Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
2Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Perancangan Sistem

Perancangan Sistem

Ratings: (0)|Views: 186|Likes:
Published by Zhenna Abha

More info:

Categories:Topics, Art & Design
Published by: Zhenna Abha on Apr 02, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

10/16/2013

pdf

text

original

 
1
Perancangan Sistem
Langkah-Langkah Perancangan Sistem
Perancangan sistem dapat disebut sebagai formulasi cetak biru sistem yang lengkap. Oleh karenaitu, perancangan sistem dapat dipandang sebagai sesuatu yang umum maupun rinci. Lebih jauh,lingkungan bisnis seringkali berubah dan, karena muncul kebutuhan-kebutuhan baru dalam sistem, perancangan sistem harus distrukturkan sesuai kebutuhan.Langkah-langkah utama dalam perancangan sistem dapat digambarkan di bawah ini, dan penjelasannya adalah sebagai berikut:Gambar 17.1 Perancangan SIstem
Evaluasi Alternatif-alternatif Rancangan
Perancangan sistem harus menyajikan pemecahan untuk masalah spesifik. Masalah perancangansistem hamper mirip dengan banyak masalah dalam kehidupan. Biasanya tidak ada satu pemecahanyang secara sempurna mengatasi masalah. Perancang sistem biasanya dihadapkan beberapa pemecahan, yang seluruhnya muncul dari pengalaman. Oleh karena itu, aspek yang sangat pentingdalam perancangan sistem adalah perhitungan dan pertimbangan berbagai alternative-alternatif utamarancangan.
Perhitungan Alternatif-alternatif Rancangan
Dalam perancangan sistem yang lengkap, ada dua pendekatan umum. Pendekatan pertama adalahmerancang sistem benar-benar dari awal. Pada pendekatan kedua perancang memilih danmerekomendasikan sistem pra-buat (yang telah dirancang).
 
Perencanaan danAnalisis SistemSajikan SpesifikasiRancanganEvaluasi BerbagaiRancanganPenelaahan danPengendalianImplementasiSIstemSpesifikasi danRancanan Sistem
 
2
Gambar 17.2 Pendekatan-pendekatan Perancangan Umum pada Sistem BerjalanPaket-paket computer kadang-kadang dapat memenuhi kebutuhan spesifik situasi tertentu dengan pekerjaan yang minim. Ini benar jika paket computer dibuat untuk industry tertentu.Situasi kedua yang seringkali dihadapi pada perancangan sistem adalah bahwa sistem berjalantidak berfungsi secara memadai. Seperti dikatakan secara umum, lebih sulit untuk memodifikasisistem berjalan daripada mengimplementasikan yang baru. Ini khususnya benar karena kecenderunganindividu untuk menolak perubahan.Dalam memodifikasi sistem berjalan, terdapat beberapa pendekatan dasar yang dapat diambil.Pertama adalah dengan memodifikasi data yang dikumpulkan dan laporan yang dihasilkan.Pendekatan kedua untuk merancang ulang sistem berjalan mencakup mengorganisasi ulang tanggung jawab pekerjaan. Pendekatan ini lebih drastic dibandingkan yang pertama dan biasanya akancenderung ditolak oleh karyawan. Oleh karena itu, para perancang sistem harus berhati-hati untuk merekomendasikan perubahan organisasional yaitu hanya jika benar-benar diperlukan.Terakhir, beberapa alternative perancangan dapat diaplikasikan baik untuk sistem baru atau untuk memodifikasi sistem berjalan.
Penjelasan Alternatif 
Dalam alternatif perancangan tersentralisasi, setiap divisi memberikan data akuntansi ke sistemcomputer pusat. Kemudian, sistem computer pusat akan membuat dan mendistribusikan laporankepada setiap divisi. Dalam alternative perancangan terdesentralisasi, setiap divisi memiliki computer sendiri dan mengumpulkan data sendiri. Laporan lengkap ditransmisikan ke kantor pusat. Deskripsisetiap alternative harus dikaitan dengan keuntungan dan kerugian relatifnya. Informasi biaya relevan juga harus disajikan sehingga pembandingan biaya/manfaat dapat dibuat terhadap alternative-alternatif perancangan.
Mengevaluasi Alternatif-alternati
Kriteria utama untuk memilih alternative untuk implementasi adalah biaya kontra manfaat. Selainitu, alternative terpilih harus memenuhi seluruh tujuan-tujuan sistem yang utama.
Perubahan- perubahan Utama
Perubahan-perubahanMinor pada SistemLama
Sistem BerjalanSistem Pra-buatSistem Baruyang Lengkap
Sistem yangDirancang secaraIntern
 
3
Factor penting lainnya yang harus dipertimbangkan adalah kelayakan. Proposal yang dirancangharus layak secara teknis maupun operasional. Harus memungkinkan bagi perusahaan tertentu untuk mengimplementasikan spesifikasi-spesifikasi rancangan.Alternatif perancangan utama yang terbaik biasanya dipilih oleh manajemen puncak. Lebih jauh,rancangan-rancangan utama yang disajikan kepada manajemen puncak umumnya tidaklah rinci. Jikamanajemen sudah memilih rancangan, tim perancangan membuat spesifikasi-spesifikasi rancanganyang rinci.
Pembuatan Spesifikasi-spesifikasi Rancangan
Aturan utama dalam pembuatan spesifikasi-spesifikasi perancangan adalah bahwa para perancangharus bekerja mundur (backward) dari keluaran ke masukan. Sejalan dengan tujuan-tujuan sistem, perancang harus merancang seluruh laporan manajemen dan dokumen-dokumen keluaran padalangkah pertama dari proses. Dalam setiap tahap urutan perancangan, harus dibuat pertimbangan- pertimbangan khusus. Dalam perancangan laporan dan keluaran-keluaran lainnya, factor-faktor yangharus dipertimbangkan adalah frekuensi pelaporan, media keluaran, dan laporan actual. Dalam pembuatan database, harus dibuat pertimbangan-pertimbangan perancangan yang berkaitan denganorganisasi file, tata letak catatan, media penyimpanan, dan volume penggunaan. Terakhir, dalammenspesifikasikan masukan, harus dipertimbangkan mengenai format masukan, media masukan, danvolume transaksi.
Pembuatan dan Penyampaian Spesifikasi Rancangan SIstem
Spesifikasi-spesifikasi rancangan lengkap harus disajikan dalam bentuk proposal.Spesifikasi-spesifikasi database akan mencakup isi unsure data spesifik serta juga organisasi filedan metode-metode akses file. Selain itu, rincian-rincian yang berkaitan dengan kebutuhan-kebutuhan penyimpanan, ukuran file, dan frekuensi pemutakhiran harus pula disajikan.Proposal perancangan harus menyatakan secara jelas bahwa hal-hal tersebut akan dilakukansesuai dengan tujuan-tujuan pengendalian intern.
Pertimbangan-Pertimbangan Perancangan Umum
Perancangan Keluaran
 
Pertimbangan pertama dan paling penting dalam perancangan keluaran adalah efektivitas biaya.Prinsip efektivitas biaya harus diterapkan untuk seluruh elemen dalam system karena investasi dalamsystem informasi sama seperti pengeluaran anggaran modal lainnya harus dievaluasi dengan dasar  biaya/manfaat. Tujuannya adalah memaksimalkan rasio manfaat terhadap biaya dan memenuhitujuan-tujuan system tertentu.Laporan yang memuat informasi tidak relevan akan diabaikan oleh manajer yang enggan melihat banyak data yang tidak bermanfaat baginya. Pemuatan informasi yang tidak relevan dalam laporan juga akan berakibat pada peningkatan biaya informasi.Salah satu factor yang berkaitan dengan kejelasan adalah judul dan cakupan laporan yang tepat.Bahaya yang terkandung dalam alas an ini adalah bahwa banyak perusahaan yang memiliki tingkat perputaran staf manajemen yang tinggi, yang artinya bahwa para manajer baru dapat salah interpretasiatas laporan atau mengabaikannya karena ketidakjelasan.
Perancangan Database
Arti pentingnya adalah bahwa database perusahaan harus dipadukan. Keterpaduan (integrasi) berarti menghindarkan pengumpulan dan pemeliharaan unsure-unsur data yang sama dalam lebih dari

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->