Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
1Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Perbedaan Karangan

Perbedaan Karangan

Ratings: (0)|Views: 176|Likes:
Published by Santi Puspitasari
Tugas
Tugas

More info:

Published by: Santi Puspitasari on Apr 02, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

12/07/2013

pdf

text

original

 
 
*
 
SINOPSIS
Menurut Moeliono (1988)
sinopsis
adalah karangan ilmiah yang biasanya diterbitkan bersama-samadengan Karangan asli. Dan yang menjadi dasar sinopsis itu adalah ringkasan dan abstrak.Cara untuk membuat sinopsis adalah sebagai berikut :a)
 
Membaca naskah asli terlebih dahulu untuk mengetahui kesan umum penulis. b)
 
Mencatat gagasan utama dengan menggarisbawahi gagasan yang penting.c)
 
Menulis ringkasan cerdasarkan gagasan-gagasan utama sebagaimana dicatat pada langkahkedua. Gunakanlah kalimat yang padat, efektif, dan menarik untuk merangkai jalan ceritamenjadi sebuah karangan singkat yang menggambarkan karangan asli.d)
 
Dialog dan monolog tokoh cukup ditulis isi atau garis besarnya saja.
e)
 
Synopsis tidak boleh menyimpang dari jalan cerita dan isi dari keseluruhan karya yang asli.
*
 
Ikhtisiar
 
Menurut Juhara (2003)
Ikhtisiar
adalah penulisan pokok-pokok masalah penulisannya tidak harus berurutan, boleh secara acak atau disajikan dalam bahasa pembuat ikhtisar tanpa mengubah temasebuah wacana. Ikhtisiar berfungsi sebagai garis-garis besar masalah dalam sebuah wacana yang berukuran pendek atau sedang. Ikhtisiar yaitu penyajian singkat dari suatu karangan asli yang tidak  perlu memberikan isi dari seluruh karangan itu secara proporsional
.
 
Cara membuat ikhtisiar adalah sebagai berikut :a)
 
Membaca naskah asli beberapa kali (setidak-tidaknya dua kali). b)
 
Membuat kerangka bacaan dengan menuliskan pikiran utama atau pikiran pokokj yangterdapat dalam naskah.
c)
 
Menulis ihtisiar.
 
*
 
Ringkasan
 
Ringkasan
merupakan penyajian singkat dari suatu karangan asli, sedangkan perbandingan bagian atau bab dari karangan asli secara proporsional tetap di pertahankan dalam bentuknya yangsingkat.Ringkasan (precis) adalah suatu cara yang efektif untuk menyajikan suatu karangan yang panjang dalam bentuk yang singkat. Kata précis berarti memotong atau memangkas.Skema langkah-langkah dalam membuat sebuah ringkasan:a)
 
Membaca naskah aslia)
 
Kalau perlu diulang beberapa kali untuk mengetahui kesan umum tantang karangan itusecara menyeluruh. Penulis perlu juga mengetahui maksud pengarang dan sudut pandang pengarang. b)
 
Mencatat gagasan utamac)
 
Pencatatan itu dilakukan dengan tujuan. Pertama, untuk tujuan pengamanan agar memudahkan penulis pada waktu meneliti kembali apakah pokok-pokok yang dicatat itu penting atau tidak; kedua, catatan ini juga akan menjadi dasar bagi pengolahanselanjutnya. Tujuan terpenting dari pencatatan ini adalah agar tanpa ikatan teks asli, penulis mulai menulis kembali untuk menyusun kembali untuk menyusun sebuahringkasan dengan mempergunakan pokok-pokok yang telah dicatat.d)
 
Mengadakan reproduksie)
 
Hal yang harus diperhatikan bahwa dengan catatan tadi, ia harus menyusun suatu wacanayang jelas dan dapat diterima akal sehat, dan sekaligus menggambarkan kembali isi darikarangan aslinya.f)
 
Ketentuan tambahan
 
g)
 
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar ringkasan itu diterima sebagai suatu tulisanyang baik. => A). Sebaiknya dalam menyusun ringkasan dipergunakan kalimat tunggaldari pada kalimat majemuk. Kalimat majemuk menunjukan bahwa ada dua gagasan ataulebih yang bersifat paralel. Bila kalimat majemuk telitilah kembali apakah tidak mungkindijadikan kalimat tunggal. => B). Bila mungkin ringkaslah kalimat menjadi frasa, frasamenjadi kata. Begitu pula rangkaian gagasan yang panjang hendaknya diganti dengansuatu gagasan sentral saja. => C). Jumlah alinea tergantung dari besarnya ringkasan dan jumlah topik utama yang akan dimasukkan dalam ringkasan. Alinea yang mengandungilustrasi, contoh, deskripsi, dan sebagainya dapat dihilangkan, kecuali yang dianggap penting. => D). Bila mungkin semua keterangan atau kata sifat dibuang. Kadang-kadangsebuah kata sifat atau keterangan masih dipertahankan untuk menjelaskan gagasan umumyang tersirat dalam rangkaian keterangan, atau rangkaian kata sifat yang terdapat dalamnaskah
.
Persamaan ringkasan, ikhtisiar, dan synopsis yaitu: 
 
Pada prinsipnya synopsis, ringkasan dan ikhtisiar, sama-sama meringkas suatu cerita atau bacaanyang kita baca dengan mengambil intisari atau ide pokok dari suatu karangan yang kita baca.Sama-sama mempunyai langkah-langkah atau metodologi yang sama yaitu:a)
 
Bacalah naskah dua kali b)
 
Catatlah semua judul, semua topik.c)
 
Cocokan catatan anda dengan naskah asli.
Perbedaan ringkasan, ikhtisiar, dan synopsis yaitu: 
 
 
Sinopsis adalah ringkasan pendek dari suatu cerita (cerita pendek, novel, roman, dan karya-karyasastra yang lainnya) atau karangan.Ikhtisiar ialah bagian yang sangat penting setelah membuat kesimpulan dan rekomendasi. Ikhtisiar mengandung topik persoalan dan tujuan yang akan dicapai melalui topik tersebut.Ringkasan sebagai suatu keterampilan memproduksi suatu buku teks atau karangan tertentu. Untuk menjadi seorang yang membuat reproduksi yang baik harus benar-benar mengetahui dan memahamiini sebuah buku atau karangan

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->