Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
KRAMANING SEMBAH

KRAMANING SEMBAH

Ratings: (0)|Views: 125 |Likes:
Sembahyang Hindu
Sembahyang Hindu

More info:

Categories:Types, Reviews
Published by: Sutisna Gusti Komang on Apr 03, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/09/2013

pdf

text

original

 
KRAMANING SEMBAH
Kramaning Sembah berasal dari kata “krama” dan “sembah.” Krama dalam hal
ini berarti urut-urutan, rangkaian, tata cara atau metoda. Sedangkan sembah berartimemuja dan memuji kemuliaan dan keagungan Tuhan. Kramaning Sembah dengandemikian berarti urut-urutan atau rangkaian pelaksanaan persembahyangankehadapan Ida Sang Hyang Widi Wasa/Tuhan Yang Maha Esa. Berikut adalah tatacara atau urut-urutan persembahyangan dimaksud.Dimuka telah diuraikan bahwa Kramaning Sembah didahului dengan PùjàTrisandhyà. Sesudah selesai melantunkan Mantram Trisandhyà, PemimpinUpacara akan memimpin upacara persembahyangan atau Kramaning Sembahdengan urut-urutan seperti dibawah ini :1. Sembah Puyung (1).2. Sembahyang kepada Tuhan.3. Sembahyang kepada Tuhan dan atau Dewata dalam fungsinya sebagai IûþaDewata.4. Sembahyang kepada Tuhan dengan maksud untuk mohon panugrahan.5. Sembah Puyung (2).6. Pemercikan Tìrtha dan7. Pemberian Bija.Dibawah ini akan diuraikan lebih lanjut urut-urutan persembahyangantermaksud secara lebih rinci.
1. Sembah Puyung :
Pertama-tama Pemangku yang memimpin upacara persembahyangan, akanmengucapkan aba-
aba “Sembah Puyung.” Maksudnya adalah sembahyang tanpa
sarana atau tanpa bunga. Umat yang akan bersembahyang kemudian mengasapi
 
atau mensucikan kedua tangannya diatas dupa yang ada di depannya. Keduatangan lalu dicakupkan dan diangkat keatas, sehingga pangkal cakupan tangan berada diatas dahi dan ujung jari tangan berada diatas ubun-ubun. KemudianPemimpin Upacara atau Pemangku mengucapkan Mantram :
Oý Àtma Tattvàtma Suddha Mam Svaha.
Artinya :
Ya Tuhan, sucikanlah diri hamba.
Jika umat yang bersembahyang memahami atau hafal Mantram termaksud,merekapun boleh mengucapkannya dalam hati. Jika tidak paham, agar mengucapkan terjemahannya dalam bahasa yang dikuasai. Setelah itu keduatangan diturunkan perlahan-lahan.
2. Sembahyang kepada Tuhan :
Selanjutnya Pemimpin Upacara atau Pemangku akan memberi aba-aba untuk  bersembahyang kepada Tuhan dalam fungsinya sebagai Úiwa Raditya atau Àdityaatau sering juga dipergunakan istilah ke Sùrya. Mereka yang bersembahyangkemudian mengambil bunga (jika ada, pergunakanlah bunga yang berwarna putih, jika tidak, dapat dipergunakan bunga dengan warna lain), lalu disucikan ataudiasapi diatas dupa yang ada di depannya sambil mengucapkan sendiri Mantram berikut :
Oý Puûpa Danta Ya Namaá.
Artinya :
Ya Tuhan, sucikanlah bunga ini.
Sesudah itu bunga dijepit dengan kedua ujung jari tangan, dengan bungatersembul diujung jari, lalu kedua cakupan tangan itu diangkat keatas, sehingga
 
 pangkal cakupan tangan berada diatas dahi dan ujung jari tangan berada diatasubun-ubun. Pemimpin Upacara atau Pemangku kemudian mengucapkan Mantram berikut :
Oý Àditya Sya Param Jyoti  Rakta Teja Namo Stute Sveta Paòkaja Madhyasta Bhaskara Ya Namo StuteOý Pràóàmya Bhaskara Devam Sarva Kleca Winasanam Pràóàmya Ditya Úivàrtam Bukti Mukti WarampradamOý Rang Ring Sah Parama Úiva Ditya Ya Nama Namaá Svaha
Artinya :
Ya Tuhan, hamba memuja dan menyembah pancaran kemahakuasaan danenergi ilahi Mu yang memberkati dan memberkahi jagat raya dan segenapisinya ini.
Jika mereka yang bersembahyang memahami atau hafal Mantram termaksud,merekapun boleh mengucap-kannya dalam hati. Jika tidak paham, agar mengucapkan terjemahannya dalam bahasa yang dikuasai.Sesudah itu kedua tangan diturunkan perlahan-lahan sambil membuangkedepan bunga di cakupan tangan tadi.
3. Sembahyang kepada Tuhan dan atau Dewata dalam fungsinya sebagai IûþaDewata :

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->