masuknya penyakit menular serta timbulnya wabah.2.
 
Menjaga kebersihan yang erat kaitannya dengan kepariwisataan (tourisme), perdagangan, serta titik pertemuan pergaulan internasional.3.
 
Menjaga keselamatan penerbangan.
B.
 
Tujuan
1.
 
Mengetahui tingkat sanitasi Pelabuhan Udara Adisucipto saat dilakukaninspeksi sanitasi.2.
 
Memberi informasi dan saran kepada pihak Pelabuhan Udara Adisuciptoterkait dengan keadaan sanitasi bandara.3.
 
Mengetahui komponen-komponen yang termasuk dalam penilaian inspeksisanitasi bandara4.
 
Meningkatkan pengetahuan dan wawasan mahasiswa dalam kegiataninspeksi sanitasi bandara.5.
 
Mahasiswa mampu memberikan saran kepada pihak Pelabuhan UdaraAdisucipto yang sesuai dengan keadaan inspeksi sanitasi.
C.
 
Manfaat
1.
 
Bagi Pihak Pelabuhan Udara AdisuciptoSebagai informasi bagi pihak Pelabuhan Udara Adisucipto terkait dengansarana dan prasarana yang berada di dalam bandara kaitannnya dengan pemenuhan sanitasi lingkungan bandara.2.
 
Bagi MahasiswaSebagai media pembelajaran, peningkatan pemahaman dan pelatihan praktik keterampilan mahasiswa dalam kegiatan inspeksi sanitasi bandara.
 
 3
BAB IITINJAUAN PUSTAKAA.
 
Pengertian Bandara
Pengertian Bandara Udara adalah suatu tempat termasuk fasilitasnya,dimana umum berkumpul untuk menunggu, naik/turun kapal/ pesawatudara.Dasar pelaksanaan Penyehatan Lingkungan Bandara Udara adalah Kep.Menkes 288/Menkes/SK/III/2003 tentang Pedoman Penyehatan Sarana danBangunan Umum. Penyehatan bandara adalah upaya yang dilakukan untuk menjamin terwujudnya kondisi yang memenuhi persyaratan kesehatansehingga terhindar dari kesakitan dan penularan penyakitAspek-aspek kesehatan dan kebersihan dari lalu lintas internasionaltelah menjadi perhatian Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sejak tahun 1951,
saat “
 Fourth World Health Assembly
” menganjurkan agar seluruh pemerintahan “meningkatkan kondisi kebersihan dan lingkungan, terutama
didalam dan disekitar pelabuhan-
 pelabuhan dan bandar udara(resolusi WHA4.80), pada saat yang sama, kebutuhan akan “perlindungan kesehatan
masyarakat di da
lam kegiatan/pergerakan masyarakat” jugan diungkapkan
(resolusi WHA 4.81). Resolusi-resolusi selanjunya dari Majelis KesehatanDunia (WHA) serta Dewan Eksekutif menekankan pentingnya menjaga standar kesehatan dan kebersihan yang tinggi dalam lalu lintas internasiaonal(khususnya yang berkaitan dengan syarat penyediaan air dan makanan yang bersih/aman dan cara-cara yang benar dalam pengumpulan dan pembuangansampah).
 Health authority
(dalam hal ini Kantor Kesehatan Pelabuhan) yangmewakili kepentingan negara, dapat melakukan pemeriksaan
on board 
atau pemeriksaan ke dalam pesawat udara untuk meneliti kesesuaian laporankesehatan tersebut, dengan alasan demi kewaspadaan kesehatan nasional dinegara bersangkutan.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->