Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Edisi Ke 25 Januari 2013

Edisi Ke 25 Januari 2013

Ratings: (0)|Views: 125 |Likes:
Published by buletintunaskelapa

More info:

Published by: buletintunaskelapa on Apr 02, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/16/2013

pdf

text

original

 
BULETIN PRAMUKA EDISI KE 25-2013BULETIN PRAMUKA EDISI KE 25-2013
 
http//: buletinpramukatunaskelapa.blogspot.comhttp//: buletinpramukatunaskelapa.blogspot.com
Kwartir Ranting Pasirjambu Bentuk Pasukan khusus
PENGGALANG SMP/MTs
Pasirjambu, Kwartir Ranting Pasirjambu untuk tahun2013 untuk pertama kalinya membentuk pasukankhusus tingkat penggalang yang berjumlah 10 putradan 10 putri, pasukan tersebut merupakan hasil seleksidari ke 5 sekolah baik tingkat SMP maupun MTs yangberada dilingkungan Kecamatan Pasirjambu. Tes seleksiyang diberikan kepada peserta meliputi, pengetahuankepramukaan, pengetahuan umum, pengetahuanagama yang keseluruhannya berjumlah 500 soal testserta yang tak kalah pentingnya seluruh peserta juga diuji keterampilannya meliputi test uji semaphore, morse,tali menali, PBB, dan tanda jejak. Semua tes tersebutmesti diselesaikan dalam waktu 30 menit tanpa adatambahan waktu.Menurut kak Nunu pasukan tersebut dibentuk dandidik sebagai bekal untuk mereka digugus depan agarpada saat mereka kembali ke gugus depan merekadapat menjadi salah satu anggota yang mempunyaiketerampilan untuk menularkannya kepada anggotayang lain digugus depan.
Kegiatan outbond
 
MMTTssNNEEGGEEIIPPAASSIIJJAAMMBBUU 
Sabtu, 16 Februari 2013 anggotapramuka MTs Negeri Pasirjambumenggelar kegiatan latihan outbond yang berlokasi di sekitar lingkungansekolah, kegiatan latihan tersebutdimulai dari pukul 11.00 s.d 15.00 WIB,kegiatan tersebut merupakankegiatan yang dirancang oleh kakak-kakak senior kelas VIII. Kegiatan kaliini di isi dengan berbagai kegiatanoutbond seperti, berjalan diatas jembatan tali, kerjasama regu,permainan regu, memasukan paku kedalam botol, memindahkan air lewatsedotan, menonton vidio pramukaserta yeal-yeal, semua pesertatampak antusias sekali mengikutikegiatan kali ini. Jumlah anggota pramuka yangmengikuti kegiatan kali ini sekitar 112orang dari siswa kelas VII sedangkandari kelas VIII ada 30 orang, kegiatantampak sangat riuh dikala adaanggota pramuka putri yang menjerit- jerit karena ketakutan saat mencobaberjalan diatas jembatan tali....tapihal seperti itu justru menjadikan anaktersebut malah makin penasaranuntuk terus mencoba. PRAMUKAmerupakan salah satu Ekstrakurikuler  yang dipaporitkan di MTs NPasirjambu, ini dikarenakankegiatannya yang tidakmembosankan serta kegiatannya yang seru-seru serta menangtanguntuk terus diikuti
 
BULETIN PRAMUKA EDISI KE 25-2013BULETIN PRAMUKA EDISI KE 25-2013
 
http//: buletinpramukatunaskelapa.blogspot.comhttp//: buletinpramukatunaskelapa.blogspot.com
 L  L  I  I  L  L  I  I  W  W  E  E  T  T  A  A  N  N 
 
 L  L  A  A  T  T  I  I  H  H  A  A  N  N  R  R  A  A  M  M  U  U  K  K  A  A  
 S  S  D  D  N  N  C  U  U  L  L  A  A  M  M  E  E  A  A 
Kegiatan kali ini tampak berbeda dengankegiatan yang sebelumnya, anak-anakpramuka dari regu putri tampak antusiassekali mengikuti kegiatan ini, dikarenakankegiatan latihan kali ini diisi dengan kegiatantest uji keterampilan memasak regu, setiappeserta dibagi tugas oleh pemimpin reguuntuk membawa bahan-bahan yang akandigunakan untuk memasak, ada yangmembawa beras, ikan asin, tahu, tempe,sayuran dan sebagainya, kegiatan tersebutmerupakan kegiatan yang dilaksanakanuntuk menguji kemampuan siswa dalammemasak sekaligus untuk menguji TandaKecakapan Khusus Memasak, ini sangatberguna untuk bekal mereka saat suatu harimereka mengikuti kegiatan perkemahan.Menurut anak-anak kegiatan kali ini sangatmenyenangkan sekali karena setelah kitacape latihan tersedia makanan untukdimakan bersama-sama wah...wah.. redaksijadi pengen nih....ikutan nimbrung danmakan..he..he..he..Menurut kak Hj. Sukmiati S.Pd.MG( Pembina Putri ) kegiatan seperti ini mestidijadwalkan setiap 1 bulan sekali karenadengan kegiatan seperti ini banyak hal positifdan manfaat yang dapat diambil diantaranya,meningkatkan rasa tanggungjawab, gotongroyong, kebersaman serta membedakanantara golongan yang mampu dan yang tidakmampu, serta lebih mampu mempererat rasasaling membutuhkan dalam regu.
 Liku-liku jalan yang kulalui Pramuka ku dikau gagah perkasaWalaupun sakit bukan halangan, hutan dan gunung bukan rintanganTerus maju demi satu tujuan....keberhasilan.......
Itulah lirik lagu yang anak-anak pramuka SMPTerbuka Pasirjambunyanyikan saatmelaksanakan kegiatanhaiking menuju kegunungputri yang berada diwilayahDesa Cikoneng, semuapeserta tampak antusiasmengikuti kegiatan tersebut.Kegiatan haiking tersebut
 
diisi dengan berbagaikegiatan outbondsupaya anak-anaksemangat mengikutikegiatan kali ini.Lokasi yang dinilaisangat ekstremmembuat anak-anaksangat berhati-hatidalam melangkahbahkan tak sedikit lereng-lerengyang longsor....akibat hutanyang gundul....nah disinilahperan kita sebagai anggotapramuka untuk bisa menjagadan melindungi hutan iniJauh pastinya...rasa lelah puntak dapat dihindari.......tapi tetapsemangat anak-anakperjuangan belum selesai.....
 
BULETIN PRAMUKA EDISI KE 25-2013BULETIN PRAMUKA EDISI KE 25-2013
 
http//: buletinpramukatunaskelapa.blogspot.comhttp//: buletinpramukatunaskelapa.blogspot.com
 
1.
 
Upacara pelantikan dilaksanakan untukpeserta didik yang telah berhasil menyelesaikanSKU tingkat awal, yaitu Siaga Mula, PenggalangRamu, Penegak Bantara, dan Pandega.a)
 
Upacara dilakukan secara sederhana,khidmat dan berkesan terutama mengenai ucapanJanji/Satya Pramuka.b)
 
Upacara dilakukan sesuai denganketentuan yang diatur dalam PetunjukPenyelenggaraan Upacara Dalam Gerakan Pramuka.c)
 
Seyogyanya upacara pelantikan dihadiri pula oleh orangtua/wali peserta didik yangbersangkutan.d)
 
Sesudah mengikuti upacara pelantikan, peserta didik berhak memakai pakaianseragam lengkap sesuai dengan ketentuan yang berlaku.e)
 
Sesudah upacara pelantikan, Pembina Pramuka yang melantik mengisi buku SKUdan menyerahkannya ke peserta didik yang dilantik.2. Upacara kenaikan tingkat yaitu upacara pemberian tanda kecakapan umum sebagaikelanjutan dari tingkat kecakapan awal; misalnya dari :1) Siaga Mula ke Siaga Bantu2) Siaga Bantu ke Siaga Tata.dan seterusnya, begitu pula pada golongan Penggalang dan Penegak.Pada golongan Pandega tidak ada upacara kenaikan tingkat, karena SKU Pandegahanya satu tingkat, sedangkan untuk upacara pemberian TKK dan Tanda PramukaGaruda dapat dilakukan seperti upacara kenaikan tingkat.
 Tanda PengenalPramuka
1
. Tanda Umum
 Dipakai secara umum oleh semua anggotaGerakan Pramuka yang sudah dilantik,baik putra maupun putri.Macamnya : Tanda tutup kepala, setangan/ pita leher, tanda pelantikan, tandaharian, tanda WOSM.
2. Tanda Satuan
 Menunjukkan Satuan / Kwartir tertentu,tempat seorang anggota Gerakan Pramukabergabung.Macamnya : Tanda barung / regu / sangga, gugusdepan, kwartir, Mabi, krida, saka,Lencana daerah, satuan dan lain-lain.
3. Tanda Jabatan
 Menunjukkan jabatan dan tanggungjawab seorang anggota Gerakan Pramuka dalamlingkungan organisasi Gerakan Pramuka.Macamnya : Tanda pemimpin / wakil pemimpin barung / regu / sangga, sulung,pratama, pradana, pemimpin / wakil krida / saka, Dewan Kerja, Pembina, PembantuPembina, Pelatih, Andalan, Pembimbing, Pamong Saka, Dewan Saka dan lain-lain.
4. Tanda Kecakapan
Yaitu, suatu tanda untuk menunjukan kecakapan sesama anggota pramuka.
Tanda Kecakapan Umum (TKU);
 a. Siaga Mula
 –
Bantu
 –
Tatab. Penggalang Ramu
 –
Rakit
 –
Terapc. Penegak Bantara
 –
Laksanad. Pandega Pandega5.
Tanda Kecakapan Khusus (TKK);
 Yaitu tanda yang menunjukan kecakapan, keterampilan, ketangkasan, atau keahlianpramuka dalam bidang-bidang yang khusus atau tertentu.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->