Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
1Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Prosefdur Mutu Iso

Prosefdur Mutu Iso

Ratings: (0)|Views: 124|Likes:
Published by salehst

More info:

Published by: salehst on Mar 29, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

02/02/2014

pdf

text

original

 
 
Edisi : 1 Kode Doc : PPE-01Revisi ke : 1Tanggal : 20-09-2007Disahkan oleh :K e p a l a,Drs. Johnny Manurung,MM.Halaman 1 dari 17 halamanSMK NEGERI 3 BANJARMASINJl. Pramuka No. 52Banjarmasin 70238Telp/fax : 0511-3257477E-mail :smenda@plasa.com
 
 
PROSEDUR MUTU
 
PENGENDALIAN DOKUMEN DAN DATA1.
 
 Tujuan
Memastikan seluruh dokumen sistem manajemen mutu terkendali dan digunakansesuai dengan kebutuhan yang ada.
2.
 
Ruang Lingkup
Semua dokumen yang digunakan dalam sistem manajemen mutu yang dijalankan, baikdokumen internal maupun external, mencakup Prosedur, Instruksi Kerja, formulir dandokumen pendukung lainnya.
3.
 
Referensi4.
 
Definisi5.
 
Rincian Prosedur5.1.
 
 Tanggung Jawab
5.1.1.
 
 Tanggung jawab untuk memastikan prosedur pengendalian dokumen iniberjalan sehingga seluruh dokumen tersedia sesuai kebutuhan danterkendali berada pada Wakil Manajemen Mutu.5.1.2.
 
Sekretariat ISO bertanggungjawab membantu Wakil Manajemen Mutudalam pelaksanaan teknis prosedur ini seperti pengendalian Daftar IndukDokumen, perbanyakan, penyebaran, administrasi, dsb.
5.2.
 
Umum
Kegiatan pengendalian dokumen terdiri dari :5.2.1.Penerbitan dan Persetujuan Dokumen5.2.2.Perubahan Dokumen5.2.3.Distribusi Dokumen5.2.4.Penomoran/Pengkodean Dokumen
5.3.
 
Penerbitan dan Persetujuan Dokumen
5.3.1.
 
Setiap dokumen lintas unit yang akan diterbitkan untuk digunakan dalamSistem Manajemen Mutu harus diserahkan kepada WMM untukdilakukan peninjauan sebelum diterbitkan.5.3.2.
 
Setelah ditinjau WMM dan di paraf, pengesahan semua dokumen lintasunit dilakukan oleh Kepala Sekolah.5.3.3.
 
Seluruh dokumen yang berlaku hanya dilingkungan unit harus ditinjaudan disahkan oleh Kepala Unit yang bersangkutan.
 
 
Edisi : 1 Kode Doc : PPE-01Revisi ke : 1Tanggal : 20-09-2007Disahkan oleh :K e p a l a,Drs. Johnny Manurung,MM.Halaman 2 dari 17 halamanSMK NEGERI 3 BANJARMASINJl. Pramuka No. 52Banjarmasin 70238Telp/fax : 0511-3257477E-mail :smenda@plasa.com
 
 
PROSEDUR MUTU
 5.3.4.
 
Semua Dokumen yang akan disetujui harus diregistrasi di sekretariat ISO9001:2000 untuk diberikan nomor dokumen dan status revisi barusedangkan dokumen lama yang disetujui hanya diberikan status revisibaru.5.3.5.
 
Pejabat yang berwenang dalam pengesahan dokumen menandatanganidokumen pada tempat yang disediakan sebagai tanda persetujuanpenerbitan.5.3.6.
 
Semua master dokumen disimpan di sekretariat ISO, dan kemudianmembuat salinannya sesuai dengan kebutuhan, untuk didistribusikan.5.3.7.
 
Wakil Manajemen Mutu kemudian mencatat nama, kode dokumen sertanama pemegang salinan dokumen tersebut pada Daftar Induk Dokumen.
5.4.
 
Perubahan Dokumen
5.4.1.
 
Pengajuan perubahan dokumen yang akan dirubah sebagian atauseluruhnya harus menyertakan Lembar Perubahan Dokumen yangmencantumkan nomor, nama dokumen, alasan perubahan dan nama sertatanda tangan pihak yang mengajukan permohonan.5.4.2.
 
Draft dokumen baru serta formulir Lembar Perubahan Dokumen tersebutdiserahkan kepada pejabat yang berwenang untuk meninjau danmengesahkan dokumen tersebut.5.4.3.
 
 Jika permohonan untuk perubahan tersebut disetujui, maka dilakukanpenerbitan dokumen baru dengan mengikuti prosedur penerbitandokumen diatas, jika permohonan tidak disetujui maka akandikembalikan kepada pemohon untuk diperbaiki kembali.5.4.4.
 
Sekretariat ISO akan mencatatkan perubahan/revisi yang dilakukan padaLembar Revisi yang tersedia sebagai bukti terjadinya perubahandokumen.
5.5.
 
Distribusi Dokumen
5.5.1.
 
Distribusi dokumen dilakukan dengan menggunakan Lembar Serah Terima Dokumen yang disiapkan oleh Sekretariat ISO. Lembar Serahterima Dokumen dibuat dua salinan, satu untuk Sekretariat ISO dan satusalinan untuk penerima dokumen.5.5.2.
 
Setiap salinan dokumen yang didistribusikan akan diberikan status“Uncontrolled Copy” atau “Controlled Copy” tergantung darikepentingan penggunaannya5.5.3.
 
Dokumen “Uncontrolled Copy” yang telah didistribusikan tidak akandiperbaharui atau direvisi, jika terjadi perubahan pada dokumen tersebut.5.5.4.
 
Dokumen “Controlled Copy” yang didistribusikan akan diperbaharui ataudirevisi jika terjadi perubahan pada dokumen tersebut. Seluruh salinandokumen yang didistribusikan untuk penggunaan internal akan diberistatus”Controlled Copy”.5.5.5.
 
WMM, dibantu oleh Sekretariat ISO, bertanggung jawab untukmemastikan salinan dokumen yang resmi diterima oleh pihak yang dituju
 
 
Edisi : 1 Kode Doc : PPE-01Revisi ke : 1Tanggal : 20-09-2007Disahkan oleh :K e p a l a,Drs. Johnny Manurung,MM.Halaman 3 dari 17 halamanSMK NEGERI 3 BANJARMASINJl. Pramuka No. 52Banjarmasin 70238Telp/fax : 0511-3257477E-mail :smenda@plasa.com
 
 
PROSEDUR MUTU
 dan mencatat pemegang salinan dokumen tersebut dalam Daftar IndukDokumen.5.5.6.
 
Semua salinan dokumen lama (Controlled Copy) yang telah berubah danatau tidak berlaku lagi, pada saat yang bersamaan dengan penyerahandokumen baru dipastikan tidak digunakan dan disingkirkan dari tempatpenyimpanan dan penggunaannya.
5.6.
 
Penomoran/Pengkodean
5.6.1.
 
Setiap dokumen internal dari sistem manajemen mutu yang dijalankanmemiliki identitas kode/nomor dokumen sebagai berikut :5.6.1.1
 
Kode Dokumen untuk Manual Mutu dan Sasaran Mutumenggunakan dua kelompok yaitu MM XY dan SM - XYdengan makna MM =Manual Mutu, SM =Sasaran Mutusedangkan xy nomor revisi dengan menggunakan dua digit.5.6.1.2
 
Kode Dokumen untuk Prosedur menggunakan dua kelompokyaitu PIN/PPD/PPE xy dengan makna: P(huruf pertama) =Prosedur; IN = Proses Inti; PD =Proses Pendukung; dan PE =Proses Peningkatan. Sedangkan x =nomor urut proses yangbersangkutan dan y =nomor nomor revisi dalam proses ybs.5.6.1.3
 
Kode Dokumen untuk Instruksi Kerja menggunakan tigakelompok yaitu Ikz – PIN/PPD/PPE xy, dengan makna IK =Instruksi Kerja, z = nomor urut instruksi kerja, danPIN/PPD/PPE adalah merupakan kelompok proses sepertipada klausul 5.6.2, sedangkan xy adalah bermakna samadengan klausul 5.6.2.5.6.1.4
 
Kode dokumen untuk Formulir sama seperti Instruksi kerjakecuali huruf pertamanya menggunakan huruf F =Formulir.5.6.1.5
 
WMM bertanggung jawab untuk mendefenisikan kode unitkerja, termasuk WMM/Sekretariat ISO.5.6.2. Dokumen Eksternal5.6.2.1
 
Dokumen Eksternal yang sudah mempunyai kode dokumen, tidakakan diberikan kode baru, jika dokumen belum memiliki nomor,maka akan diberikan kode/nomor mengikuti aturan tersebutdiatas.5.6.2.2.Dokumen eksternal yang diterima, dicatat dalam buku agendapenerimaan pada Subbag Tata Usaha
5.7.
 
Penggunaan Edisi dan Revisi
5.7.1.
 
Penggunaan Edisi digunakan untuk menunjukkan urutannomor/penerbitan dokumen yang bersangkutan.Contoh Edisi 1, mengandung makna dokumen tersebut adalah merupakanterbitan pertama.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->