Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
27Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Pengaruh global di berbagai bidang

Pengaruh global di berbagai bidang

Ratings:

4.55

(11)
|Views: 7,003 |Likes:
Tugas makalah SMPN 7 Klaten
Tugas makalah SMPN 7 Klaten

More info:

Published by: Bachtiar Rachmad Pudya on Mar 18, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/28/2013

pdf

text

original

 
PENGARUH GLOBALISASI DALAM BERBAGAIBIDANG KEHIDUPAN
A.
Latar belakang timbulnya globalisasi 
Kata "globalisasi" diambil dari kata globe (bola dunia) menjadi global yang berarti‘mendunia’. Globalisasi adalah sebuah istilah yang memiliki hubungan denganpeningkatan keterkaitan antar bangsa dan antarmanusia di seluruh dunia.Hubungan antar bangsa dan antar manusia tersebut dapat berupa hubungandalam bidang perdagangan, investasi, perjalanan, budaya popular, dan bentuk bentukinteraksi yang lain. Istilah globalisasi memiliki kesamaan dengan istilahinternasionalisasi. Ciri-ciri globalisasi harus dijelaskan dengan menggunakan konsepsebagai berikut:1. Perubahan dalam konsep ruang dan waktu. Perkembangan barang-barang sepertitelepon genggam, televisi satelit, dan internet menunjukkan bahwa komunikasiglobal terjadi demikian cepatnya, sementara melalui perilaku atau perpindahanmanusia atau sekelompok manusia (massa) semacam turisme memungkinkan kitamengenal banyak hal dari budaya yang berbeda.2. Pasar dan produksi ekonomi di negara-negara yang berbeda menjadi salingbergantung. Hal ini diakibatkan oleh pertumbuhan perdagangan internasional,peningkatan pengaruh perusahaan multinasional, dan pengaturan perdaganganinternasional oleh organisasi World Trade Organization (WTO).3. Peningkatan interaksi budaya melalui perkembangan media massa. Pengaruhtersebut terutama melalui sarana televisi, film, musik, dan transmisi berita dan olahraga internasional. Saat ini, kita dapat mengkonsumsi dan mengalami gagasandan pengalaman baru mengenai hal-hal yang melintasi beraneka ragam budaya,misalnya dalam bidang fashion, literatur, dan makanan.4. Meningkatnya masalah bersama. Permasalahan bersama tersebut misalnya padabidang lingkungan hidup, krisis multinasional, inflasi regional.5. Makanan siap saji (KFC, McD, dan sebagainya) merupakan dampak dariglobalisasi.6. Ketergantungan ekonomi seperti tampak pada kenaikan harga minyak bumi.
11
 
Globalisasi membawa pengaruh dari luar negeri masuk ke sendi-sendi tiap-tiapnegara. Pengaruh luar itu mempengaruhi sendi-sendi kehidupan masyarakat negarayang bersangkutan di berbagai bidang, baik di bidang ekonomi, politik, sosial budaya,maupun bidang pertahanan dan keamanan.Globalisasi merupakan kenyataan yang tidak dapat dihindari oleh bangsa dannegara manapun, termasuk Indonesia. Bangsa dan negara Indonesia harusmenghadapi perubahan global ini. Dunia dalam era global ibarat arena pertandingan.Bangsa dan negara di dunia diibaratkan menjadi pemain dan penonton di arenapertandingan tersebut.
B.
Perkembangan teknologi di era globalisasi 
Dalam kehidupan kita dimasa mendatang, sektor teknologi informasi dantelekomunikasi merupakan sektor yang paling dominan di bandingkan sektor teknologilainnya. Siapa saja yang menguasai teknologi ini, maka dia akan menjadi pemimpindalam dunianya. Teknologi informasi banyak berperan dalam bidang-bidang antara lain:e-government, e- commerce, e-education, e-medicine, e-laboratory, dan lainnya, yangkesemuanya itu berbasiskan elektronika.1.
Perkembanngan teknologi pendidikan
Globalisasi telah memicu kecenderungan pergeseran dalam duniapendidikan dari pendidikan tatap muka yang konvensional ke arah pendidikanyang lebih terbuka (Mukhopadhyay M., 1995). Kecenderungan dunia pendidikan diIndonesia di masa mendatang adalah:(a) Berkembangnya pendidikan terbuka dengan modus belajar jarak jauh(Distance Learning). Kemudahan untuk menyelenggarakan pendidikanterbuka dan jarak jauh perlu dimasukan sebagai strategi utama.(b) Sharing resource bersama antar lembaga pendidikan / latihan dalam sebuah jaringan(c) Perpustakaan & instrumen pendidikan lainnya (guru, laboratorium) berubahfungsi menjadi sumber informasi daripada sekedar rak buku.(d) Penggunaan perangkat teknologi informasi interaktif, seperti CD-ROMMultimedia, dalam pendidikan secara bertahap menggantikan TV dan Video.Dengan adanya perkembangan teknologi informasi dalam bidang pendidikan,maka pada saat ini sudah dimungkinkan untuk diadakan belajar jarak jauh denganmenggunakan media internet untuk menghubungkan antara mahasiswa dengan
22
 
dosennya, melihat nilai mahasiswa secara online, mengecek keuangan, melihat jadwal kuliah, mengirimkan berkas tugas yang diberikan dosen dan sebagainya,semuanya itu sudah dapat dilakukan.Suatu pendidikan jarak jauh berbasis web antara lain harus memiliki unsur sebagai berikut:(a) Pusat kegiatan siswa; sebagai suatu community web based distance learningharus mampu menjadikan sarana ini sebagai tempat kegiatan mahasiswa,dimana mahasiswa dapat menambah kemampuan, membaca materi kuliah,mencari informasi dan sebagainya.(b) Interaksi dalam grup; Para mahasiswa dapat berinteraksi satu sama lainuntuk mendiskusikan materi-materi yang diberikan dosen. Dosen dapat hadir dalam group ini untuk memberikan sedikit ulasan tentang materi yangdiberikannya.(c)Sistem administrasi mahasiswa; dimana para mahasiswa dapat melihatinformasi mengenai status mahasiswa, prestasi mahasiswa dan sebagainya.(d) Pendalaman materi dan ujian; Biasanya dosen sering mengadakan quissingkat dan tugas yang bertujuan untuk pendalaman dari apa yang telahdiajarkan serta melakukan test pada akhir masa belajar. Hal ini juga harusdapat diantisipasi oleh web based distance learning(e) Perpustakaan digital; Pada bagian ini, terdapat berbagai informasikepustakaan, tidak terbatas pada buku tapi juga pada kepustakaan digitalseperti suara, gambar dan sebagainya. Bagian ini bersifat sebagai penunjangdan berbentuk database.(f) Materi online diluar materi kuliah; Untuk menunjang perkuliahan, diperlukan juga bahan bacaan dari web lainnya. Karenanya pada bagian ini, dosen dansiswa dapat langsung terlibat untuk memberikan bahan lainnya untuk dipublikasikan kepada mahasiswa lainnya melalui web.Dalam era global, penawaran beasiswa banyak sekali muncul di internet.Bagi sebagian besar mahasiswa di dunia, uang kuliah untuk memperolehpendidikan yang terbaik umumnya masih dirasakan mahal.Amat disayangkan apabila ada pelajar / mahasiswa yang pandai di kelasnyatidak dapat meneruskan sekolah hanya karena tidak mampu membayar uangkuliah. Informasi beasiswa merupakan kunci keberhasilan dapat menolongmahasiswa yang berpotensi tersebut.
33

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->