Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah Akuntansi Syariah

Makalah Akuntansi Syariah

Ratings: (0)|Views: 54 |Likes:
Published by muhammad_strike
adanya peminjaman uang terhadap masyaratkat dan harus dapat menaati peraturan yang telah dibuat sehingga peminjaman dapat berjalan dengan lancar.
adanya peminjaman uang terhadap masyaratkat dan harus dapat menaati peraturan yang telah dibuat sehingga peminjaman dapat berjalan dengan lancar.

More info:

Published by: muhammad_strike on Mar 31, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/27/2013

pdf

text

original

 
BAB I PENDAHULUAN1.1Latar Belakang Masalah
Sistem Keuangan Islam merupakan bagian dari konsep yang lebih luas tentangekonomi Islam. Sistem keuangan Islam bukan sekedar transaksi komersial, tetapi harus sudahsampai kepada lembaga keuangan untuk dapat mengimbangi tuntutan zaman. Bentuk sistemkeuangan atau lembaga keuangan yang sesuai dengan prinsip Islam ádalah terbebas dari unsur riba. Kontrak keuangan yang dapat dikembangkan dan dapat menggantikan sistem riba adalahmekanisme syirkah yaitu : musyarakah dan mudharabah (bagi hasil).Perkembangan industri perbankan dan keuangan syariah dalam satu dasawarsa belakangan ini mengalami kemajuan yang sangat pesat, seperti perbankan syariah, asuransisyariah, pasar modalsyariah, reksadana syariah, obligasi syariah, pegadaian syariah, BaitulMal wat Tamwil (BMT). Demikian pula di sektor riil, seperti Hotel Syariah,Multi LevelMarketing Syariah, dsb.Maka seiring berkembangnya entitas syariah di Indonesia, maka muncul juga permintaan akan standar akuntansi syariah yang relevan di terapkan dalam suatu entitassyariah. pada dasarnya standar akuntansi merupakan pengumuman atau ketentuan resmi yangdikeluarkan badan berwenang di lingkungan tertentu tentang pedoman umum yang dapatdigunakan manajemen untuk menghasilkan laporan keuangan. Dengan adanya standar akuntansi syariah, laporan keuangan diharapkan dapat menyajikan informasi yang relevandan dapat dipercaya kebenarannya. Standar akuntansi juga digunakan oleh pemakai laporankeuangan seperti investor, kreditor, pemerintah, dan masyarakat umum sebagai acuan untuk memahami dan menganalisis laporan keuangan sehingga memungkinkan mereka untuk mengambil keputusan yang benar. Dengan demikian, standar akuntansi memiliki peranan penting bagi pihak penyusun dan pemakai laporan keuangan sehingga timbul keseragamanatau kesamaan interpretasi atas informasi yang terdapat dalam laporan keuangan.
1.2Identifikasi Masalah
1.Apa saja jenis entitas syariah yang ada di Indonesia?2.Kapan sejarah lahirnya entitas-entitas tersebut?3.Apa saja produk yang ditawarkannya?4.Bagaimana perkembangannya sekarang?5.Siapa organisasi yang menyusun standar akuntansi syariah di Indonesia daninternasional?6.Apa saja standar akuntansi syariah yang berlaku di Indonesia sampai sekarang?
 
1.3Tujuan Pembahasan
1.Mengetahui jenis entitas syariah yang ada di Indonesia.2.Mengetahui sejarah lahirnya entitas-entitas tersebut.3.Mengetahui produk yang ditawarkannya.4.Mengetahui perkembangannya sekarang.5.Mengetahui organisasi penyusun standar akuntansi syariah.6.Mengetahui standar akuntansi syariah yang berlaku di Indonesia sampai sekarang.
 
BAB II PEMBAHASAN2.1Bank Syariah
Perbankan syariah adalah suatu sistem perbankanyang dikembangkan berdasarkansyariah(hukum)islam.Usaha pembentukan sistem ini didasari oleh larangan dalam agama islam untuk memungut maupun meminjam dengan bunga atau yang disebut denganribasertalaranganinvestasiuntuk usaha-usaha yang dikategorikan haram (misal: usaha yang berkaitandengan produksi makanan/minuman haram) dimana hal ini tidak dapat dijamin oleh sistem perbankan konvensional.
2.1.1Sejarah perbankan syariah di dunia dan di Indonesiaa.Sejarah lahirnya bank syariah pertama di dunia
Perbankan syariah pertama kali muncul di Mesir tanpa menggunakan embel-embelislam, karena adanya kekhawatiran rezim yang berkuasa saat itu akan melihatnya sebagaigerakan fundamentalis. Pemimpin perintis usaha ini Ahmad El Najjar, mengambil bentuk sebuah bank simpanan yang berbasis
 profit sharing 
(pembagian laba) di kota Mit Ghamr  pada tahun 1963. Eksperimen ini berlangsung hingga tahun 1967, dan saat itu sudah berdiri 9 bank dengan konsep serupa di Mesir. Bank-bank ini, yang tidak memungutmaupun menerima bunga, sebagian besar berinvestasi pada usaha-usaha perdaganganMasih di Negara yang sama, pada tahun 1971,
 Nasir Social bank 
didirikan danmendeklarasikan diri sebagai bank komersial bebas bunga. Walaupun dalam akta pendiriannya tidak disebutkan rujukan kepada agama maupun syariat islam.Islamic Development Bank (IDB) kemudian berdiri pada tahun 1974 disponsorioleh negara-negara yang tergabung dalam organisasi konferensi Islam, walaupunutamanya bank tersebut adalah bank antar pemerintah yang bertujuan untuk menyediakandana untuk proyek pembangunan di negara-negara anggotanya. IDB menyediakan jasa pinjaman berbasis
 fee
dan
 profit sharing 
untuk negara-negara tersebut dan secara eksplisitmenyatakan diri berdasar pada syariah islam.Dibelahan negara lain pada kurun 1970-an, sejumlah bank berbasis islam kemudianmuncul. Di Timur Tengah antara lain berdiri Dubai Islamic Bank (1975), Faisal IslamicBank of Sudan (1977), Faisal Islamic Bank of Egypt (1977) serta Bahrain Islamic Bank (1979). Dia Asia-Pasifik, Phillipine Amanah Bank didirikan tahun 1973 berdasarkandekrit presiden, dan di Malaysia tahun 1983 berdiri Muslim Pilgrims Savings Corporationyang bertujuan membantu mereka yang ingin menabung untuk menunaikan ibadah haji.
b.Sejarah lahirnya bank syariah pertama di Indonesia

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->