Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
LANDASAN PENDIDIKAN MAKALAH PENGERTIAN PENDIDIKAN

LANDASAN PENDIDIKAN MAKALAH PENGERTIAN PENDIDIKAN

Ratings: (0)|Views: 80 |Likes:
Published by Anis Marsela
PGSD 1B 2011 UPI
PGSD 1B 2011 UPI

More info:

Published by: Anis Marsela on Apr 03, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/01/2013

pdf

text

original

 
Pengertian Pendidikan
1
Landasan Pendidikan
BAB IPENDAHULUAN
Dalam kegiatan pembelajaran Pengertian Pembelajaran, kita akan mengkaji tigapermasalahan pokok, yaitu pengertian pendidikan berdasarkan lingkupnya, pengertianpendidikan berdasarkan pendekatan ilmiah dan pendekatan sistem, serta pengertianpendidikan berdasarkan pendekatan antropologis filosofis (implikasi dari pandangantentang hakikat manusia terhadap pendidikan). Kajian dalam pokok permasalahanpertama meliputi definisi dan karakteristik pendidikan dalam arti luas dan sempit.Kajian dalam pokok permasalahan yang kedua meliputi berbagai definisi dan konsepdalam ilmu-ilmu tertentu yang memiliki makna pendidikan, dan pengertian pendidikanberdasarkan pendekatan sistem. Adapun kajian dalam pokok permasalahan ketigameliputi definisi serta karakteristik pendidikan sebagai humanisasi. Dengan demikiansetelah mempelajari materi ini kita akan dapat menjelaskan berbagai pengertianpendidikan, baik pengertian pendidikan berdasarkan lingkupnya, yaitu pengertian luasdan sempit, berbagai pengertian pendidikan berdasarkan pendekatan ilmiah, danpendekatan sistem, serta hakikat pendidikan.
 
Pengertian Pendidikan
2
Landasan Pendidikan
BAB IIPENGERTIAN PENDIDIKAN
A.
 
Pengertian Pendidikan berdasarkan Lingkupnya
a.
 
Pendidikan dalam Arti LuasDalam arti luas, pendidikan adalah hidup
.
Artinya, pendidikan adalah segalapengalaman (belajar) di berbagai lingkungan yang berlangsung sepanjang hayat danberpengaruh positif bagi perkembangan individu. Contoh: Seorang anak yang tertarikdengan nyala api yang membara, ia memegangnya, merasakan panas, dan berdasarkanpengalamanya itu akhirnya ia selalu hati-hati apabila menghadapai atau menggunakanapi. Begitupun dengan mahasiswa yang menuntut ilmu di suatu perguruan tinggi. Ketikaterjadi suatu bencana alam, seseorang menyadari dosa-dosa yang telah diperbuatnya,segera bertaubat kepada Tuhannya, dan berupaya untuk tidak berbuat dosa lagi. Daricontoh tersebut kita dapat memahami bahwa pendidikan berlangsung dalam kontekshubungan manusia yang bersifat multi dimensi, baik dalam hubungan manusia dengansesama manusia dan budayanya, dengan alam, bahkan dengan Tuhannya. Dan disadariatau tidak pendidikan selalu diarahkan untuk mencapai tujuan tertentu. Dalam arti luas,tujuan pendidikan terkandung dalam setiap pengalaman belajar dan tidak ditentukandari luar. Tujuan pendidikan adalah pertumbuhan, jumlah tujuan pendidiikan tidakterbatas. Tujuan pendidikan sama dengan tujuan hidup (Redja Mudyaharjo,2001).b.
 
Pendidikan dalam Arti SempitDalam arti sempit, pendidikan dalam prakteknya identik dengan penyekolahan(
schooling
), yaitu pengajaran formal di bawah kondisi-kondisi yang terkontrol. Dalamarti sempit, pendidikan hanya berlangsung bagi mereka yang menjadi siswa pada suatusekolah atau mahasiswa pada suatu perguruan tinggi (lembaga pendidikan formal).Pendidikan dilakukan dalam bentuk pengajaran (
instruction
) yang terprogram danbersifat formal. Pendidikan berlangsung di sekolah atau di dalam lingkungan tertentuyang diciptakan secara sengaja dalam konteks kurikulum sekolah yang bersangkutan.Lamanya pendidikan untuk setiap induvidu bervariasi, mungkin enam tahun,sembilan tahun, dan bahkan mungkin kurang atau lebih dari itu sesuai dengankesempatan dan kemampuan biaya yang dimilikinya. Pendidikan mempunyai titik
 
Pengertian Pendidikan
3
Landasan Pendidikan
terminal yang dapat diselesaikan dalam jangka waktu tertentu. Dalam pengertiansempit, tujuan pendidikan ditentukan oleh pihak luar, tujuan pendidikan terbatas padapengembangan kemampuan-kemampuan tertentu. Tujuan pendidikan adalahmempersiapkan peserta didik untuk dapat hidup di masyarakat (Redja Mudyaharjo).
HAL PENGERTIAN LUAS PENGERTIAN SEMPITDefinisi
Pendidikan adalah hidup Pendidikan adalah
schooling
,pengajaran formal
Tujuan
Melekat dalam tujuan hidupindividu, tidak ditentukandari luar individuTerbatas pada pengembangankemampuan-kemampuan tertentu;mempersiapkan peserta didik untukdapat hidup di masyarakat;ditentukan oleh pihak luar individu
Peserta didik
Siapapun Siswa/mahasiswa
Waktu
Kapanpun; sepanjang hayat Waktu tertentu, terjadwal, memilikibatas akhir/terminal.
Tempat
Dimanapun Lembaga pendidikan formal dalamberbagai bentuknya
Pendidik
Tidak terbatas pada pendidikprofesional (guru/dosen)Pendidik professional (guru, dosen,dsb).
BentukKegiatanPendidikan
Berbagai kegiatan, peristiwadan tindakan, baik yangpada awalnya dimaksudkanuntuk pendidikan maupuntidak.Pengajaran di bawah kondisi-kondisiyang terkontrol.
*Perbandingan Pengertian Pendidikan Berdasarkan Lingkupnya 
B.
 
Pengertian Pendidikan berdasarkan Pendekatan Ilmiah
Ada berbagai konsep hasil studi berbagai disiplin ilmu yang dipandang memilikimakna pendidikan, yaitu psikologi, sosiologi, antropologi, politik, dan ekonomi.1.
 
Pengetian Pendidikan berdasarkan Pendekatan Psikologi
 
Psikologi adalah studi tentang kegiatan-kegiatan atau tingkah laku individudalam keseluruhan ruang hidupnya, dari dalam kandungan sampai balita,dari masa kanak-kanak sampai masa dewasa, serta masa tua. Pengertianpendidikan dari sudut pandang psikologi adalah individualitasi atau prosespengembangan individu.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->