Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
1Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Menyusun Penelitian

Menyusun Penelitian

Ratings: (0)|Views: 170|Likes:
Published by Muchlis Scribd
Manajemen Kesehatan
Manajemen Kesehatan

More info:

categoriesTypes, Research
Published by: Muchlis Scribd on Apr 02, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

12/19/2013

pdf

text

original

 
 
Kelompok I
FK Al Azhar Mataram Page 1
BAB IPENDAHULUAN
1.1
 
LATAR BELAKANG
Desain penelitian merupakan rencana penelitian yang disusun sedemikian rupa sehingga peneliti dapay memperoleh jawaban terhadap pertanyaan penelitiannya. Dalam pengertianyang luas desain penelitian mencakup pelbagai hal yang dilakukan oleh peneliti, mulai dariidentifikasi masalah, hipotesis, operasionalisasi hipotesis tersebut, sampai pada analisis data.Dalam pengertian yang lebih sempit desain penelitian mengacu pada jenis atau macam penelitian yang dipilih untuk mencapai penelitian; jadi ia berperan sebagai alat dan pedomanuntuk mencapai tujuan penelitian.Dengan demikian maka hakekatnya desain penelitian merupakan suatu wahana untuk mencapai tujuan penelitian, yang juga berperan sebagai rambu-rambu yanmg akan menuntun peneliti dalam seluruh proses penelitian. Dalam garis besarnya, desai penelitian mempunyaidua kegunaan yang sangat penting dalam proses penelitian, yakni:
 
Merupakan sarana bagi peneliti guna memperoleh jawaban ataspertanyaan penelitian.
 
Merupakan alat untuk mengontrol atau mengendalikan pelbagai variable yang berpengaruh pada suatu penelitian.Desain membantu penelitian untuk mendapatkan jawaban atas pertanyaan penelitian dengansahih, obyektif, akurat, serta hemat. Desain penelitian harus disusun dan dilaksanaan dengan penuh perhitungan agar dapat menghasilkan petunjuk empiric yang kuat relecansinya dengan pertanyaan penelitian. Desain yang direncanakan serta dilaksanakan secara memadai, akansangat membantu peneliti dalam mengendalikan inferensi maupun observasi yang dilakukan.
1.2
 
TUJUAN
1.2.1
 
Untuk mengetahui identifikasi masalah untuk merumuskan permasalahan penelitiandan tujuan.1.2.2
 
Untuk mengetahui bagaimana memilih design risert yang sesuai dengan permasalahan yang diangkat1.2.3
 
Untuk mengetahui bagaimana cara membuat instrumen pengumpulan data risert.
 
 
Kelompok I
FK Al Azhar Mataram Page 2
1.2.4
 
Untuk mengetahui bagamana cara menyusun proposal risert kedokteran.
 
 
Kelompok I
FK Al Azhar Mataram Page 3
BAB IIPEMBAHASAN
2.1
 
SKENARIO V. 4. 5
BAGAIMANA MENYUSUN PROTOKOL PENELITIAN DI BIDANGKESEHATAN?
Salah satu permasalahan kesehatan yang menonjol di Kabupaten Lombok Barat padatahun 2008 adalah masih tingginya kasus-kasus malnutrisi yang ditandai dengan tingginyakasus gizi kurang maupun gizi buruk. Pada saat semua daerah berpacu untuk meningkatkankualitas sumber daya manusia, maka kasus malnutrisi ini dapat menjadi kontra produktif bagiupaya peningkatan sumber daya manusia. Berdasarkan penelitian para ahli, 54% kematian pada bayi dan balita berhubungan dengan masalah gizi. Disamping itu, malnutrisi akan berdampak  pada hambatan perkembangan otak sehingga menyebabkan rendahnya kecerdasan seorang anak.Bila hal ini terjadi, maka berdampak pada rendahnya tingkat pendidikan yang pada akhirnya juga berdampak terhadap lemahnya akses terhadap sumber-sumber ekonomi dan pendapatan.Menurut hasil Pemantauan Status Gizi (PSG) yang dilakukan oleh Dinas KesehatanProvinsi NTB, trend kasus-kasus malnutrisi pada anak-anak di Kabupaten Lombok Barat daritahun 2006 s/d 2008 dapat disampaikan pada Grafik 1.Pada grafik 1 tampak bahwa trend kasus malnutrisi baik gizi kurang maupun gizi buruk cenderung menurun meksipun penurunnya cukup landai. Insidens kasus gizi buruk sebesar 3,11% tersebut membutuhkan perhatian yang memadai dan perlu dilakukan upaya pemecahannya. Hal ini sejala pula dengan tujuan MDG pertama yang menurunnya proporsikasus penduduk yang hidup dibawah garis kemiskinan sampai dengan minimal separuh dariangka pada tahun 2009.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->