Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
0Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
PENDAHULUAN

PENDAHULUAN

Ratings: (0)|Views: 69|Likes:
Published by Jurig Atah
LAPORAN BANJIR
LAPORAN BANJIR

More info:

Published by: Jurig Atah on Apr 04, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

04/04/2013

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUAN1.1 Tinjauan Umum
Sungai Sragi terletak pada perbatasan antara KabupatenPekalongan dan Kabupaten Pemalang. Di bagian hulu sungai, terdapatpercabangan membentuk dua alur sungai yaitu Sragi Lama dan sungaiSragi Baru. Hulu sungai Sragi Lama berada pada Kabupaten Pekalongansedang hilirnya berada pada perbatasan antara Pekalongan danPemalang. Ada beberapa anak sungai yang bermuara di sungai Sragi Lama,yaitu sungai Tumbal, sungai Winong dan sungai Sawi, sehingga DASsungai Sragi Lama merupakan kumpulan dari DAS sungai Tumbal, DASsungai Winong, DAS sungai Sawi dan DAS dari sungai Sragi Lamasendiri dengan luas total DAS adalah 546.5 km
2
. Sungai Sragi Lamabermuara di Laut Jawa dan merupakan salah satu contoh tipe sungaiyang beralur meandering (berkelok).
1.2 Latar Belakang
Bencana alam banjir yang terjadi di Pekalongan khususnya diwilayah yang dilintasi sungai Sragi Lama kurun waktu 2000 – 2005dirasakan semakin meningkat baik frekuensi kejadian dan kuantitaskorban serta akibat yang ditimbulkannya.Kerusakan tidak hanya terjadi pada prasarana, tetapi juga padasarana sumber daya air meliputi bobolnya tanggul, longsornya tebingyang mengancam pemukiman penduduk dan fasilitas umum, limpasantanggul, rembesan tembok penahan banjir dan bangunan sungai, yangmenggenangi pemukiman, lahan pertanian dan fasilitas umummasyarakat serta kerusakan pada jaringan irigasi yang menyebabkangagal panen, yang lebih jauh dapat mengancam ketahanan panganmasyarakat terhadap pertumbuhan ekonomi regional.Penyebab utama bencana tersebut adalah karena terjadinyaperubahan catchment area akibat perusakan hutan, perubahan tata gunalahan sehingga, air hujan yang jatuh kepermukaan tanah yang
 
 2
seharusnya sebagian di serap oleh tumbuh-tumbuhan dan tanah akanmenjadi aliran permukaan, karena berkurangnya jumlah tumbuhan yangada dan area resapan yang ada. Aliran permukaan tersebut akhirnyamengalir ke sungai dengan membawa material sedimen akibat dari erositanah yang terbawa, sehingga kapasitas tampungan sungai menjadilebih kecil yang berakibat meluapnya air dan menyebabkan terjadinyabanjir. Faktor lain yang menimbulkan terjadinya banjir antara lain, kurangterpeliharanya bangunan pengendali banjir dan alur sungai serta sistemdrainase yang tidak berjalan baik.
1.3 Maksud dan tujuan
Maksud dari studi ini adalah merencanakan sistem pengendalianbanjir yaitu dengan normalisasi sungai untuk mengatasi permasalahanbanjir diwilayah Daerah Aliran Sungai (DAS) sungai Sragi Lama.Tujuan dari studi ini adalah menyiapkan desain jenis pengendalianbanjir yang tepat dalam rangka mengurangi bahaya banjir yang seringterjadi di wilayah DAS sungai Sragi Lama (normalisasi sungai). Yaitudengan cara :
Peningkatan kapasitas penampang sungai Sragi Lama sesuai debitrencana.
Perkuatan tebing pada tikungan luar sungai Sragi Lama, sebagaiperlindungan terhadap gerusan.
1.4 Ruang Lingkup dan Pembatasan Masalah
Ruang lingkup dan pembatasan masalah yang dibahas dalampenyusunan pengendalian banjir ini adalah :1. Survey dan identifikasi daerah daerah banjir dan sistempengendalian banjir yang ada2. Pengumpulan dan analisis data3. Perencanaan sistem pengendalian banjir (Normalisasi sungai), yangmeliputi desain, RAB, RKS, serta penyusunan NWP, Time Schedule.
 
 3
1.5 Lokasi Studi
Lokasi study Tugas Akhir ini adalah sepanjang Daerah PengaliranSungai Sragi Lama yang di jelaskan dalam peta lokasi yang terletak padaperbatasan antara kabupaten Pemalang dan kabupaten Pekalongan.Secara geografis, lokasi pekerjaan terletak pada 4
0
32’40” LSsampai dengan 4
0
14’10” LS dan 22
0
26’15” BT sampai dengan 28
0
44’20”BT. Hulu Sungai Sragi Lama berada di wilayah kabupaten Pekalongansedangkan Hilirnya berada di wilayah kabupaten Pemalang.
Gambar 1.1 Peta Lokasi Studi
1.6 Sistematika Penulisan
Dalam penyusunan Tugas Akhir ini penulis membagi dalambeberapa bab yang meliputi pendahuluan , tinjauan pustaka, metodologiKondisi umum lokasi, perencanaan dan perhitungan teknis, penyusunanRKS, dan RAB sampai siap lelang. Susunan Tugas Akhir ini secara garisbesar adalah sebagai berikut :
BAB I PENDAHULUAN
Meliputi tinjauan umum, latar belakang, maksud dan tujuan, ruanglingkup dan pembatasan masalah,lokasi serta sistematika penulisan.
Lokasi Studi

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->