Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
3Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Pupuk

Pupuk

Ratings: (0)|Views: 101 |Likes:
Published by alif_fiqriah
nanananaaaaaaaaa
nanananaaaaaaaaa

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: alif_fiqriah on Apr 01, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/20/2013

pdf

text

original

 
Pupuk
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebasPupuk kandang,ditumpuk di tepi ladang.
Pupuk
adalah material yang ditambahkan pada media tanam atau tanaman untuk mencukupi kebutuhan hara  yang diperlukan tanaman sehingga mampu berproduksi dengan baik. Material pupuk dapat berupa bahan organik  ataupun non-organik (mineral). Pupuk berbeda dari suplemen.Pupuk mengandung bahan baku yang diperlukan pertumbuhan dan perkembangan tanaman, sementara suplemen seperti hormon tumbuhan membantu kelancaran proses metabolisme. Meskipun demikian, ke dalam pupuk, khususnya pupuk buatan, dapatditambahkan sejumlah material suplemen.Dalam pemberian pupuk perlu diperhatikan kebutuhan tumbuhan tersebut, agar tumbuhan tidak mendapat terlalubanyak zat makanan. Terlalu sedikit atau terlalu banyak zat makanan dapat berbahaya bagi tumbuhan. Pupukdapat diberikan lewat tanah ataupun disemprotkan ke daun.Salah satu jenis pupuk organik adalah kompos. 
Daftar isiMacam-macam pupuk
Dalam praktik sehari-hari, pupuk biasa dikelompok-kelompokkan untuk kemudahan pembahasan. Pembagian ituberdasarkan sumber bahan pembuatannya, bentuk fisiknya, atau berdasarkan kandungannya.
Pupuk berdasarkan sumber bahan
Dilihat dari sumber pembuatannya, terdapat dua kelompok besar pupuk: (1) pupuk organik atau pupuk alami (bahasa Inggris: 
manure
) dan (2) pupuk kimia atau pupuk buatan (Ing.
 fertilizer 
). Pupuk organik mencakup semuapupuk yang dibuat dari sisa-sisa metabolisme atau organ hewan dan tumbuhan, sedangkan pupuk kimia dibuatmelalui proses pengolahan oleh manusia dari bahan-bahan mineral. Pupuk kimia biasanya lebih "murni" daripadapupuk organik, dengan kandungan bahan yang dapat dikalkulasi. Pupuk organik sukar ditentukan isinya,tergantung dari sumbernya; keunggulannya adalah ia dapat memperbaiki kondisi fisik tanah karena membantupengikatan air secara efektif.
Pupuk berdasarkan bentuk fisik
Berdasarkan bentuk fisiknya, pupuk dibedakan menjadi pupuk padat dan pupuk cair. Pupuk padat diperdagangkandalam bentuk onggokan, remahan, butiran, atau kristal. Pupuk cair diperdagangkan dalam bentuk konsentrat atau
 
cairan. Pupuk padatan biasanya diaplikan ke tanah/media tanam, sementara pupuk cair diberikan secaradisemprot ke tubuh tanaman.
Pupuk berdasarkan kandungannya
Terdapat dua kelompok pupuk berdasarkan kandungan: pupuk tunggal dan pupuk majemuk. Pupuk tunggalmengandung hanya satu unsur, sedangkan pupuk majemuk paling tidak mengandung dua unsur yang diperlukan.Terdapat pula pengelompokan yang disebut pupuk mikro, karena mengandung hara mikro (
micronutrients
).Beberapa merk pupuk majemuk modern sekarang juga diberi campuran zat pengatur tumbuh atau zat lainnyauntuk meningkatkan efektivitas penyerapan hara yang diberikan.RidwanAZ.com 
admin June 29, 2012 0 
 adalah semua bahan yang ditambahkan kepada tanah dengan tujuan memperbaiki sifat fisis,sifat kimia, dan sifat biologi tanah. Sifat fisis tanah berkaitan erat dengan tingkat kegemburan tanah, porositas dandaya serap. Sifat kimia berkaitan dengan pH (tingkat keasaman) dan ketersediaan unsur hara. Sedangkan sifatbiologi berkaitan dengan mikroorganisme yang hidup di dalam tanah.
Macam-macam Unsur Hara Makro dan Fungsinya
Pupuk dan pestisida sangat bermanfaat untuk meningkatkan produksi pertanian. Terkait dengan pembahasanbidang ilmu biologi, telah dipelajari berbagai macam unsur hara, pengelompokan dan juga bentuk yang siapdikonsumsi oleh tanaman bagi masing-masing unsur hara. Berikut ini daftar unsur hara makro yang diperlukantanaman beserta fungsinya bagi pertumbuhan:1.
 
Karbon (C), Hidrogen (H) dan Oksigen (O). Ketiganya merupakan unsur dasar penyusun karbohidrat,protein, lemak, klorofil, dan lain-lain.2.
 
Nitrogen (N). Nitrogen berguna dalam proses sintesis protein dan klorofil. Nitrogen juga bermanfaatuntuk merangsang pertumbuhan vegetatif.3.
 
Fosfor (P). Fosfor berguna sebagai pemacu pertumbuhan akar pada benih atau tumbuhan muda,mempercepat pembungaan dan pemasakan biji atau buah, serta berperan dalam pembentukan inti sel,protein, dan lemak.4.
 
Kalium (K). Kalium berguna dalam hal memperlancar proses fotosintesis dan pembentukan protein,mengeraskan jerami dan bagian kayu dari tanaman, dan meningkatkan daya tahan tanaman terhadapserangan penyakit.5.
 
Kalsium (Ca). Kalsium bermanfaat untuk memperkokoh batang dan merangsang pembentukan biji-bijian.6.
 
Magnesium (Mg). Magnesium bermanfaat sebagai salah satu komponen pembentukan klorofil.7.
 
Belerang (S). Belerang berperan dalam proses pembentukan klorofil dan berbagai jenis protein.Unsur-unsur hara makro tersebut diperlukan oleh tanaman dalam jumlah relatif besar sehingga diperlukantambahan dalam bentuk pupuk. Jenis pupuk dapat dibedakan menjadi dua, yaitu pupuk organik dan pupukanorganik. Adapun unsur hara mikro tidak perlu ditambahkan dalam pupuk karena diperlukan dalam jumlah relatif sedikit dan sudah tersedia di dalam tanah.
 
 
A. Pupuk Organik (Pupuk Alam)
Macam-macam pupuk organik adalah sebagai berikut:1.
 
Pupuk hijau. Pupuk hijau didapatkan dari tumbuhan muda, terutama dari jenis polong-polongan(leguminose), yang dibenamkan di lahan pertanian.2.
 
Pupuk kandang. Pupuk kandang diperoleh dari kotoran hewan ternak, misalnya sapi, ayam, kambing, danlain-lain.3.
 
Kompos. Pupuk kompos diperoleh dari bahan organik limbah pertanian, misalnya jerami, batang jagung,atau sampah yang dibusukkan bersama pupuk kandang. Pupuk kompos lebih banyak digunakan untukmenyuburkan tanaman-tanaman pot atau holtikultura.Pupuk alam dapat memperbaiki sifat-sifat fisis tanah, yaitu: struktur, tata udara, daya resap air, dan daya tahanterhadap erosi. Selain itu, pupuk alam juga membentuk humus (bunga tanah) sehingga berperan juga dalammemperbaiki sifat biologi. Selanjutnya, peruraian dari humus akan menambah ketersediaan unsur-unsur hara.
B. Pupuk Anorganik (Pupuk Buatan)
Jenis-jenis pupuk anorganik meliputi pupuk nitrogen, pupuk kalium, pupuk fosfor, pupuk, majemuk, dan pupukdaun.Pupuk nitrogen.Contoh pupuk nitrogen antara lain:1.
 
Urea atau CO(NH2)2 yang memiliki kadar Nitrogen 45-46%,2.
 
ZA (Zwavelvuur Amonium) atau (NH4)2SO4 yang memiliki kadar Nitrogen 20,5-21%,3.
 
Sendawa Chili atau NaNO3 yang memiliki kadar nitrogen 15%, dan4.
 
Amonium Nitrat atau NH4NO3 yang memiliki kadar nitrogen sebesar 35%.Jenis pupuk nitrogen yang paling banyak dipakai adalah ZA dan Urea.
Pupuk fosforus.
Contoh pupuk fosforus adalah:

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->